Strut Bar Mobil : Pengertian, Fungsi, Dan Manfaat

Pengertian Dan Fungsi Strut Bar Mobil – Didalam mekanisme mobil terdapat berbagai jenis bagian yang mana satu diantaranya adalah strut bar. Lalu apa fungsi dari strut bar mobil?

Pada intinya, strut bar kurang demikian terkenal dan kehadirannya sering dikesampingkan, hingga banyak warga yang belum ketahui komponen ini. Hal ini karena bentuknya yang berupa batang dan hanya menghubungkan fram dengan bagian frame atau rangka lain.

Untuk mendapati strut bar sangat mudah dan dapat diketemukan oleh pemula sekali juga. Untuk lebih jelasnya terkait strut bar mobil baik pengertian, fungsi, dan kelebihan serta kekurangan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

strut bar mobil

Strut Bar Mobil?

Strut bar mobil sebagai palang yang tempatnya membentang untuk menyambungkan ke-2 bagian sasis dan biasa ada pada ruangan mesin mobil sport. Sparepart ini disebutkan bernama lain Strut brace.

Lebih detilnya, Strut brace ini terpasang disebelah kiri dan kanan strut tower sebagai mounting poin dari shock breaker. Pemakaiannya selainnya untuk mobil sport, umumnya sama dengan beberapa mobil yang mempunyai perform tinggi atau yang telah diubah.

Elemen ini dipakai untuk jaga kestabilan mobil karena kehadirannya membuat kaki-kaki semakin kuat hingga jadi lebih kaku atau dapat disebutkan rigid. Material dari Strut brace sendiri bervariatif, tapi yang biasa dipakai adalah dengan bahan metal dan memiliki bentuk disamakan dengan kendaraan. Tetapi jika untuk modifikasi performa mobil, banyak yang lebih memerhatikan modelnya.

Sebagai referensi, mobil yang mempunyai perform tinggi atau untuk persaingan balapan misalnya akan memakai strut brace yang bahan pembikinnya mempunyai code 4041 chromoly steel. Kemampuan tarikannya dapat capai 95.000 psi. Status elemen ini ada di sisi depan, pada engine bay.

Cara kerjanya yaitu saat proses spooring (penyetelan di bagian roda depan) berjalan, maka ada penyetelan pada strut bar. Selanjutnya elemen ini akan menahan lower arm agar mesin tidak bergerak ke depan atau belakang.

Baca Juga  Komponen Turbo: 6 Bagian Dan Ulasannya

Fungsi Strut Bar Pada Mobil

Fungsi strut bar pada mobil adalah untuk menambah karakter kaku atau rigid pada suspensi mobil, hingga di saat mobil dibelokkan bisa terjadi penekanan pada bagian permukaan jalan. Bagian strut bar akan menjaga penekanan di ke-2 segi mobil, hingga menjadi lebih imbang.

Saat penekanan pada mobil jalan lebih imbang, karena itu handling mobil saat membelok akan makin maksimal dan stabil. Tidak hanya itu, strut bar dapat kurangi tanda-tanda bodi roll yang terjadi pada mobil.

Pada umumnya, bodi roll atau sempoyong adalah keadaan di mana mobil ada di luar lajur atau terlontar. Bodi roll umumnya terjadi di saat mobil ada dalam kecepatan yang tinggi. Karena ada strut bar, karena itu keadaan mobil dapat semakin stabil.

Kelebihan dan Kekurangan Strut Bar

Mobil yang memakai strut brace bisa membuat menjadi lebih stabil dan dapat mengurangi berlangsungnya sempoyong saat ada pada kecepatan tinggi karena suspensi mobil telah dibikin jadi lebih rigid atau kaku. Namun, dibalik kelebihan ini mobil akan berasa tidak nyaman saat melalui hambatan-hambatan kecil seperti speed bumps, lubang kecil, jalanan tidak rata, dan yang lain.

Untuk penempatan strut bar bergantung dari arah pemakaian dari kendaraan. Bila mobil selalu dipakai pada kecepatan yang lumayan tinggi atau kerap melewati jalan tol, mobil benar-benar direferensikan untuk memasangkan strut brace. Ini dilaksanakan untuk tingkatkan kestabilan dalam mengontrol mobil. Tetapi, bila mobil dipakai cuma di jalanan kota atau kerap macet, penempatan strut brace kelihatannya tidak dibutuhkan.

Baca Juga  Fungsi Backing Plate Pada Rem Tromol & Ulasan

Disamping itu, penempatan strut bar bisa juga ditetapkan berdasar jenis kendaraan. Umumnya strut bar benar-benar disarankan terpasang pada beberapa jenis kendaraan yang populer dengan handlingnya yang kurang seperti Isuzu Panther. Namun bila mobil dengan high roof MPB seperti Serena, tidak disarankan untuk memasangkan strut bar sebab bisa kurangi tingkat kenyamanan.

Cara Pemilihan Strut Bar

Penjual komponen atau elemen mobil di Indonesia sangat banyak, baik yang jual lewat cara online atau off-line. Dengan opsi yang banyak, karena itu Anda dapat pilih elemen strut bar yang seperti keinginan dan kekuatan bujet.

Sekarang, Anda pun dapat semakin gampang dalam beli elemen mobil yang dari luar negeri. Ada banyak Marketplace atau web pemasaran asal luar negeri yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh elemen mobil terbaik

Penjual strut bar bukan hanya datang dari merk besar dan terkenal, tetapi banyak pula yang sediakan strut bar custom pada harga yang tambah murah. Secara kualitas pasti strut bar yang dari produsen sah yang lebih baik. Untuk jenis strut bar custom, umumnya sisi design jadi faktor yang penting. Pada intinya, design strut brace yang tidak sesuai dengan akan membuat elemen mobil yang lain jadi hancur saat proses penempatan dilaksanakan.

Bukan hanya masalah design saja, tetapi Anda pun perlu memerhatikan berkenaan kualitas material dari strut bar. Bila strut bar dibuat berbahan yang buruk, maka berpengaruh jelek buat keadaan kendaraan. Sampai sekarang ini, strut bar berbahan dasar alumunium jadi jenis yang unggul dan beredar banyak di pasar.

Diatas adalah ulasan terkait strut bar mobil baik pengertian, fungsi, dan kelebihan serta kekurangan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -