Cara Bongkar Mesin Diesel Kubota: 13 Cara Dan Ulasan

Cara Bongkar Mesin Diesel Kubota – Apabila terjadi kerusakan pada mesin diesel kubota maka perlu dilakukan pembongkaran. Terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk proses pembongkaran. Lalu bagaimana cara bongkar mesin diesel kubota?

Perawatan pada mesin diesel kubota sebagai hal yang penting dan harus dilaksanakan dengan teratur periodik. Supaya mesin diesel itu lebih berusia panjang dan terbebas dari permasalahan kerusakan yang kemungkinan terjadi.

Saat lakukan service pada mesin diesel kubota, dibutuhkan proses bongkar pasang pada beberapa bagian tertentu untuk lakukan pengujian. Karena, dengan saksikan langsung elemen pada mesin diesel kubota itu, kita bisa ketahui sisi yang mana perlu perawatan dan yang perlu diperbarui atau ditukar.

Tetapi, kita harus juga cermat dalam menganalisis tiap elemen mesin diesel kubota itu. Supaya tidak ada kekeliruan saat lakukan bongkar pasang pada mesin. Untuk lebih jelasnya berikut cara bongkar mesin diesel kubota.

cara bongkar mesin diesel kubota

Cara Bongkar Mesin Diesel Kubota

Cara lakukan bongkar pada mesin diesel kubota secara umum sama dengan mesin diesel yang lain. Yang perlu kita sudah pahami peranan dan cara kerja pada tiap elemen mesin diesel. Berikut prosedur atau cara bongkar mesin diesel kubota yaitu:

Prosedur Pembongkaran Mesin Diesel Kubota

  1. Periksalah saluran bahan bakar dari bak solar yang ke arah bosch pump (pompa bahan bakar). Untuk melakukaannya, kita bisa buka baut gabung pipa yang berada pada bosch pump.
  2. Periksalah keadaan bosch pump. Untuk memeriksa bosch pump, triknya yakni dengan melepaskan pipa solar dan mengengkol mesin seringkali. Bila bosch pump masih pancarkan bahan bakar, memiliki arti pertanda masih bagus.
  3. Periksalah semburan nozzle dengan cara melepaskan rumah nozzle dari tempatnya dan meletakkannya di luar mesin. Selanjutnya engkol mesin seringkali untuk menyaksikan semburan nozzle.
  4. Check kompresi mesin. Triknya yakni dengan mengengkol mesin seringkali dan melepas tuas choke. Bila ada penekanan, karena itu pertanda kompresi mesin masih bagus.
  5. Bongkarlah silinder head dan membersihkan kerak yang melekat pada silinder head itu dan ujung piston. Check klep dan sitting klepnya masihkah bagus atau telah aus.
  6. Periksalah kerenggangan ring piston dengan cara melepaskan ring piston itu dan memasukaanya ke silinder block (boring). Bila jarak telah terlampau renggang maka perlu penggantian.
  7. Check pompa oli dengan cara melepaskan pipa perputaran oli dan mengengkol mesin sesaat. Bila oli keluar pipa perputaran, karena itu pertanda pompa aoli masih bagus.
  8. Selanjutnya pasang lagi silinder headnya dengan menukar packing head baru.
  9. Check jarak kerenggangan klep. Yakinkan memakai fuller gauge untuk menghitung jarak kerenggangan klepnya supaya perform mesin lebih prima.
  10. Check aliran udara dan aliran knalpot. Karena, bila ke-2 aliran itu mampet, karena itu menyebabkan mesin diesel akan sulit hidup atau tenaga jadi menyusut.
  11. Check tersedianya air pendingin pada radiator. Bila sudah menyusut, isikan kembali sampai penuh.
  12. Check oli mesin dengan buka tuas tanda oli atau tutup oli.
  13. Sesudah semua pengujian hasilnya bagus tidak ada permasalahan, karena itu coba untuk hidupkan mesin diesel kubota itu. Saat mesin diesel sukses dihidupkan, periksalah adakah kebocoran oli yang mengucur pada packingdan seal oli.
Baca Juga  Berapa Putaran Setelan Angin Karburator: Jumlah & Penyetelan
Diatas adalah ulasan terkait cara bongkar mesin diesel kubota. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.