Starter Motor Bunyi Krek: 6 Penyebab Dan Perbaikan

Penyebab Starter Motor Bunyi Krek – Suara yang muncul dari sistem starter dapat menjadi salah satu pertanda kerusakan, salah satunya bunyi krek. Starter motor yang bunyi krek ini tentu dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Kehadiran electric starter adalah pengembangan hebat untuk aktivitas terutama penggunaan sepeda motor. Pasalnya dengan perangkat ini, pengendara motor tidak perlu kerja keras menendang atau melakukan starter dengan kaki alias kick starter.

Tetapi sayang, electric starter ini sering memiliki masalah. Saat permasalahan terjadi, accu motor sering jadi target beberapa pemilik motor dalam mengatakan kekecewaannya. Salah satunya yang sering muncul adalah suara krek.

Tentunya ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan permasalahan tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait starter motor bunyi krek baik penyebab dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

starter motor bunyi krek

Starter Motor Bunyi Krek

Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab starter pada motor timbul bunyi krek diantaranya yaitu:

1. Kerusakan Starter Clutch

Penyebab pertama starter bunyi krek bisa berasal dari starter clutch. Starter clutch dapat bunyi kasar karena pelornya telah aus dan banyak kotoran yang melekat. Pada motor matic posisi starter clutch tempatnya ada di dalam cvt jika untuk motor bebek atau sport umumnya melekat menjadi satu dengan magnet.

Untuk motor matic yang menggunakan starter clutch rawan bunyi brisik karena di dalam ruangan cvt banyak debu/kotoran. Bila tidak teratur servis cvt karena itu kotoran akan makin menimbun dan mengusik performa berbagai bagian di dalam ruangan cvt dan membuat cepat aus.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Regulator Kaca Mobil Manual & Penyebabnya

Untuk starter clutch yang brisik dapat mencoba dibersihkan terlebih dahulu atau ditukar pelornya saja tetapi untuk pelor starter yamaha tidak menyediakan akhirnya harus membeli satu assy starter clutch yang harga 373ribu.

2. Kurang Pelumas

Dari motor starter yang mulai kurang pemulasan bisa juga menjadi penyebab suara berisik ini. Akibatnya pinion gear terlambat kembali hingga bersinggungan dengan roda gila saat mesin mulai berputar.

3. Battery Kurang kuat

Battery atau accu yang kurang kuat sebagai salah satu penyebab khusus andaikan motor kamu pada saat lagi starter mengeluarkan bunyi krek. Saat, elemen accu motor kamu benar-benar kurang kuat atau sudah waktunya untuk menukar air accu motor.

Kemungkinan ini salah satu penyebab dari pengisian air accu yang keliru, dan bisa membuat motor battery kamu kurang kuat. Oleh karena itu cara pengisian air accu yang betul juga harus jadi perhatian oleh kita semua.

4. Sisi Kabel Putus

Dalam relay starter mempunyai empat kabel, yaitu dua kabel yang besar dan dua kabel yang kecil. Pada dua kabel yang besar, salah satu kabel bisa terhubung bersama dengan accu dan satu kabel besarnya kembali terhubung bersama dengan starter motor.

Dan pada dua kabel yang kecil, satu kabel yang kecil sebagai output untuk tombol starter motor, untuk satu kabel yang kecil kembali bisa terhubung ke massa.

Bila pada saat lagi motor di starter terdapat bunyi krek, ini mungkin besar kabel yang ke arah tombol starter yang memiliki masalah. Hal ini karena karena ada arus listrik yang tidak bisa diteruskan pada tombol starter motor.

Baca Juga  Dinamo Starter Mobil Tidak Kuat Memutar Mesin: Penyebab & Ulasan

5. Elemen Relay Starter Hancur

Di proses starter yang elektrik terdapat salah satu elemen motor yang namanya switch atau relay starter. Relay starter mempunyai beberapa manfaat yang harus dijumpai, karena dalam elemen ini bisa disebutkan untuk bypass. Hingga arus di accu bisa selekasnya dapat mengucur ke tombol starter motor.

Dengan tujuan agar dapat cepat tersambung bersama dengan motor starter. Dalam pendayagunaan relay starter yang lama bisa membuat bagian ini hancur. Akibatnya motor pada saat distarter bisa mengeluarkan bunyi suara krek. Karena ada dari 2 kabel relay yang putus ke tombol starter.

6. Motor Starter Tidak Berfungsi

Penyebab yang terakhir ketika suara starter pada motor kamu mengeluarkan bunyi krek. Penyebab ini umum terjadi karena bostel motor starter yang sudah habis. Bostel pada motor starter yang sudah habis bisa membuat motor kamu bisa mengeluarkan bunyi kasar pada saat proses starter.

Cara Mengatasi Starter Bunyi Krek

Setelah mengetahui berbagai penyebab starter motor bunyi krek maka perlu dipahami juga terkait cara mengatasi. Cara mengatasi starter bunyi kasar tentunya disesuaikan dengan kerusakan yang terjadi.

Apabila kerusakan pada komponen mptor starter maka dapat dilakukan penggantian dengan part yang baru. Apabila dari sistem kelistrikan dapat dilakukan perbaikan seperti penyambungan kabel, charger ulang, dan lain sebagainya.

Diatas adalah ulasan terkait starter motor bunyi krek baik penyebab dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -