Tanda Kampas Kopling Motor Habis: 9 Ciri Dan Cara Mengatasi

Tanda Kampas Kopling Motor Habis – Kampas kopling merupakan salah satu bagian yang perlu perhatian dan perawatan khusus. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa ciri kampas kopling motor habis, dan menukarnya selekasnya mungkin. Lalu bagaimana tanda kampas kopling motor habis?

Kampas kopling adalah salah satu bagian utama konstruksi mesin sepeda motor. Elemen ini berperan sebagai pemutus dan penyalur tenaga mesin dari poros engkol ke transmisi. Sama dengan elemen mesin yang lain, kampas kopling mempunyai ketahanan dan umur penggunaan. Dalam buku panduan pemilik kendaraan, dianjurkan untuk lakukan pengecekan keadaan kopling tiap 12,000 km atau 12 bulan.

Selainnya untuk menjaga perform mesin pengecekan mempunyai tujuan untuk ketahui keadaan kampas kopling, apa masih juga dalam keadaan baik atau mulai habis. Gaya berkendaraan benar-benar dapat menentukan keadaan dan umur pemakaian dari kampas kopling itu sendiri.

Saat keadaan kampas kopling yang mulai tipis atau aus akan memunculkan beberapa gejala yang dapat dirasa langsung oleh pengendara sepeda motor. Untuk lebih jelasnya terkait ciri atau tanda kampas kopling motor habis akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

tanda kampas kopling motor habis

Tanda Kampas Kopling Motor Habis

Timbulnya permasalahan pada kopling sendiri terdapat banyak factor. pada umumnya berawal dari kampas kopling yang mulai habis. Dengan demikian kenali ciri ciri-ciri kampas kopling motor habis supaya bisa memperhitungkan berlangsungnya kerusakan-kerusakan yang lain dapat muncul pada elemen motor.

Ciri ciri kampas kopling mulai berasa habis dapat secara mudah untuk dirasa oleh sang pengendara saat kendaraannya dibawa melancong mulai dari mesin yang tidak seperti umumnya dan beberapa elemen yang lain yang memiliki masalah. Berikut sejumlah tanda kampas kopling motor habis diantaranya yaitu:

1. Peralihan Gigi Dibarengi Suara Keras

Tanda pertama kampas kopling motor habis yaitu suara keras saat perpindahan gigi. Saat persneling dipindah, Anda tidak akan memperoleh tenaga yang diharap. Bukannya menjadi pergerakan yang ada malah terjadi raungan keras dari suara mesin motor yang tidak berhasil menyalurkan tenaga kendaraan.

2. Mesin cepat panas

Selain itu tanda kampas kopling motor habis adalah mesin lebih cepat panas. Lenyapnya daya cengkeram kampas pada pelat gesek membuat ke-2 elemen ini seringkali bersinggungan dan memunculkan panas. Disamping itu, panas bisa juga diakibatkan oleh mesin yang selalu bekerja di RPM tinggi.

Sebagai contoh : pada keadaan normal mesin bekerja diperputaran 5000 RPM untuk memperoleh kecepatan 60 km/jam. Tetapi saat kampas kopling pada keadaan aus, mesin harus berputar di angka 7000 rpm untuk dapat mencapai kecepatan yang serupa.

3. Akselerasi Menurun

Ciri atau tanda kampas kopling motor habis atau aus yaitu akselerasi mesin menurun. Saat kampas kopling aus tenaga tidak tersalur dengan optimal. Mengakibatkan mesin motor berasa tidak responsive di setiap status gear. Pada keadaan ini maka mesin motor akan berputar semakin tinggi pada keadaan normal untuk dapat menggerakkan motor. Imbas yang lain yang akan dirasakan yaitu motor akan susah mencapai kecepatan maksimal.

Baca Juga  Indikator Bensin Motor Tidak Akurat: 6 Faktor Dan Perbaikan

4. Kopling Selip

Beberapa tanda atau ciri lain kampas kopling motor habis yang bisa dirasa adalah susahnya mengalihkan gigi ke arah status netral. Tidak itu saja, gejala yang lain bisa dirasa adalah alami selip saat perpindahan gear. Keadaan ini disebabkan karena menyusutnya kualitas cengkeraman kampas pada pelat gesek.

5. Mesin Kasar Saat Kecepatan Tinggii

Apabila sudah merasakan ciri-ciri atau tanda kopling motor habis dan motor saat dipakai untuk berakselerasi tinggi, mesin akan sangat terasa kasar. Hal itu karena kampas kopling telah betul-betul habis dan cuma tersisa pelatnya saja.

Bila tidak selekasnya ditukar kampas kopling itu dapat merusak elemen yang lain dan mempunyai potensi menjadi hancur. Umumnya kerusakan bisa terjadi pada fly wheel dan karena bersinggungan langsung dengan pelat kampas kopling barusan.

6. Peralihan Gigi Berasa Susah

Tanda kampas kopling motor habis akan membuat peralihan perseneling saat penambahan gigi akan berasa sedikit susah. Umumnya saat penekanan tuas perseneling sampai mentok tetap sedikit akan susah dari di saat kampas kopling itu belum habis.

Untuk mengakali permasalahan seperti kampas kopling yang menyebabkan peralihan gigi berasa susah. Anda dapat main di gas seperti saat tekan perseneling dalam menambahkan atau kurangi gigi, tuas gas sedikit di kocok.

7. Perputaran Mesin Tinggi

Perputaran mesin tinggi pada motor menjadi satu diantara ciri atau tanda bila kampas kopling mulai habis atau aus. Untuk capai kecepatan tertentu diperlukan perputaran mesin yang tinggi. Sebagai contoh saat kampas kopling belum habis kecepatan 40km/jam bisa 5.000rpm.

Dan bila kampas kopling motor habis karena itu dapat memerlukan perputaran di rpm 7.000 dalam kecepatan 40km/jam. Saat alami ciri atau motor anda telah rasakan kejala semacam itu karena itu harus selekasnya tukar kampas kopling supaya keadaan mesin seperti sebelumnya.

7. Pada Saat Memakai (Kick Starter Enteng Atau Ngelos)

Selain itu mesin ngelos saat distarter dapat menjadi tanda kampas kopling motor habis. Keadaan semacam ini tentu saja berasa disaat saat hidupkan motor memakai kick starter (engkol) saat melakukan ayunan di kick starter maka berasa enteng atau mudah atau bahasa yang lainnya yaitu ngelos. Tentu saja hal ini benar-benar sulit untuk menghidupkan motor. Nah, hal ini dapat menjadi gejala atau tanda kampas kopling aus atau habis.

8. Keadaan Tenaga Mesin Menyusut

Dengan mengetahui ciri atau tanda kampas kopling motor yang habis dengan cara semacam ini atau mencoba yaitu dengan cara saran gigi tranmisi ke perseneling 3 atau 4 lalu tahan ambil gas secara spontan. Jika alami peningkatan yang cocok memiliki arti masih bagus tetapi apabila sudah aus rpm telah makin tinggi tetapi kecepatan masih rendah karena itu dapat ditegaskan harus selekasnya ditukar.

Baca Juga  Reset Ecu Avanza Atau Xenia: 2 Cara Dan Ulasannya

9. Tarikan Awalnya Motor Tidak Responsive

Ciri atau tanda paling akhir kampas kopling kendaraan mulai habis atau aus yaitu berlangsungnya tarikan awalnya tidak responsive. Umumnya akan berasa berat atau terlambat saat anda mulai menarik tuas dan selang beberapa menit motor baru ingin bekerja maju.

Cara Mengatasi Kampas Kopling Habis

Bila sudah tahu ciri ciri atau tanda kampas kopling motor mulai habis karena itu anda perlu lakukan perawatan periodik supaya keadaan motor masih tetap merasa nyaman saat dipakai untuk berkendaraan. Dengan demikian mengantisipasi pemicu kopling motor tidak ingin berperan saat kampas habis dengan beberapa beberapa panduan perawatan itu. Berikut cara mengatasi kampas kopling habis diantaranya yaitu:

1. Tukar Oli Secara Teratur

Cara mengatasi kampas kopling habis yang pertama yaitu penggantian oli secara teratur. Memang tukar oli menjadi satu diantara kewajiban yang harus dilaksanakan oleh beberapa pengendara motor supaya kendaraannya masih tetap pada keadaan sempurna. Ini menjadi satu diantara panduan supaya keadaan kampas kopling motor aman saat dipakai perjalan jauh.

2. Check Kampas Kopling

Check kampas kopling memang harus dilaksanakan saat anda telah rasakan beberapa ciri ciri-ciri di atas. Hingga supaya lebih waspada atau memperhitungkan kerusakan pada elemen yang lain bila kampas kopling itu telah betul-betul habis.

3. Rajin Check Kabel Kopling

Supaya dalam berkendaraan masih tetap pada keadaan nyaman dan aman, janganlah lupa selalu untuk rajin check kabel kopling. Apabila sudah berasa berusia atau mempunyai umur penggunaan lama, coba untuk menukar kabel sama yang baru. Itu untuk memperhitungkan kampas kopling putus saat berkendaraan.

4. Pemakaian Bahan Bakar

Pilih bahan bakar asal-asalan tidak bagus untuk motor kopling, karena ada banyak type motor kopling yang mewajibkan mempunyai bahan bakar khusus. Bila sampai penyeleksian bahan bakar tidak pas nanti dapat membuat mesin motor cepat panas.

5. Tidak boleh Malas Tukar Gigi Saat Berkendaraan

Anda malas memindahkan gigi ke status rendah saat motor stop? Hal itu seharusnya lebih buat memperhitungkannya. Karenanya memakai gigi tinggi pada tarikan awalnya nanti akan membuat energi atau tarikan awalnya lumayan besar.

Tips Agar Kampas Kopling Motor Tidak Cepat Habis

Nach supaya kampas kopling motor anda tahan lama dan tidak gampang aus, ada banyak hal yang penting kalian lihat yang salah satunya adalah seperti berikut :
  1. Mengatur jarak bebas kopling ( minimum 2 – 4 mm ) dan melakukan geprekelan secara periodik.
  2. Jauhi pemakaian 1/2 kopling saat berkendaraan.
  3. Kerjakan pergantian oli dengan teratur sama sesuai referensi bengkel.
  4. Pakai oli pelumas sesuai yang direferensikan oleh dealer / bengkel sah.
  5. Seharusnya pakai setel jauh untuk tuas kopling motor.

Diatas adalah ulasan terkait ciri atau tanda kampas kopling motor habis dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.