Cara Kerja Gearbox: 4 Posisi Dan Ulasan

Cara Kerja Gearbox – Gearbox adalah salah satunya elemen atau mekanisme pemindah tenaga atau daya mesin pada kendaraan motor, khususnya mesin mobil. Cara kerja gearbox sebetulnya memnafaatkan ratio. Lantas bagaimana cara kerja gearbox?

Fungsi gearbox sendiri adalah untuk salurkan tenaga atau daya mesin ke elemen yang lain hingga hasilkan perputaran mesin.

Dengan demikian, keseluruhnya mesin juga bisa bekerja dan kendaraan dapat dioperasionalkan. Supaya lebih pahami mengenai gearbox, berikut ini adalah keterangan berkenaan cara kerja gearbox pada kendaraan lebih terang.

cara kerja gearbox

Cara Kerja Gearbox

Konsep kerja gearbox yang khusus adalah salurkan tenaga yang dibuat perputaran mesin hingga elemen lain pada mesin bisa bergerak.

Pada proses peralihan tenaga, kutub dan roda terima style tertentu. Agar bisa hasilkan style itu, diperlukan tenaga putar yang besar. Ada saatnya tenaga putar itu tinggi sekali, tetapi kadang tenaga itu turun. Nach, disini gearbox berperanan. Fungsi gearbox adalah sesuaikan daya mengendalikannya supaya tenaga dapat terus sama sesuai dan tersalurkan secara baik.

Supaya lebih gampang memahami dan mengerti mengenai cara kerja gearbox kendaraan, Kami akan membagi sedikit info mengenai hal itu. Berikut cara kerja gearbox pada kendaraan yakni:

1. Pada Keadaan Netral

Saat gearbox pada keadaan netral, mesin juga tidak bisa diteruskan ke kutub output, akhirnya rantai mesin juga tidak bergerak.

Baca Juga  Letak Sensor Kipas Radiator Avanza: Lokasi Dan Ulasannya

Pada kendaraan motor, baik itu beroda 2 atau beroda 4 dengan mekanisme transmisi manual, umumnya ada keadaan netral.

Distributor yang tawarkan gearbox kendaraan sendiri benar-benar memerhatikan keadaan itu semaksimal mungkin. Dapat disebut bila keadaan netral ini adalah saat kendaraan tidak bergerak meskipun mesin kendaraan dihidupkan.

Lalu mengapa dapat terjadi? Semua ini karena ada syncromexh pada gearbox yang keadaannya masih bebas.

Adapun status syncromesh yang bebas itu terjadi saat tidak tersambung pada roda gigi tingkat, jadi lebih kurang beginilah konsep kerja gearbox saat keadaan kendaraan sedang netral.

Ketepatan status netral pada gearbox umumnya turut punya pengaruh di harga cycloid gear, sebagai bagian utama yang ada pada gearbox.

2. Gerak ke Kanan dan Kiri

Adapun pergerakan gearbox sendiri adalah ke kanan ke kiri. Jika kita bicara konsep kerja gearbox, karena itu hal itu bisa terjadi saat garpu pemilih gigi tersambung pada gigi geser atau slidding gear yang ikuti gerakan pada garpu pemilih gigi.

Di mana setiap pergerakan pada sliding gear mengamankan kecepatan pada gigi tertentu sama sesuai bidang kutub sebagai lokasi gear.

3. Shift Drum

Pada garpu pemilih gigi, ada pin yang bermanfaat untuk lakukan kuncian. Di mana kuncian itu ada dalam ulir garpu pemilih.

Kondisi ini terkait saat mendadak terjadi peralihan pada pemercepatan gearbox atau stop secara tiba-tiba.

Baca Juga  Kopling Gesek Atau Friction Clutch: Pengertian Dan Jenis

Untuk permasalahan shift drum pada gearbox sendiri, sebetulnya mempunyai mekanisme kerja khusus. Hal itu tidak lepas dari status shift drum pada garpu.

4. Saat Transmisi Didesak

Saat keadaannya telah netral, status gearbox seterusnya adalah saat tuas sedang didesak. Karena ada tuas berikut, terjadi putaran pemindah gigi pada gearbox dengan automatis.

Pemindah gigi itu berputar-putar secara bertepatan dengan shift drum, yang mana shift drum itu akan tergerak sampai pada akhirnya berputar-putar karena sama-sama tersambung dengan elemen pemindah gigi.

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara kerja gearbox pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -