Kerangka Ban Luar Adalah: Pengertian Dan Bagiannya

Kerangka Ban Luar Adalah – Dalam penggunaanya, konstruksi ban terdiri dari beberapa bagian. Salah satunya adalah bagian penyusun ban luar. Lalu apa yang dimaksud kerangka ban luar?

Ban adalah material yang digunakan untuk menutupi velg dan berperan untuk menyiapkan bantalan kendaraan di antara ban yang bersinggungan dengan permukaan jalan aspal. Ban sebagai satu tempat yang isilah udara yang berperan menyokong beban dari muatan kendaraan dan barang yang berada di kendaraan itu.

Bagian pertama yang akan menyentuh atau bergesekan pada bagian jalan yaitu kerangka ban luar. Untuk lebih jelasnya apa yang dimaksud kerangka ban luar akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kerangkan ban luar adalah

Kerangka Ban Luar Adalah (Tread)?

Secara umum dasar ban mempunyai terbagi dalam 2 jenis konstruksi, yaitu jenis Radial dan Bias. Pada intinya ban mempunyai komponen yang lain dari ban bias dan ban radial yang telah diterangkan di atas. Beberapa komponen itu diantara-Nya adalah tread, carcass/cassing, breaker/belt, dan bead.

Lalu apabila ditanyakan terkait kerangka ban luar adalah? Maka jawabannya tentu saja tread. Tread adalah komponen ban paling luar atau disebutkan telapak/susunan ban luar langsung bersinggungan dengan permukaan tanah jalan.

Pada bagian Tread berperan membuat perlindungan ban dari bentrokan atau tusukan bebatuan yang dapat menghancurkan ban. Tread banyak memiliki skema dan skema itu umumnya disebutkan Pattern. Skema itu direncanakan demikian terperinci untuk memaksimalkan kekuatan ban saat jalan.

Baca Juga  Intermittent Pada Wiper Berfungsi Untuk: Peran & Penggunaan

Bagian Bagian Kerangka Ban Luar (Tread)

Bagian ini digunakan untuk menambahkan daya cengkeram ban pada jalan, hingga ban tidak gampang selip. Di bagian ini tersusun atas beberapa bagian diantaranya ;

  1. Tread area, sebagai semua tempat di mana permukaan ban akan bersinggungan langsung dengan permukaan jalan.
  2. Shoulder, disebutkan pundak ban/pojok ban di mana disini titik jumpa di antara sidewall dan tread tempat.
  3. Grooves, garis yang memotong tread tempat jadi beberapa bagian.
  4. Tread blocks, sebagai block yang dipisah oleh garis grooves.
  5. Sipes, sebagai garis kecil ditengahnya tread blok.

Diatas adalah ulasan terkait kerangka ban bagian luar dan bagian bagiannya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -