Penyebab Starter Motor Lemah: 7 Faktor Dan Perbaikan

Penyebab Starter Motor Lemah Dan Cara Memperbaiki – Starter motor adalah komponen yang sangat penting dalam sistem pengapian mobil. Fungsinya adalah untuk menghidupkan mesin mobil dengan menggerakkan crankshaft melalui arus listrik yang dihasilkan dari baterai.

Namun, beberapa masalah dapat terjadi pada starter motor yang dapat menyebabkan starter motor lemah atau tidak dapat bekerja sama sekali. Ini dapat menyebabkan mobil tidak dapat dihidupkan dan memerlukan perbaikan atau penggantian.

Beberapa penyebab umum dari starter motor lemah adalah baterai yang lemah, kabel baterai yang rusak, solenoid yang rusak, starter motor yang rusak, kekurangan minyak atau pelumas, sistem pengapian yang rusak, dan permasalahan pada sistem kelistrikan.

penyebab starter motor lemah

Penyebab Starter Motor Lemah

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan starter motor mobil lemah, diantaranya:

1. Baterai yang lemah

Penyebab pertama starter motor lemah yaitu baterai lemah. Baterai yang lemah atau rusak dapat menyebabkan starter motor tidak dapat memberikan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin. Ini karena baterai yang lemah tidak dapat menyediakan cukup arus listrik untuk menggerakkan starter motor.

2. Kabel baterai yang rusak

Kabel yang rusak atau kendor dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil yang dapat menyebabkan starter motor lemah. Apabila kabel rusak dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil, sehingga starter motor tidak dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga  Ciri Ciri Water Pump Rusak : 7 Gejala Dan Ulasannya

3. Solenoid yang rusak

Solenoid adalah komponen yang menghubungkan baterai ke starter motor. Jika solenoid rusak, maka starter motor tidak akan menerima arus listrik yang cukup untuk bekerja dengan baik, sehingga starter motor akan lemah.

4. Starter motor yang rusak

Starter motor yang rusak atau usang dapat menyebabkan starter motor lemah atau tidak dapat bekerja sama sekali. Ini karena komponen dalam starter motor yang rusak atau usang tidak dapat bekerja dengan baik.

5. Kekurangan minyak atau pelumas

Jika mobil kurang minyak atau pelumas, maka starter motor dapat menjadi panas dan lemah, atau bahkan rusak. Ini karena kurangnya pelumas dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan di dalam starter motor, menyebabkan kerusakan.

6. Sistem pengapian yang rusak

Beberapa masalah pengapian seperti kipas pendingin atau modul pengapian dapat menyebabkan starter motor lemah. Ini karena masalah pada sistem pengapian dapat menyebabkan tegangan yang tidak stabil, yang dapat menyebabkan starter motor lemah.

7. Permasalahan pada sistem kelistrikan

Penyebab terakhir motor starter lemah yaitu permasalahan pada sistem kelistrikan. Masalah pada sistem kelistrikan seperti fusible atau relay dapat menyebabkan starter motor lemah. Ini karena masalah pada sistem kelistrikan dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil, yang dapat menyebabkan starter motor lemah.

Cara Memperbaiki Starter Motor Lemah

Setelah mengetahui penyebab starter motor lemah maka perlu dipahami juga terkait cara memperbaiki starter motor yang lemah. Untuk memperbaiki starter motor yang lemah, pertama-tama periksa kabel-kabel yang menghubungkan baterai ke starter. Pastikan konektor kabel dan kabel itu sendiri tidak korrodi atau terputus. Jika tidak ada masalah dengan kabel-kabel tersebut, coba periksa kondisi starter itu sendiri.

Baca Juga  Warna Kabel Stater Beat Karbu: 8 Kabel Dan Ulasan

Bisa jadi starter sudah usang atau rusak, dan perlu diganti. Jika Anda tidak yakin tentang masalah yang terjadi pada starter, sebaiknya segera membawa kendaraan Anda ke mekanik professional untuk diperiksa dan diperbaiki.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab starter motor lemah dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -