Fungsi Seal Yang Terdapat Pada Silinder Roda

Seal Yang Terdapat Pada Silinder Roda Berfungsi Untuk – Silinder roda adalah elemen rem yang cuman ada pada rem tromol. Pada silinder roda ada seal yang berfungsi penting untuk mekanisme rem. Lantas seal yang terdapat pada silinder roda berfungsi untuk?

Pada Silinder roda atau wheel cylinder berfungsi untuk menggerakkan sepatu rem supaya bersinggungan dengan tromol rem untuk perlambat mobil.

Silinder roda dapat diketemukan dalam rem tromol. Di silinder roda terdapat seal dan seiring berjalannya waktu seal silinder roda akan aus. Bila ini terjadi minyak rem kemungkinan akan bocor. Ini akan mengakibatkan pengereman jadi kurang efektif. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi seal pada silinder roda akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

seal yang terdapat pada silinder roda berfungsi untuk

Fungsi Seal Yang Ada Pada Silinder Roda

Seal yang terdapat pada silinder roda berfungsi untuk rapatkan piston dengan silinder dan membuat perlindungan sisi silinder roda dari kerusakan.

Dalam pemakaiannya ada dua type atau tipe seal yang terdapat pada silinder roda yakni boots dan seal piston. Ke-2 nya mempunyai peranan yang berlainan berikut penjelasannya:

1. Boots

Disebutkan dengan protective dust, sesuai namanya elemen ini berfungsi untuk membuat perlindungan silinder dari kotoran dan debu. Karena itu terletak ada pada bagian luar silinder dan menyelimuti.

Kotoran dan debu benar-benar gampang untuk masuk ke wheel cylinder yang jadi pemicu khusus kerusakan. Karena pada saat terjadi pengereman kotoran dan debu akan masuk secara cepat. Tanpa boots elemen wheel cylinder akan cepat hancur.

Baca Juga  Fungsi Boster Rem Pada Kendaraan Dan Cara Kerja

3. Seal Piston

Elemen silinder roda seterusnya adalah seal pada sisi dalam silinder yang perannya adalah untuk rapatkan piston dengan silinder. Baik itu piston dan silinder harus pada keadaan selalu rapat untuk menahan berlangsungnya kebocoran fluida.

Saat terjadi kebocoran karena itu tenaga yang dibuat dari penekanan hidrolik tidak bisa dilanjutkan. Mengakibatkan penekanan pada kampas rem tidak bisa terjadi dan dapat memacu kecelakaan.

Di atas adalah pembahasan berkaitan seal yang ada pada silinder berfungsi untuk mekanisme rem. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.