Fungsi Clutch Hub: 3 Peran Dan Ulasannya

Fungsi Clutch Hub – Didalam synchromesh terdapat berbagai komponen, salah satunya yaitu clutch hub. Peran bagian ini pada transmisi sangat penting. Lalu apa saja fungsi clutch hub?

Synchromesh adalah komponen yang penting pada suatu mobil yang mempunyai transmisi manual. Fungsi syncromesh pada transmisi manual adalah untuk menyamai perputaran roda gigi yang terkait dengan pengereman. Perihal ini pula yang membuat peralihan gigi mobil jadi lebih lembut dan tanpa hentakan.

Synchromesh sendiri dipasang dan sering dipakai pada mobil atau kendaraan beroda 4 sampai sekarang ini. Ada banyak komponen yang ada di syncromesh ini. Salah satunya ada synchronizer ring, clutch hub, shifting key, dan ada banyak komponen yang lain.

Tiap komponen pada synchromesh ini mempunyai fungsi dan pekerjaannya masing-masing. Ini terhitung clutch hub. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi clutch hub akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi clutch hub

Fungsi Clutch Hub

Clutch hub menjadi satu diantara komponen Synchromesh pada mekanisme transmisi manual yang punyai peran penting lumayan tinggi yaitu

1. Melanjutnya tenaga

Clutch hub adalah komponen yang berperan untuk melanjutkan tenaga dari clutch hub sleeve atau kopling geser ke arah kutub output transmisi.

2. Poros putar

Komponen ini tersambung dengan spline atau jalur gigi yang ada di kutub output transmisi. Maka dari itu bila clutch hub ini berputar-putar karena itu kutub output transmisi akan turut berputar-putar. Disamping itu ada pula jalur untuk menempatkan shifting key.

Baca Juga  Fungsi Thermostat Mobil Dan Cara Kerjanya

Clutch hub berada pada spline (jalur gigi) kutub output transmisi atau kutub khusus dan tersambung langsung dengan kutub output atau kutub khusus hingga jika clutch hub berputar-putar karena itu kutub output berputar-putar.

3. Tempat komponen lain

Pada clutch hub ini ada 3 jalur untuk penempatan shifting key. Komponen ini punyai peran penting yang tidak dapat ditiadakan, fungsi intinya untuk menahan berlangsungnya peralihan gigi saat sebelum perputaran roda gigi kecepatan dan clutch hub sama.

Dalam mekanisme kerjanya, komponen yang ini berada di jalur pada bagian clutch hub. Beberapa orang menyebutkan Shifting Key sebagai tangkai pengunci. Dan harus dipahami di mana ke-2 ujung komponen Shifting Key sendiri akan sama-sama terkait dengan Synchronizer ring.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi clutch hub pada synchromesh transmisi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -