Cara Memperbaiki Power Amplifier Protect: 6 Cara & Penyebab

Cara Memperbaiki Power Amplifier Protect – Terdapat beberapa permasalahan yang dapat timbul pada audio mobil. Hal ini termasuk power amplifier yang masuk ke mode protect. Lalu apa saja penyebab power amplifier protect? Dan bagaimana cara memperbaiki power amplifier protect?

Power amplifier atau penguat daya adalah salah satunya elemen pada mobil yang penting, karena mempunyai manfaat untuk perkuat signal saran dari head unit mobil saat berkendaraan.

Mobil cuman keluarkan signal dengan kemampuan rendah, jadi kedatangan power amplifier akan memperkuat signal yang diberi oleh mesin dan dapat terdeteksi oleh sopirnya lewat speaker. Saat power amplifier protect, itu saat yang pas untuk melakukan perbaikan.

Saat power amplifier aktifkan model protect, tidak boleh cemas, malah itu bisa menjadi keuntungan karena mesin masih peka dan dapat membuat perlindungan kendaraan dari kerusakan yang lebih fatal. Untuk lebih jelasnya terkait cara memperbaiki power amplifier protect dan penyebab nya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki power amplifier protect

Penyebab Power Amplifier Protect

Power amplifier yang jalan dengan normal akan masuk model protect. Model ini aktif karena ada kerusakan di amplifier pada mobil. Model protect pada amplifier akan aktif hingga mesin terbebas dari kerusakan yang lebih fatal. Berikut penyebab power amplifier pada mobil masuk model protect:

1. Perbedaan pada amplifier

Power amplifier yang terpasang pada mobil harus mempunyai kesesuaian pada mesin dan kabelnya. Jika tidak, amplifier tidak bekerja dengan maksimal, khususnya kabel yang terpasang mempunyai resistansi elektrik yang lebih rendah dan di bawah batasannya.

Jika amplifier mempunyai impedansi sejumlah 2 ohm, jangan terpasang dengan speaker yang kurang dari angka itu. Penempatannya akan memusingkan mekanisme circuit dan menjadi penyebab power amplifier masuk model protect.

2. Amplifier jadi panas

Penyebab power amplifier protect adalah panas atau alami overheat adalah kebanyakan tenaga yang dibuat, khususnya dari dengarkan audio di mobil terus-terusan. Minimnya saluran udara pada amplifier dan terletak yang terselinap, seperti pada bawah bangku mengakibatkan overheat. Mengakibatkan, model protect diaktifkan hingga power amplifier tidak meletus.

3. Permasalahan pada speaker atau head unit

Kadang, kerusakan pada elemen sound sistem yang lain di mobil dapat menyebabkan model protect pada power amplifier. Kabel speaker yang pendek dan memasangkan amplifier pada head unit yang telah dihidupkan dapat membuat power amplifier protect untuk menghindar permasalahan yang semakin besar.

​​​​​​4. Permasalahan pada amplifier tersebut

Ada juga penyebab power amplifier jadi protect karena ada permasalahan pada mesinnya sendiri. Misalnya, sekring yang putus atau kabel tanpa pemisahan. Mengakibatkan, power amplifier akan masuk model protect-nya.

Baca Juga  AC Mobil Tidak Mau Cut Off: 11 Cara Dan Ulasan

5. Daya terlampau besar

Protect ini muncul karena daya (watt) yang diteruskan ke speaker kurang sanggup. Umunya protect ini terjadi saat power kita pakai untuk menggerakkan sub-woofer, karena beban dari sub-woofer melewati kekuatan dari power untuk salurkan daya.

Jadi saat suara kecil atau tidak sedang ada permasalahan tetapi saat suara kita besarkan khususnya sisi bass karena itu power protect.Ini karena power tidak sanggup menggerakkan sub woofer.

Untuk menanganinya, tukar power yang lebih memiliki tenaga/ watt besar,supaya sanggup menggerakkan speaker/ sub woofer.Atau speaker/sub woofer ditukar ke watt yang lebih kecil agar mengibangi daya yang diterima. Karena itu pokoknya adalah samakan kekuatan power dengan speaker/sub woofer yang anda gunakan.

6. Speaker rusak

Tetapi tidak seluruhnya power ampli akan protect saat ada speaker yang rusak. Ada banyak power ampli kelas AB yang tidak demikian peka protectnya saat ada speaker yang memiliki masalah. Power ampli masih tetap bekerja dengan normal megeluarkan daya ke speaker,namun suara jadi berbeda karena ada speaker yang hancur.

Dan power yang peka perlindungannya akan protect bila ada speaker yang memiliki masalah. Protect yang bekerja di sini protect tegangan. Untuk mengatasi permasalahan ini diamkan power masih tetap dipasang,selanjutnya terlepas semua kabel speaker dari terminal speaker power ampli.

Lantas berikan tegangan (hidupkan audio anda seperti umumnya). Bila tanda “protect” yang berpijar karena itu power ampli anda ada permasalahan. Tetapi bila tanda “power” yang berpijar, karena itu permasalahan ada di speaker.

7. Tegangan kurang kuat

Bila tegangan yang diterima power ampli kurang kuat,akan menjadi penyebab power amplifier protect. Bagusnya anda check kembali kabel (B+ ,Ground,Remote). Peluang ada ikatan atau connector yang buruk, menyebabkan kurang kuatnya tegangan(strum)yang diterima power ampli.

Tegangan remote (rem) yang diteruskan Head Unit konstan 12V, bila kurang kuat bisa memunculkan protect.Remote bekerja sebagai sakelar (on/off) pada power ampli.

Cara Memperbaiki Power Amplifier Protect

Sesudah ketahui penyebab power amplifier protec, maka perlu lakukan pembaruan pada power amplifier. Harus diingat, pembaruan ini lebih sukses dilaksanakan oleh mekanik listrik yang terbiasa. Berikut cara memperbaiki power amplifier protect:

1. Check Keadaan Amplifier

Cara pertama untuk memperbaiki power amplifier protect yaitu keadaan amplifier harus dicheck dahulu hingga tahu letak masalahnya. Jika amplifier terlampau panas waktu dipegang, ada dua pemicunya: minimnya saluran udara atau elemen yang tidak pas. Amplifier yang terlampau panas karena minimnya saluran udara umumnya dikarenakan oleh penempatan ke unit dengan resistansi yang lebih rendah.

Jalan keluarnya adalah mengalihkan amplifier itu ke arah tempat yang dapat mendapat saluran udara semakin banyak. Jika permasalahan overheat ini bersambung, tempelkan saja pendingin amplifier untuk perpanjang periode operasional mesinnya.

Baca Juga  Soket CDI Mio (Old, New, J) : 15 Kabel Dan Ulasannya

​​​​​​​​​​​​2. Check Kabel, Sekring, dan Terminal

Setelah itu cara selanjutnya untuk memperbaiki power amplifier protect yaitu pengecekan sambungan, sekering, dan terminal. Tiap port atau colokan yang ada pada amplifier harus ditegaskan kebersihan dan keamanannya. Yakinkan ikatan kabel, sekering dan terminal tidak terbuncang saat berkendaraan dan bersih dari paparan debu.

Kotoran yang berada di dalamnya cukup dibikin bersih dengan kain kering. Selanjutnya, periksa kembali apa kabel yang terpasang telah aman hingga tidak sentuh elemen yang lain.

3. Check Tegangan pada Kabel Listrik Amplifier

Cara selanjutnya untuk memperbaiki power amplifier protetc yaitu cek tegangan. Hal ini harus dilaksanakan dengan multimeter untuk menghitungnya. Pakai red probe pada multimeter untuk memeriksa tegangan tiap port amplifier.

Jika tegangannya kurang dari 11 volt saat mesin mati atau 12 volt saat hidup, memiliki arti ada permasalahan dengan kabel internnya. Untuk melakukan perbaikan, Anda memerlukan kontribusi professional yang telah terlatih dalam menuntaskan permasalahan listrik ini.

4. Check Ground pada Mesin

Tegangan yang rendah dapat menyebabkan amplifier alami bad grounding. Umumnya, tingkat tegangan ini diikuti dengan tingkat battery yang rendah. Untuk menentukannya, sentuhlah ujung hitam pada multimeter yang dipakai. Jika lebih dari 0,1 volt, pertanda amplifier masuk model protect karena bad grounding.

Jalan keluarnya gampang, bersihkanlah kabel ground dengan cara melepaskannya. Selanjutnya, pasang lagi lebih kuat hingga kabel tidak terbuncang.

5. Lepas Amplifier dari Speaker

Jika permasalahannya tidak diketemukan, cara classic ini menjadi jalan keluarnya. Bebaskan ikatan apa saja pada speaker, selanjutnya nyalakan nyalakan amplifier Anda untuk menyaksikan apa sudah masuk model protect.

Jika hasilnya normal, permasalahannya memiliki arti ada di speaker Anda hingga amplifier mati untuk menghindar kerusakan yang lebih kronis. Untuk pastikan jika permasalahannya memang berada pada speaker, pakai multimeter dan check port pada speaker. Elemen ini memiliki masalah jika tegangannya ada pada angka di bawah 12 volt.

6. Bebaskan Amplifier dari Head Unit

Cara paling akhir untuk memperbaiki power amplifier protect yaitu melepas amplifier. Ikatan amplifier dilepaskan dari head unit, yakni mesin pemutar musik mobil Anda. Pengujiannya sama, jika amplifier hidup dengan normal, memiliki arti permasalahannya berada pada head unit itu. Test kembali dengan multimeter untuk pastikan jika permasalahannya berada pada head unit.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki power amplifier protect dan penyebab nya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.