Penyebab Injektor Bocor: 3 Faktor Penyebab Dan Ulasan

Penyebab Injektor Bocor – Kerusakan bisa terjadi pada setiap bagian mesin kendaraan, salah satunya yaitu injektor yang mengalami kebocoran. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Lantas apa saja faktor penyebab injektor bocor?

Mesin kendaraan yang dilengkapi injektor kadang stasioner mesin motor mereka tidak stabil. Saat mesin dihidupkan dan tuas gas tidak diinjak, tiba-tiba suara mesin makin keras dan sebaliknya. Hal ini biasanya disebabkan karena kerusakan pada injektor.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan injektor bocor, baik karena faktor teknis atau non teknis. Oleh karena itu perlu dipelajari berbagai faktor yang dapat menjadi penyebabnya. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab injektor bocor pada mesin kendaraan akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab injektor bocor

Penyebab Injektor Bocor

Apabila diamati terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada injektor. Berikut penyebab injektor bocor pada mesin mobil yaitu:

1. Penggunaan peningkat oktan yang tidak cocok

Penyebab pertama injektor bocor yaitu harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan tinggi RON 92 atau lebih yang berpotensi naik. Ini menjadikan pengguna kendaraan bermotor memutar otak untuk menyiasatinya. Satu gagasan yang kerap diperlihatkan di forum diskusi, baik langsung atau mungkin tidak langsung melalui dunia maya adalah penggunaan octane booster atau peningkat angka oktan.

Lantas apa ada imbas negatif bila peningkat oktan itu digunakan?

Baca Juga  Cara Mengecas Aki : 8 Cara Dan Ulasannya

Sebelum menggunakannya perlu dipertegas dahulu mutunya. Bila kesulitan atau mungkin tidak ingin menanggung risiko, tidak boleh coba-coba untuk menggunakannya. Meminta kepastian ke distributor atau agen marketing bila peningkat oktan itu tidak akan memunculkan zat sisa di injektor.

Permasalahannya bila zat bahan warna yang digunakan tidak bisa dirinci dan justru dapat memunculkan pengendapan yang menempel di pipa atau injektor yang akan menimbulkan persoalan baru. Akibatnya akan menyebabkan proses injeksi tidak optimal karena lubang injektor tertutup endapan.

Hal itu bisa menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna. Itu yang menjadikan mesin sering terusik atau stasioner tidak stabil. Injektor semakin lama akan rusak.

2.Fuel pump bermasalah

Faktor yang dapat menyebabkan injektor bocor yang seterusnya yaitu terkait dengan faktor nomor satu. Pemicunya adalah penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar. Hal tersebut menyebabkan piranti ini kotor dan mampet. Bila fuel pump tidak jebol dan masih berperan maka bahan bakar yang dipompa ke injektor kotor dan bagian itu menjadi tersumbat.

Pada akhirnya, semburan bahan bakar ke ruang bakar, walaupun telah diatur melalui Electronic Kontrol Unit (ECU) juga tidak maksimal. Hal itu menyebabkan stasioner mesin tidak stabil.

3. ECU mempunyai permasalahan

Yang paling akhir penyebab injektor bocor adalah piranti Electronic Kontrol Unit (ECU) sebagai otak yang mengatur kesemuanya unit injeksi yang mengalami permasalahan. Apabila bagian ini terganggu maka kerja injektor tidak jalan seperti harusnya. Satu satu diantaranya, semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan ukuran.

Baca Juga  Penyebab Mesin Diesel Kubota Kurang Tenaga: 5 Faktor & Perbaikan

Stasioner mesin juga tidak bisa stabil. Bila tingkat kerusakan di ECU telah akut, karenanya kendaraan tidak dapat digerakkan alias macet. Ada beberapa penyebab kerusakan ECU, satu diantaranya adalah permasalahan kelistrikan karena over supply, voltase sumber kelistrikan rendah, korsleting dan lain-lain.

Di atas adalah pembahasan berkaitan penyebab injektor bocor yang banyak terjadi pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.