Fungsi Pump impeller: Peran Dan Ulasan

Fungsi Pump impeller – Pada torque converter ada banyak bagian, satu diantaranya pump impeller. Peran pump impeller penting pada torque converter. Lantas apa fungsi pump impeller?

Pump impeller sebagai bagian dari torque converter yang bergerak bersama dengan perputaran kutub engkol. Komponen pump impeller ini disambungkan dengan kutub engkol lewat drive case hingga jika kutub engkol berputar-putar karena itu pump impeller ikut juga berputar-putar.

Tanpa pump impeller karena itu torque converter tidak bisa bekerja optimal. Untuk memperjelasnya berkaitan peran pump impeller akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi pump impeller

Fungsi Pump impeller

Fungsi dari pump impeller adalah untuk menghidupkan penekanan dan saluran fluida dalam mekanisme torque converter. Pada umumnya Impeller adalah komponen yang berputar-putar dari pompa sentrifugal yang berperan untuk mentransfer energi dari motor dengan percepat cairan keluar pusat perputaran.

Impeller umumnya berupa silinder pendek dengan inlet terbuka untuk terima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk menggerakkan cairan secara radial. Impeller dibuat bermaterial logam cor lewat proses pengecoran logam.

Bagian ini adalah kipas pertama yang hendak bergerak bersama sesuai perputaran kutub engkol. Pompa Impeller terpasang dengan kutub engkol pada drive case . Maka saat porosnya berputar-putar, pompa impeller akan berputar-putar.

Jika diaplikasikan kembali, pompa impeller ini mempunyai beberapa bagian yakni guide ring dan vane. Guide ring adalah bagian yang perannya membuat sela hingga saluran minyak transmisi automatis jadi lancar.

Baca Juga  Keuntungan Penggunaan Power Tool Tanpa Kabel: 5 Faktor

Rumah torque converter langsung terhubung dengan komponen ini yang diikat dengan fly wheel hingga jika mesin berputar-putar karena itu rumah torque converter akan turut berputar-putar bersama pump impeller. Pump impeller terbagi dalam vane dan guide ring.

Dengan demikian tuliskan pump impeller berputar-putar karena itu fluida yang berada di dalamnya akan terlontar keluar karena ada gaya sentrifugal. Lemparan fluida saat pump impeller bekerja akan hasilkan energi kinetik yang selanjutnya memutar turbine runner.

Nanti saat terjadi perputaran, akan ada energi kinetik yang dibuat. Energi ini adalah gaya sentrifugal pada minyak transmisi automatis. Di mana minyak ini nanti akan terlontar dan gerakkan sudu-sudu turbine runner.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi pump impeller pada torque converter. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -