Cara Mengecek Speed Sensor: 9 Prosedur Dan Ulasan

Cara Mengecek Speed Sensor – Jarum kecepatan pada speedometer terkadang juga terjadi permasalahan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan pada speed sensor yang berada di gearbox. Lalu bagaimana cara mengecek speed sensor?

Spedometer sebagai hal penting untuk mengetahui berapakah kecepatan kendaraan saat kita jalan. Dan untuk ketahui saat kapan kita akan melakukan servis seterusnya. Untuk mode kendaraan yang lama spedometer masih memakai kabel hingga jika spedometer tidak jalan atau mati karena itu tentu umumnya pemicunya dari kabel spedometer yang putus.

Namun pada saat ini ini lebih banyak kendaraan telah menggunakan speedometer digital hingga tak lagi memakai kabel spedometer kembali tetapi memakai sensor yaitu Vehicle Speed Sensor. Untuk lebih jelasnya terkait bagaimana cara mengecek speed sensor akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengecek speed sensor

Cara Mengecek Speed Sensor

Speed sensor yang digunakan untuk mengetahui perputaran dari transmisi yang hendak di alirkan ke gardan dan ke roda belakang. Sensor ini sesudah mengetahui berapakah perputaran akan di ganti secara signal elektronik. Sinyal ini yang hendak di kirimkan ke Ecu dalam Odometer Assy hingga bisa beralih menjadi kecepatan.

Speed sensor yang akan diulas adalah untuk kendaraan 24 volt di mana nyaris kendaraan memakai speed sensor untuk mengetahui kecepatan kendaraan. Selain itu cara kerja dan cara pengecekannya hampir serupa.

Baca Juga  Roller Scoopy: Ukuran Standar, Modifikasi, Dan Ulasan

Prosedur Pengecekan Speed Sensor

  1. Untuk sensor ini di lengkapi dengan 3 buah kabel yang tersambung ke odometer assy. Ke-3 kabel itu adalah tegangan 24 volt, Ground, dan Signal Output. Cara mengecek speed sensor ini yaitu dengan memakai ohm mtr atau volt mtr analog. Hal ini karena tingkat pembacaan pada signal semakin lebih jelas dari pada volt mtr digital.
  2. Cara penempatan volt mtr pada sensor dengan sensor masih dipasang pada kendaraan dan roda belakang kita angkat ditahan dengan rigid rak.
  3. Menyalakan mesin dan saran transmisi dengan kecepatan berganti-gantian dengan masih tetap volt mtr dipasang pada sensor.
  4. Bila volt mtr bergerak dan memberikan nilai peralihan tegangan bersamaan dengan kecepatan kendaraan karena itu speed sensor tersebut dalam kondisi baik atau normal.
  5. Kebalikannya bila kecepatan kendaraan makin tinggi tapi nilai tegangan volt mtr tetap sama atau nilainya cuma 0 saja atau jarum volt mtr tidak bergerak karena itu peluang pemicunya adalah speed sensor tersebut yang hancur.
  6. Saat sebelum pastikan speed sensor yang hancur yakinkan lebih dulu kabel positif harus ada tegangan 24 volt dari baterai dan kabel ground harus juga tersambung dengan ground bodi.
  7. Lajur kabel dari odometer sampai sensor harus juga di yakinkan tersambung tidak ada yang putus.
  8. Selain itu vehicle speed sensor ini semua di melengkapi dengan fuse atau sakring.
  9. Apabila sudah bisa dibuktikan tidak ada arus, mendingan diganti.
Baca Juga  Penyebab Blower AC Mobil Mati: 7 Faktor Dan Perbaikan

Diatas adalah ulasan terkait bagaimana cara mengecek speed sensor pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.