Fungsi Piston Ring Expander Dan Cara Menggunakan

fungsi piston ring expander

Piston Ring Expander – Didalam kendaraan terdapat special service tool yang salah satunya adalah piston ring expander. Lalu apa fungsi piston ring expander? Bagaimana cara menggunakan?

Berikut penjelasan mengenai fungsi dan cara menggunakan piston ring expander pada proses perbaikan mesin kendaraan. Berikut ulasannya:

Fungsi Piston Ring Expander

Fungsi piston ring expander adalah untuk melepas dan memasang ring piston pada mesin kendaraan. Alat ini dapat digunakan untuk meregangkan ukuran ring piston sehingga mudah dilepas.

Ring kompresi piston sebagai elemen yang berperan untuk menahan berlangsungnya kebocoran penekanan kompresi dan kebocoran kombinasi bahan bakar dan udara dan bocor gas buang. Jika ring kompresi piston hancur karena itu ring piston harus ditukar sama yang baru.

Saat sebelum lakukan pergantian ring kompresi piston seharusnya kerjakan dulu cara pengecekan ring kompresi piston mencakup pengecekan sela samping (side clearance) dan sela ujung ring piston (ring end jarak).

Untuk lakukan pergantian atau pengecekan karena itu ring kompresi piston harus dilepaskan dari jalur ring (ring grove) pada piston. Di saat cuman ingin lakukan pengecekan ring kompresi piston karena itu di saat melepaskan ring kompresi piston ini harus dilaksanakan dengan berhati-hati supaya tidak memutus ring kompresi piston. Disamping itu, jalur ring piston pun tidak bisa hancur atau tergesek di saat melepaskan ring kompresi piston.

Baca Juga  Ukuran Celah Platina: Spesifikasi Standar & Efeknya

Di saat lakukan perombakan mesin baik itu semi-overhaul atau overhaul penuh, umumnya ring piston selalu ditukar. Saat melepas ring piston seharusnya dilaksanakan dengan alat khusus atau SST yaitu ring piston expander bahkan juga kita punya niat untuk tak lagi menggunakan ring itu.

Ini karena ring piston lumayan kuat untuk dibuka dengan tangan dan memungkinkannya kecelakaan kerja bisa terjadi. Begitupun di saat memasangkan ring piston karena itu dibutuhkan ring piston expander untuk memasangkannya.

Gambar Piston Ring Expander

Untuk menahan berlangsungnya kerusakan di saat melepaskan ring kompresi piston karena itu diperlukan alat khusus. Alat yang dipakai itu adalah ring piston expander. Alat ring piston expander bisa disaksikan sama dalam gambar berikut ini : fungsi piston ring expander

Fungsu ring piston expander sebagai satu alat yang digunaan untuk melepaskan dan memasangkan ring kompresi piston dari jalur ring pada piston.

Cara Menggunakan Piston Ring Expander

Berikut adalah cara menggunakan ring piston expander. Pertama statuskan ring piston expander seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini.

1. Cara Pelepasan

Pada gambar memperlihatkan jika pada sisi bagian pangkal ring piston expander taruh di jarak ring piston yang hendak dilepaskan. Sesudah pas dudukan dengan jarak, pencet pagangan piston ring expander sampai ring ‘mengembang’ sampai cukup keluar piston.

cara menggunakan piston ring expander

Sesudah cukup megar dan ring piston berdiameter semakin besar, angkat dan mengeluarkan ring piston dari piston. Mengeluarkan piston dari piston satu-satu.

Baca Juga  Oil Filter Remover (Oil Filter Wrench): Fungsi & Cara Menggunakan

2. Cara Pemasangan

Cara menggunakan piston ring expander yang pertama pada gambar terang jika di bagian pangkal expander tepatkan pada jarak ring piston yang baru. Selanjutnya pencet pegangan expander sampai diameter ring piston berasa semakin besar dibanding diameter piston. Seterusnya masukan ring piston pada jalur ring piston.

cara menggunakan piston ring expander

Kerjakan cara barusan untuk tiap ring piston yang hendak terpasang. Sebagai catatan, pasang ring piston secara berurut. Untuk melepas ring piston bebaskan mulai dari ring kompresi 1, ring kompresi 2, dan dituruti ring oli. Dalam pada itu, saat memasangkan ring piston silakan pasang dimulai dari ring oli, ring kompresi 2, dan disudahi dengan ring kompresi 1.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi dan cara menggunakan piston ring expander. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.