ciri ciri magnet motor rusak

Ciri Ciri Magnet Motor Rusak : 3 Ciri Beserta Ulasannya

Ciri Ciri Magnet Motor Rusak – Pada mekanisme pengisian sepeda motor ada elemen yang namanya magnet atau spull. Magnet motor ini kadang alami kerusakan. Lantas apa ciri-ciri magnet motor rusak?

Lampu motor redup bisa jadi beberapa gejala magnet motor lemah. Selain itu, ada beberapa ciri lainnya yang kamu perlu ketahui. Sebelum mengulas permasalahan masalah ini lebih jauh, seharusnya kamu harus ketahui lebih dulu buat alternator atau magnet.

Apa itu magnet motor? Secara performa, komponen ini berbentuk seperti kumparan. Alternator atau magnet dibuat dengan betul-betul jeli. Karena, jumlah lilitan kawat tembaga yang berada di komponen itu, betul-betul punyai dampak pada besar kecil induksi yang dibikin.

Hal tersebut mempengaruhi besar kecilnya tegangan dan kuat dan lemahnya medan magnet yang dibikin yang akan mempengaruhi besar kecilnya daya listrik yang dibikin.

Dengan singkat, magnet pada sepeda motor bekerja sebagai pembangkit tenaga listrik yang selanjutnya dilanjutkan ke accu atau akumulator. Di mana selanjutnya daya listrik dari accu akan dihantarkan kembali untuk sumber daya kelistrikan untuk nyalakan lampu, klakson dan starter sepeda motor.

Alternator atau magnet pada motor yang sangat membutuhkan kelistrikan yang sehat sebagai dayanya. Ada beberapa gejala yang bisa ditemui atau dirasakan saat magnet motor kamu lemah atau rusak. Untuk memperjelasnya berkaitan ciri magnet motor rusak salah satunya yakni:

ciri ciri magnet motor rusak

Ciri Ciri Magnet Motor Rusak

1. Accu Tekor

Accu seakan tekor itu beberapa ciri magnet motor lemah beberapa ciri magnet motor rusak. Sebetulnya, saat daya yang dihantarkan oleh accu motor tidak normal bahkan tidak bisa memberikan daya listrik kembali, ini bukan mempunyai makna accu itu tekor atau turun.

Baca Juga  Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk : 4 Cara Dan Ulasan

Bila accu tidak mempunyai permasalahan, masalah bisa karena magnet motor yang tidak bekerja dengan maksimal atau bahkan sudah rusak.

Karena itu saat accu seakan tidak maksimal kembali memberinya daya listrik. Sebetulnya, accu bukan sudah rusak, bisa jadi magnet yang mempunyai permasalahan.

Pengetesan bisa dillakukan dengan mengecek voltase dari accu. Selain itu, komponen magnet juga bisa dikerjakan pengetesan. Jika terlihat ada yang hangus pada kumparan magnet, bisa jadi komponen itu mulai rusak.

ciri ciri magnet motor rusak

2. Lampu Redup Sampai Mesin Motor Tidak Bisa Diaktifkan

Ada ketidaksesuaian beberapa ciri magnet bermasalahh antara motor dengan karburator dan injeksi. Hal ini merupakan salah satu gejala magnet motor rusak pada sepeda motor yang masih menggunakan karburator, berbeda dengan full injeksi.

Beberapa gejala magnet lemah bisa ditemui dengan kelistrikan motor yang ikut lemah. Sebagai contoh yaitu lampu redup, klakson yang tidak bersuara keras sampai elektrik starter yang tidak bisa digunakan nyalakan motor kembali.

Walau demikian, mesin motor dapat dihidupkan dengan menggunakan kick starter atau didorong pada kondisi masuk gigi. Tetapi, power motor akan berasa lemah tidak seperti saat kondisi magnet masih normal.

Sementara pada motor EFI tidak bisa dihidupkan. Bahkan semua komponen yang membutuhkan kelistrikan tidak bisa dihidupkan.

Ini karena, pada motor dengan full injection betul-betul membutuhkan proses kelistrikan yang sehat sumber daya kelistrikan benar-benar dari accu. Nah, akki mendapat suplai listrik dari magnet atau alternator.

Baca Juga  Ciri Tie Rod Rusak : 3 Ciri-Ciri Dan Ulasan

Berbeda dengan motor EFI yang sangat membutuhkan listrik yang stabil. Berbagai hal pada motor EFI mulai ECU, starter, lampu sampai klakson semua diambil dari accu. Bila magnet lemah, karenanya daya accu tidak berisi terus kosong. Hasilnya, motor tidak bisa dinyalain. Semua yang penting daya listrik akan mati karena accu dayanya sudah habis, karena magnet sudah tidak ngisi ke accu kembali.

ciri ciri magnet motor rusak

3. Kumparan Terlihat Hangus

Jika magnet terlihat hangus mempunyai makna magnet mempunyai permasalahan. Cara untuk mengetahui ciri ciri magnet motor yang sudah rusak yaitu dapat melihat kondisi alternator atau sepul itu. Beberapa tanda magnet motor lemah atau mempunyai permasalahan, pada kumparan terlihat hangus atau ada lilitan yang putus.

Magnet motor bisa hangus dikarenakan oleh beban kelistrikan yang terlalu berat. Penyebab magnet motor jadi terbakar dapat terjadi dari penggunaan beban kelistrikan yang berlebih pada aksesoris.

ciri ciri magnet motor rusak

Penyebab Magnet Motor Rusak

Magnet motor sebagai barang electronic gampang terjadi kerusakan jika tidak dirawat secara baik. Sesudah ketahui beragam gejala magnet motor rusak di atas karena itu harus dipahami juga penyebab magnet motor yang rusak salah satunya yakni:

  1. Sebagai barang elektronik, air yang masuk ke komponen magnet bisa mengakibatkan kerusakan.
  2. Terjadi konsleting karena pemakaian socket yang sudah aus, sampai ada hubungan singkat
  3. Panas terlalu berlebih pada dinamo.
  4. Usia pemakaian punyai dampak.

Di atas ialah pembahasan berkaitan ciri ciri magnet motor rusak dan pemicunya. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion