komponen shock depan

Komponen Shock Depan : 9 Bagian Dan Ulasan

Komponen Shock Depan – Shock depan sebagai salah satunya komponen pada mekanisme suspensi pada kendaraan. Shock depan ini terbagi dalam beberapa komponen yang mempunyai fungsi yang lain beda. Lantas apa komponen shock depan? Shockbreaker depan motor sesungguhnya mempunyai fungsi yang serupa seperti shock breaker biasanya. Fungsi khusus shock depan motor untuk menahan getaran, menyokong kendaraan, menambahkan traksi, dan memiara geometri kendaraan.

Perbedaan di antara komponen shock mobil dan motor berbeda jauh. Apa lagi komponen shock depan sepeda motor yang mempunyai konstruksi yang lain. Agar semakin terangnya berkenaan komponen shock depan pada sepeda motor akan diulas pada artikel di bawah ini.

komponen shock depan

Komponen Shock Depan Motor

Ada beberapa macam bagian shock depan pada sepeda motor. Agar semakin terangnya berikut sebagai ulasan berkenaan komponen shock depan motor.

1. Silinder Garpu

Silinder garpu sebagai salah satunya sisi dari shock depan pada sepeda motor. Komponen ini berperan untuk kasus atau tempat dari bermacam komponen shock depan motor. Dalam silinder garpu ini ada minyak hidrolik yang dipakai sebagai media peredaman. Karena itu perlu dilaksanakan perawatan supaya silinder garpu masih pada keadaan yang bagus.

2. Seal Oli

Dalam pengggunaan hidrolik atau oli karena itu seal sebagai komponen yang penting. Seal oli pada shock depan motor berperan untuk jaga oli shock supaya tidak keluar dari silinder garpu. Komponen ini berperan sebagai perapat supaya kotoran tidak masuk di dalam shock.

Baca Juga  Cara Cek Koil Mobil Injeksi : 8 Cara Dan Ulasannya

Seal oli memang jarang-jarang alami kerusakan. Kerusakan terjadi jika usia seal oli telah lumayan lama hingga memang kini waktunya dilaksanakan pergantian. Disamping itu debu dan kotoran dapat percepat kerusakan pada seal oli.

3. Cincin Stopper

Cincin stopper mempunyai fungsi untuk meredam oli supaya tidak mengarah ke atas yang disebabkan oleh penekanan minyak shock. Minyak shock yang alami surprise akan terkompresi yang mengakibatkan berlangsungnya pengubahan penekanan. Pengubahan penekanan ini harus diredam supaya minyak tidak keluar dari silinder garpu.

4. Seal Debu

Kecuali seal oli, pada shock depan motor ada seal debu yang berperan untuk menahan debu dan kotoran masuk di dalam silinder garpu. Jika debu dan kotoran masuk ke silinder akan menghancurkan sisi silinder garpu dan bisa memunculkan kebocoran dan performa shock tidak optimal.

5. Tabung Garpu

Tabung garpu mempunyai fungsi untuk bikin penyekat atau ruangan di antara silinder garpu dan ruangan di dalam garpu itu. Tetapi tabung garpu ini cuman akan diketemukan pada kendaraan yang telah menggunakan shock depan tipe twin tube atau dua tabung.

6. Torak Garpu

Torak garpu ialah satu bagian shock depan pada sepeda motor yang berperan sebagai piston yang bakal mengompresi minyak shock yang ada di dalam silinder garpu. Komponen ini akan membagi shock jadi dua yakni sisi di atas torak dan sisi di bawah torak. Ini yang bakal mengakibatkan minyak shock beralih dari bawah torak ke sisi atas torak atau kebalikannya untuk meresap oksilasi yang dibuat oleh permukaan jalan.

Baca Juga  Komponen Sistem Penerangan : Fungsi Dan 10 Komponen

7. Pegas Reaksi

Pegas reaksi mempunyai fungsi untuk terima dan meresap surprise atau oksilasi yang dibuat oleh permukaan jalan. Sepanjang melalui jalan yang tidak rata karena itu pegas reaksi terus akan meresap getaran atau surprise. Karena itu kerja dari pegas reaksi sangat berat.

8. Pegas Garpu

Kecuali pegas reaksi, ada pegas garpu yang disebut sisi dari shock depan pada sepeda motor. Pegas garpu sesungguhnya mempunyai fungsi yang hampir serupa dengan pegas reaksi. Pada komponen ini akan terima dan meresap surprise yang terjadi karena torak garpu yang bergerak keatas. Oleh karena itu pegas garpu akan bekerja apabila torak mulai bergerak keatas yang dapat mengakibatkan torak ketahan.

9. Baut Garpu

Baut garpu berperan untuk tutup lubang yang ada di atas torak garpu. Maksudnya supaya tidak ada kebocoran minyak atau oli shock. Baut garpu berperan sebagai tempat dari ring oli atau oil seal.

Di atas sebagai ulasan berkenaan komponen shock depan pada sepeda motor. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion