Ciri Ciri Dinamo Starter Motor Rusak: 5 Gejala & Ulasan

Ciri Ciri Dinamo Starter Motor Rusak – Dinamo starter motor merupakan bagian sistem starter yang terkadang mengalami permasalahan. Hal ini tentunya akan menimbulkan berbagai ciri atau gejala. Lalu apa saja ciri ciri atau gejala yang muncul ketika dinamo starter motor rusak?

Electric starter adalah salah satu sistem yang dipasang pada kendaraan untuk menambah kenyamanan berkendara. Karena ada electric starter ini karena itu mesin motor dapat berpijar dan siap dikemudikan, cuman dalam sekali tekan tombol.

Namun apabila tidak dibarengi dengan perawatan maka dinamo starter motor akan lebih cepat mengalami kerusakan. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri dinamo starter motor yang rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut.

ciri ciri dinamo starter motor rusak

Ciri Ciri Dinamo Starter Motor Rusak

Ada banyak gejala atau tanda yang dapat di analisis saat dinamo starter motor mulai menurun atau rusak. Misalkan starter motor cuman mengeluarkan bunyi tek tek saat Anda usaha menghidupkannya.

Walau sebenarnya accu motor barusan ditukar, tetapi dinamo starter tidak ingin berputar-putar karena itu ini dapat mengisyaratkan jika elemen dinamo starter mulai menurun atau rusak. Berikut ciri ciri dinamo starter motor rusak:

1. Starter Elektrik Yang Tidak Berperan

Info ini umum dan sudah pasti saat mekanisme starter ada yang memiliki masalah atau rusak, hal itu bisa membuat starter elektriknya jadi tidak berperan.

Baca Juga  Apa Akibatnya Jika Regulator Rusak : 8 Dampak & Ulasan

Starter elektrik yang tidak berperan bisa disebabkan karena faktor-faktor misalnya karena accu kurang kuat, dinamo starter rusak, bendik rusak, sampai mekanisme perkabelan yang memiliki masalah.

2. Kedengar Suara Krekkkk Saat Tombol Starter Didesak

Suara krek ini sustansi atau suaranya panjang dan akan keluar di tempat sekitar dinamo starter. Berlainan dengan suara accu yang turun atau kurang kuat yang mengeluarkan bunyi “trackkk”, suara dinamo starter yang telah kurang kuat condong lebih kasar dan seperti suara kick starter yang diinjak saat mesin tengah hidup.

3. Dinamo Starter Tidak Memberi respon

Seterusnya adalah dinamo starter yang tidak memberi respon. Kita bisa mengceknya dengan menshortkan atau mengkorsletkan bendik starter. Bila bendik starter tidak hidupkan mesin saat dikorsletkan yaitu menyambungkan kutub positif dan negatifnya dengan besi, karena itu bisa ditegaskan permasalahan ada pada dinamo starter.

4. Dinamo Starter Terkadang Normal Sesudah Dipukul-Pukul

Dinamo starter yang tidak memberi respon terkadang akan berperan dengan seharusnya saat kita pukul-pukul dengan gagang obeng, atau benda lain. Pukulan ini tidak boleh terlampau kencang dan cuman berperan untuk “menggedor” saja.

Langkah ini kerap dilaksanakan saat pada kondisi genting, tapi bila dinamo starter sangat kurang kuat, karena itu kadang langkah ini tidak sukses.

5. Starter Bunyi Dengung

Nach salah satunya hal yang membuat motor tidak bisa distarter adalah dinamo starternya yang rusak. Lebih persisnya adalah pada kul starter atau arang pada dinamo starter.

Baca Juga  Cara Mengatasi Mesin Diesel Ngobos: Ciri Dan Penyebab

Dari yang kami perhatikan, dinamo starter ini ibarat dinamo secara umum, yaitu di bagian dalamnya terjadi perputaran atau rasio. Dan bunyinya cukup ciri khas, seperti mainan anak kecil ada suara “ngeng” hehe. Pokoknya, saat kita lakukan starter secara automatis, karena itu umumnya suara yang memimpin adalah suara dinamo starternya.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri dinamo starter motor yang rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -