Reset ECU Transmisi Matic: 9 Prosedur Dan Ulasan

Reset ECU Transmisi Matic – Tidak hanya pada bagian engine, di bagian transmisi terutama matic juga perlu dilakukan reset. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan memory kerusakan pada ECU transmisi. Lalu bagaimana cara reset ECU transmisi matic? Lampu tanda simbol engine warna kuning atau CEL (Cek Engine Light) berpijar terus saat mesin runing tentu membuat khawatir. Pada keadaan normal saat kunci contact ON lampu tanda simbol engine warna kuning atau CEL (cek Engine Light) akan berpijar sekitaran 2 detik selanjutnya mati. Sementara itu yang paling terasa yaitu pada transmisi matic. Apabila terdapat permasalahan pada transmisi matic tentu akan menimbulkan berbagai gejala seperti lemot, dan tidak bertenaga. Oleh karena itu setelah proses perbaikan perlu dilakukan reset. Hal itu bisa di definisikan jika mobil itu alami troble yang paling serius, walau sebenarnya Anda berasa kendaraan masih normal saja tidak alami masalah apa saja. Hal ini termasuk pada bagian transmisi matic. Tetapi tenang saja partner otomotif memiliki cara efisien untuk menghilangkan berbagai gejala atau permasalahan pada transmisi matic. Untuk lebih jelasnya terkait cara reset ECU pada transmisi matic akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

reset ecu transmisi matic

Reset ECU Transmisi Matic

Apa sich itu ECU?? Kemungkinan ada beberapa orang yang belum mengenali ECU, saat sebelum kita selanjutnya sebaiknya kita ketahui lebih dulu apa itu ECU? ECU (Electronic Control Unit) adalah otak dari sebuah mesin pada kendaraan tersebut, ECU sendiri bisa diterapkan pada mesin electronik lainnya seperti mesin, kulkas dan sebagainya. Pada suatu kendaraan ECU bekerja me-manage operasional mesin keseluruhannya, baik itu atur suplai bahan bakar, udara, sistem pengapian dan sebagainya.

Baca Juga  Segitiga Motor Bengkok: 6 Penyebab, Gejala, Dan Cara Memperbaiki
Bersamaan dengan perubahan zaman peranan ECU juga semakin banyak, seperti atur membuka tutup katup secara Variable dan mengatur gas buang supaya lebih ramah lingkungan bahkan juga suspensi dengan beberapa tambahan komponen pendukungnya.

Waktu Yang Pas Untuk Reset ECU Mobil

Sebelum mengetahui bagaimana cara reset ECU untuk transmisi matic maka perlu diketahui waktu yang pas untuk melakukan reset ECU ini yaitu:

  1. Reset ECU mobil harus dilaksanakan bila memang merasakan tarikan mobil menyusut. Oleh karena itu, waktunya untuk mengetahui saat yang pas untuk reset ECU mobil. Bila Anda rasakan ini, karena itu dapat segera melakukan reset untuk ECU transmisi matic mobil yang Anda punyai. Hal ini akan membuat tarikan pada kendaraan Anda akan balik seperti sebelumnya kembali dan makin nyaman.
  2. Bila di saat perubahan, atau menukar bahan bakar dari bensin ke premium atau ke pertamax. Ini adalah saat yang pas untuk reset ECU mobil. Karena itu, Anda harus mulai ketahui cara seting ECU mobil. Dalam masalah ini, tentunya perubahan bahan bakar ini akan berlainan dan memerlukan rekonsilasi. Hal ini kenapa untuk lakukan reset pada ECU mobil sangat penting. Hal ini termasuk penggantian part atau perbaikan pada komponen transmisi matic.
  3. Saat yang pas untuk Anda mulai ketahui reset ECU mobil yang Anda punyai seterusnya adalah saat mobil Anda usai dipakai oleh seseorang. Ini karena type memakai yang dipunyai oleh seseorang tentunya berlainan. Dengan lakukan reset untuk ECU mobil ini, maka membuat kendaraan yang Anda punyai masih tetap nyaman.
Baca Juga  Cara Setel Angin Injeksi: 4 Cara Dan Penyebab Susah Idle

Cara Reset ECU Transmisi Matic

Setelah mengetahui berbagai hal diatas maka perlu diketahui prosedur atau cara untuk reset ECU transmisi matic yaitu:

  1. Langkah awal yang Anda harus kerjakan adalah me-reset ECU lebih dulu.
  2. Statuskan kunci contact dalam status off.
  3. Selanjutnya membuka kap mesin.
  4. Melepas terminal positif baterai. Biarkan beberapa saat.
  5. Tekan pedal rem sebanyak 10 kali.
  6. Selanjutnya pasang lagi terminal positif baterai dengan berhati-hati
  7. Posisikan kunci kontak on, tunggu beberapa saat.
  8. Nyalakan mesin selama kurang lebih tiga menis kemudian matikan.
  9. Selanjutnya nyalakan mesin lagi dan test drive untuk meyakinkan reset berhasil.

Untuk melakukan reset ECU transmisi matic diatas dapat dilakukan secara mandiri walaupun tidak semua jenis mobil dapat berhasil. Umumnya cara ini dilaksanakan cuma untuk kendaraan dari jepang saja, tidak di referensikan untuk kendaraan tipe eropa yang mempunyai sistem tehnologi yang super hebat karena harus me-reset ulangi dengan proses program tertentu. Dengan melakukan reset ECU brarti mengatur ulangi ECU atau kosongkan memori periode panjang dari ECU. ECU akan simpan permasalahan code untuk kekuatan diagnostic, dengan atur ulangi ECU akan memutuskan beberapa nilai standar netral dan semua permasalahan code akan di hapus. Diatas adalah ulasan terkait cara reset ECU transmisi matic. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -