Cara Mengembalikan Kompresi Yang Hilang : Penyebab & Cara

cara mengembalikan kompresi yang hilang

Cara Mengembalikan Kompresi Yang Hilang – Terdapat berbagai kerusakan, salah satu diantaranya motor yang hilang kompresi hingga mesin tidak ingin bunyi. Hal ini tentu menyebabkan berbagai masalah lain. Lalu bagaimana cara mengembalikan kompresi yang hilang?

Bila kamu pada keadaan semacam ini seharusnya tidak boleh terlampau cemas, karena keadaan ini umum terjadi oleh beberapa Bikers dan ini dapat terjadi dimanapun serta oleh siapapun. Terdapat berbagai penyebab mesin hilang kompresi pada kendaraan. Oleh karena itu cara mengembalikan kompresi yang hilang juga berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya terkait cara mengembalikan kompresi yang hilang dan penyebab kompresi mesin hilang akan diulas pada artikel berikut ini. Berikut ulasannya:

cara mengembalikan kompresi yang hilang

Penyebab Motor Hilang Kompresi

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab motor hilang kompresi diantaranya yaitu:

1. Klep Mesin

Salah satu penyebab motor hilang kompresi yaitu klep mesin. Klep di dalam silinder mesin bekerja benar-benar tepat dan on-time, jangan salah sedikit dan lemot sedikit, karena kerja mereka harus bertepatan dengan elemen yang lain seperti Piston. Komponen ini dituntut selalu untuk baik, bila tidak bagus karena itu yang terjadi dapat menyebabkan lenyapnya Kompresi motor.

Klep di dalam mesin biasa sepeda motor ada 2 biji, yakni satu untuk klep udara dan yang satu untuk bahan bakar, mereka bekerja secara bertepatan buka dan tutup. Klep Buka saat gerakan engkol Piston kebawah karena perputaran udara dan bahan bakar masuk ke ruangan bakar, selanjutnya engkol bergerak keatas dengan menggerakkan Klep s/d tutup rapat dan terjadi pembakaran. Gerakan ini stabil dan stabil tiap detik bahkan juga mili detik, bila ada satu dari elemen ini yang bekerja tidak seharusnya karena itu ditegaskan mesin bermotor akan ada permasalahan, seperti permasalahan hilang kompresi ini.

Baca Juga  Ciri Ciri Koil Mobil Lemah : 8 Ciri Dan Ulasan

Misalnya Klep yang telah aus atau tertahan atau penempatan yang tidak prima, hingga memunculkan rongga / celah terbuka pada ruangan pembakaran, karena itu makin lama akan memunculkan turunnya daya kompresi dan pada periodenya akan hilang kompresi.

Cara menanganinya yakni membuka block mesin (turun mesin) selanjutnya check dan setel Klep bila kurang memungkinkannya diharap untuk tukar Klep dengan yang baru dan yakinkan penempatan tidak kebalik dan prima.

2. Packing Mesin

Selain itu penyebab yang lain sehingga motor hilang kompresi berasal dari packing mesin. Packing mesin yang hancur bisa juga mengakibatkan motor hilang kompresi. Khususnya paking mesin yang ada pada tengahnya tatap muka di antara kepala silinder dengan block mesin. Karena Packing mesin yang hancur karena itu ada kebocoran udara / oli di luar pada ruangan pembakaran. Hal ini dapat mengakibatkan lenyapnya daya pencet (kompresi).

Cara mengembalikan kompresi yang hilang yakni dengan membedah mesin (turun mesin) selanjutnya membuka di antara kepala silinder dengan block mesin, selanjutnya setel kembali atau tukar Packing dengan yang baru. Lihat saat memasangkan Packing mesin supaya pada status rapat prima, hingga tidak lagi ada kebocoran.

3. Ring Piston

Penyebab ketiga motor hilang kompresi yaitu ring piston. Ring piston yang telah hancur /aus / molor tidak standard kembali, dapat mengakibatkan berlangsungnya motor hilang kompresi. Hal ini terjadi karena temperatur penekanan tinggi yang dibuat proses dari pembakaran di dalam mesin akan bocor keluar melalui Ring piston itu. Hingga daya pencet / kompresi akan ngempos tidak ada tenaga.

Baca Juga  Penyebab Shock Depan Keras Dan Cara Mengatasi

Cara menangani bila Ring piston telah aus dan mengakibatkan berlangsungnya hilang kompresi yaitu dengan buka kepala silider selanjutnya menukar Ring seher dengan yang baru. Selanjutnya eksperimen dengan memakai Kick Stater / engkol bila berasa berat dan ada penekanan karena itu pemicu dari Ring seher ialah betul.

Cara Mengembalikan Kompresi Yang Hilang

Untuk cara mengembalikan kompresi motor yang hilang benar-benar gampang, hingga kamu tak perlu cemas, kerjakan cara ini :

  1. Membuka Busi dari lubangnya
  2. Masukan oli sedikit saja ke lubang Busi. Hal ini berniat untuk memulasi Ring piston di dalam ruangan pembakaran supaya penekanan kompresi kembali lagi ke sebelumnya, tidak menjadi kecil.
  3. Apabila sudah dikasih pemulasan, eksperimen dengan mengengkol Kick Stater sampai kompresi kembali normal. Akan tetapi apabila sudah dilaksanakan tetap tidak ada kompresi. Peluang lain seperti point nomor 1 dan 2 dapat terjadi. Hal yang perlu dilaksanakan ialah membedah mesin (turun mesin) untuk pengujian selanjutnya.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab dan cara mengembalikan kompresi yang hilang pada mesin baik motor maupun mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.