Komponen Planetary Gear: 3 Bagian Dan Ulasan

Komponen Planetary Gear – Dalam transmisi otomatis disusun dari berbagai bagian atau komponen, salah satunya planetary gear. Lalu apa saja komponen planetary gear?

Planetary gear adalah panggilan dari gigi gear yang dipasang pada kendaraan dengan mesin. Pada umumnya, fungsi komponen ini adalah atur transmisi yang terjadi dalam langkah kerja kendaraan motor. Disebutkan planetary karena komponen ini mempunyai beberapa formasi yang tersusun seperti tata surya.

Formasi gigi gear di dalamnya nyaris serupa dengan letak planet. Tiap komponennya sanggup berputar-putar pada porosnya untuk hasilkan cara kerja dalam mekanisme transmisi mesin. Untuk lebih jelasnya terkait komponen planetary gear dan fungsi nya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

komponen planetary gear

Mengenali Planetary Gear

Pada mekanisme automatis mesin, ada komponen penting untuk jalankan mekanisme transmisi yang relatif singkat. Komponen itu adalah planetary atau gigi planet. Komponen ini dipasang untuk atur peristiwa dan akselerasi yang bekerja pada suatu kendaraan motor.

Ada gigi planet ini memungkinkan sebuah mesin kendaraan sanggup atur peristiwa, kecepatan, dan atur gerak kendaraan.

Pada intinya, unit gigi planet dipakai mesin untuk hasilkan tenaga dalam gerakkan mesin yang mempunyai berat beban atau enteng.

Pada alat berat misalkan, unit gigi planetary dipakai untuk jalankan beragam mekanisme. Salah satunya adalah torque divider, final drive, planetary transmission, dan mekanisme penting yang lain yang terjadi pada mesin mobil.

Baca Juga  Jenis Gambar Potongan : 9 Jenis, Pengertian, & Fungsinya

Pemakaian unit gigi planetary lebih disukai karena dipandang lebih memberikan keuntungan dibandingkan eksternal gear. Gigi planetary dipandang tidak begitu memerlukan ruangan yang besar hingga lebih ringkas.

Disamping itu, komponen ini lebih lembut dalam mengalihkan power, dan sanggup menyamakan beban dari tiap-tiap gear. Hal ini jadi alasan khusus pemakaiannya semakin banyak disukai.

Fungsi Planetary Gear

Komponen gigi planetary mempunyai fungsi yang penting untuk jalankan mesin. Ada komponen ini membuat mesin bisa bekerja yang baik untuk atur tenaga dan kekuatan kerja untuk mengusung beban mesin.

Fungsi planetary gear bisa dipakai untuk tekan dan turunkan peristiwa mesin. Ini terkait dengan peristiwa inersia yang berkebutuhan dalam atur kekuatan kendaraan mendekati stop atau mendekati jalan.

Tidak itu saja, fungsi lain dari komponen ini adalah meningkatkan dan turunkan kecepatan kendaraan.

Ada komponen gigi planetary membuat kendaraan lebih gampang atur kecepatannya. Set gigi planetary berperanan untuk jalankan kendaraan untuk bekerja maju atau mundur.

Komponen Planetary Gear

Terdapat beberapa bagian atau komponen yang terdapat di planetary gear diantaranya yaitu:

1. Sun Gear

Sama dengan namanya, sun gear ini sebagai pusat formasi gear. Mode yang umumnya dipakai yaitu spur gear.

Nach, sun gear ini mempunyai ukuran kecil dan ada di tengah atau kutub. Umumnya mempunyai jumlah gigi yang sedikit daripada “partnernya” lainnya. Komponen planetary gear ini bertautan dengan planetary pinion gear.

Baca Juga  Apa Fungsi Pengunci Car Lift: Peran Dan Ulasannya

2. Planetary Pinion Gear

Komponen selanjutnya yaitu planetary pinion gear yang formasinya melingkari sun gear. Komponen ini terpasang lebih satu buah, bergantung kendaraan yang dipakai.

Planetary pinion gear dibuat dari besi kombinasi. Selanjutnya komponen ini dipadukan oleh planetary carrier.

Biasanya pada suatu kendaraan, ada 3 biji yang terpasang. Tetapi jika memerlukan tenaga lebih, karena itu dapat sampai 5 biji.

3. Ring Gear/Annulus Gear

Komponen paling akhir dari planetary gear adalah ada ring gear atau annulus gear. Dia ada pada garis paling luar unit, yang melingkari planetary pinion gear dan sun gear.

Ring gear lah yang mengikuti semua komponen kecil dalam ini. Jumlah gearnya semakin banyak daripada komponen lain. Karena, pekerjaan yang dijalankan banyak juga.

Selainnya sebagai tempat bertaut komponen sebagai sarang kemampuan, ring gear jadi tuas paling besar pada kutub pusat.

Diatas adalah ulasan terkait komponen planetary gear dan fungsi nya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -