Mengenal Fungsi Side Gear Dan Cara Kerjanya

fungsi side gear

Fungsi Side Gear – Didalam gardan terdapat beberapa komponen diantaranya yaitu side gear. Side gear ini memiliki fungsi yang sangat penting agar gardan tetap bekerja sebagaimana mestinya. Lalu apa sebenarnya fungsi side gear?

Gardan akan bermanfaat saat mobil membelok, saat mobil belok kiri karena itu roda belakang kiri mempunyai trek lebih pendek dibanding roda belakang kanan. Jika perputaran roda kiri sama dengan roda kanan, maka bakal ada slip pada roda kiri karena perputaran roda semakin banyak dibanding jarak treknya.

Untuk menangani permasalahan ini, karena itu saat mobil belok kiri roda belakang kiri harus berputar-putar lebih lamban dibanding roda belakang kanan. Demikian sebaliknya, saat mobil belok kanan karena itu roda belakang kanan harus berputar-putar lebih lamban dibanding roda belakang kiri.

Untuk menyambungkan antara axle dengan gardan maka diperlukan komponen yang bernama side gear. Tanpa adanya side gear maka putaran dari gardan tidak dapat diteruskan ke roda. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi side gear akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi side gear

Fungsi Side Gear

Fungsi side gear ialah untuk menerima perputaran yang sudah diakali oleh spider gear untuk dilanjutkan ke axle shaft. Sama seperti yang diterangkan awalnya, saat mobil belok karena itu spider gear akan berputar-putar untuk membandingkan kecepatan putar roda.

Baca Juga  Pemeriksaan Tutup Radiator : 4 Cara Dan Ulasannya

Hasil proses dari pembandingan perputaran spider gear akan disambungkan ke side gear, di mana side gear akan tersambung langsung ke poros axle. Dengan begitu roda akan berputar untuk menggerakkan kendaraan.

Cara Kerja Side Gear

Cara kerja side gear sebenarnya sangat sederhana. Di saat mobil berjalan lurus kondisi kedua ban roda kiri dan kanan sama – sama dalam kecepatan pemutaran yang serupa.Dan beban yang dijamin roda kiri dan roda kanan ialah sama. Hingga posisi peralihan perputaran dari as kopel akan dilanjutkan untuk memutar drive pinion. Komponen iini akan memutar ring gear, dan ring gear bersama – sama dengan differential case akan berputar.

Dengan berputarnya differential case, maka pinion gear akan ikut berputar bersama-sama dengan differential case. Hal ini karena di antara differential kasus dan pinion gear disambungkan dengan pinion shaft. Beban antara roda kiri dan roda kanan ialah sama saat jalan lurus, maka pinion gear akan bawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar pada sebuah kesatuan.

Di saat mobil sedang berbelok beban pada roda sisi dalam semakin besar dibanding beban pada roda sisi luar. Misalnya sebuah mobil sedang belok ke kiri, karena itu beban pada roda kiri akan semakin besar dibanding beban roda kanan. Dengan begitu posisi peralihan tenaganya maka putaran dari as kopel akan dilanjutkan untuk memutar drive pinion. Drive pinion akan memutar ring gear.

Baca Juga  Rangkaian Lampu Kepala : Fungsi, Komponen, Gambar

Dengan berputar-putarnya ring gear karena itu differential case akan terikut untuk berputar. Beban roda kiri semakin besar dari roda kanan saat belok ke kiri, karena itu side gear samping kiri akan memberikan perlawanan pada pinion gear tidak untuk berputar-putar. Gaya perlawanan dari side gear kiri ini akan membuat pinion gear jadi berputar-putar mengelilingi side gear kiri. Dengan berputar-putarnya pininon gear, karena itu side gear kanan akan diputar oleh pinion gear. Side gear kanan akan berputar-putar bisa lebih cepat dari side gear kiri. Pergerakan side gear ini akan dilanjutkan ke as roda selanjutnya ke roda.

Diiatas adalah ulasan terkait fungsi side gear dan cara kerja side gear. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.