Cara Menyetel Delco Mobil Carry: 11 Prosedur & Ulasan

Cara Menyetel Delco Mobil Carry – Mobil carry sebagai salah satunya kendaraan yang menggunakan platina atau delco. Tetapi delco mobil carry ini perlu dilaksanakan perawatan agar berperan secara baik. Lantas bagaimana cara menyetel delco mobil carry?

Mekanisme pengapian Platina jika tidak dapat menyetel dan menukar maka ribet sekali. Ini karena mobil tentu berhenti, atau tidak dapat di stater, mbrebet, tidak memiliki tenaga, mati tiba-tiba, nyendat-nyendat. Salah satunya pemicunya adalah platina yang aus, miring, benjol atau pengaturannya berbeda.

Lalu mengapa kok mbrebet terus dan gak memiliki tenaga, apa lagi medan saya turun naik gunung. Sangkaan yang terbaik adalah platina delco yang memiliki masalah. Untuk memperjelasnya berkaitan bagaimana cara menyetel delco mobil carry akan dibahas pada artikel di bawah ini.

cara menyetel delco mobil carry

Cara Menyetel Delco Mobil Carry

Cara menyetel delco mobil carry yang benar dan baik bukan berdasar prediksi tapi memakai ukuran yang pas sesuai standard pabrikasi. Apa penyiapan untuk menyetel platina.

  1. Persiapkan obeng (-) dan (+) kecil atau sedang yang kuat
  2. Persiapkan fuller yang berperan untuk menghitung sela platina
  3. Kunci ring 17 atau 19

Langkah awal menyetel delco mobil carry ada dua cara.

1. Tak perlu mengambil delco (Khusus untuk pemula)

Cara yang pertama untuk menyetel delco mobil carry, kekurangannya sikap tubuh harus menungging-nungging. Mata harus awas, gunakan kacamata yng tidak terang menyaksikan, memakai senter atau lampu yang jelas. Keunggulannya tidak berefek bila ada kekeliruan menyetel karena status delco tetap sama.

Baca Juga  Komponen Master Rem Motor: 10 Bagian Dan Ulasan

2. Mengambil delco untuk yang telah senior dan pengalaman.

Prosedur yang ke-2 untuk menyetel delco mobil caryy yakni mengambil delco untuk yang telah berpengalamaan. Mencari ini lebih bebas menyetel platina karena pergerakan sela platina akan kelihatan cukup dengan memakai perputaran tangan hingga konstan dan tidaknya pergerakan platina atau sela platina akan kelihatan.

Cara ini langsung bisa kelihatan apa rumahan atau dudukan platina masih konstan atau mungkin tidak. Kekurangannya adalah saat pasang lagi kadang dapat berubah atau mungkin tidak cocok benar dari status awalnya. Hingga untuk yang telah pengalaman juga kerap mengidentifikasi atau memberikan pertanda khusus arah posisi rotor platina.

Prosedur Penyetelan Delco Mobil Carry

Terdapat beberapa prosedur untuk menyetel delco pada mobil carry diantaranya yaitu:

prosedur penyetelan delco
  1. Triknya mudah sekali, tinggal membuka dengan obeng plus, terlepas platina dan tukar sama yang baru. Permasalahannya cuman cara menyetel kerenganggannya. Harus di status TOP-1.
  2. Lihat beberapa angka itu karena memberikan kecocokan dengan busi 1,3,2,4 dan lempengkan rotor delco pada status angka satu/ busi satu.
  3. Status Top-1 adalah status platina buka di busi no 1. saya mengetahui ada 4 busi di mesin. Permasalahannya hanya no 1 dari kanan atau dari kiri.
  4. Cara termudah tentukan status TOP-1 adalah menyaksikan tutup distributor/delco. Anda akan menyaksikan beberapa angka di situ. Posisinya 1-3-4-2 sama arah jarum jam. Angka 1 memperlihatkan busi pertama, angka 3 memperlihatkan busi nomor 3 dan sebagainya.
  5. Status Top-1 memiliki arti status rotor menunjuk ke nomor 1.
  6. Cara yang benar adalah memutar mesin yaitu putar dengan memakai kunci ring no 17/19. Ada dua timing belt, yang anda putar sisi paling bawah. Anda dapat memutar dengan stater tetapi harus berhati-hati dan dikit demi sedikit, dan harus terus menyaksikan dan mengawasi roter lempeng ke busi no 1 apa belum.
  7. Sesudah di status Top-1, karena itu anda dapat melepaskan platina karena tinggal dibuka lalu platina baru terpasang kembali. Pakai obeng plus.
  8. Kerjakan proses penyetelan kerengangannya, benar-benar gampang teorinya 0,45mm atau satu helai amplas lembut atau seperti keinginan.
  9. Sesudah usai, coba di stater
  10. Simak dan check kabel-kabelnya. Semua dipasang kuat. Koil normal, sekring tidak ada yang putus, accu normal.
  11. Cara paling akhir adalah menyetel stasioner dan AC. Kalau tetap sama, ya tak perlu di stel. Sebagai tutorialnya, stationer di 800 dan AC hidup di RPM 1.000.
Baca Juga  Letak Sensor Kipas Radiator Avanza: Lokasi Dan Ulasannya

Di atas adalah pembahasan berkaitan cara menyetel delco pada mobil carry. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.