Tanda Silinder Head Melengkung: 7 Gejala Dan Ulasan

Tanda Silinder Head Melengkung – Apabila silinder head mengalami kerusakan akan muncul berbagai tanda atau gejala. Lalu apa saja tanda silinder head melengkung?

Sisi block silinder dengan kepala silinder mesin mobil dibikin terpisah. Ke-2 permukaan yang sama-sama berjumpa ini dibikin benar-benar rata supaya ke-2 elemen itu pertemuan dengan paking kepala silinder.

Bila sekarang ini oli kendaraan cepat habis, mesin tidak memiliki tenaga / mesin overheat, bisa saja sebagai tanda silinder head melengkung. Untuk lebih jelasnya terkait tanda silinder head melengkung akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

tanda silinder head melengkung

Tanda Silinder Head Melengkung

Selainnya alami permasalahan seperti pada atas kami berikan, minimal ada banyak tanda – tanda lain memberikan silinder head melengkung salah satunya yakni:

1. Air Radiator di Bawah Manifold Bocor

Merujuk pada peranan khusus dari packing yang bermanfaat untuk rapatkan sisi lajur water jacket dari dalam block silinder ke sisi kepala silinder (Cylinder Head). Karena itu harus ditegaskan jika keadaan gasket atau packing harus betul.

Tetapi bila saat dicheck rupanya pada bagian bawah intake dan exhaust manifold ada serapan air. Hal ini adalah tanda – tanda silinder head melengkung dan harus selekasnya kalian tukar. Bila tidak mekanisme pendinginan mesin akan alami permasalahan dan membuat mesin alami overheat.

2. Keluarnya Asap Putih dari Knalpot

Selanjutnya gejala silinder head mesin melengkung selanjutnya yaitu keluarnya asap putih dari knalpot. Bukan hanya jadi tanda jika keadaan packing rusak, keluarnya asap putih dari sisi knalpot.

Baca Juga  Shockbreaker Bocor: Akibat, Ciri, Penyebab, Dan Perbaikan

Dan di saat keadaan gasket rusak, minimal ini akan membuat beberapa oli mesin akan keluar dan merembes masuk ke sisi ruangan bakar. Dalam soal itu, saat ada oli masuk ke ruangan bakar automatis gas buang akan beralih menjadi putih.

3. Ada Gelembung Udara di Bak Radiator

Gejala silinder head melengkung selanjutnya dapat kalian ketahui adalah adanya gelembung udara dalam bak radiator. Seperti kita kenali, mekanisme kerja radiator mobil harus betul-betul vakum dan jangan ada udara masuk.

Tetapi bila keadaannya terbuka atau ada sisi yang bocor, tidak dapat kita sangkal gelembung udara dalam bak radiator akan ada. Ini umumnya sering muncul karena packing silinder head mesin melengkung atau bocor.

4. Panas Berlebihan / Overheating Pada bagian Mesin

Mesin kendaran memang condong akan panas saat dipakai. Tetapi panas berlebihan saat baru dihidupkan kemungkinan jadi tanda ada keadaan mesin yang tidak prima. Salah satunya pemicunya bisa saja karena silinder head melengkung.

Keadaan ini akan muncul karena air radiator semestinya akan membagikan panas ke udara bebas dengan mekanisme kerja radiator, dikit demi sedikit lenyap atau habis karena rembes keluar yang disebabkan ada kebocoran pada bagian silinder head melengkung.

5. Air Radiator Memiliki kandungan Oli

Tanda silinder head melengkung selanjutnya yaitu keadaan air radiator saat dilaksanakan pengujian malah kelihatan ada kandungan minyak. Hhal ini umumnya bisa terjadi saat ada oli mesin masuk ke aliran air radiator.

Baca Juga  Cara Membuka Secure Key Shutter Tanpa Kunci: 7 Prosedur

Nach masuknya serapan oli ke mekanisme pendingin mesin sendiri dapat terjadi dengan banyak factor pemicunya. Selain keadaan packing atau gasket silinder head mesin yang rusak, juga bisa muncul karena dinding water jacket rengat. Apabila sudah merasakannya, selekasnya membawa ke bengkel.

6. Oli Berbeda Warna Jadi Kecoklat-coklatan

Lakukan perawatan mesin secara periodik khususnya pergantian oli mesin sebagai salah satunya hal yang telah harus dilaksanakan. Dengan demikian keadaan mesin akan terurus. Di lain sisi, saat pergantian oli kalian segera dapat menyaksikan keadaan oli sudah dipakai.

Saat keadaannya berbeda warna jadi kecoklat-coklatan dan tak lagi hitam. Karena itu dapat ditegaskan hal itu karena sudah tercampur sama air. Keadaan ini umumnya karena air dari sisi mekanisme pendingin bocor sekalian jadi tanda rusaknya packing silinder head.

7. Perform Mesin Turun

Ciri silinder head melengkung paling kronis adalah keadaan mesin mulai turun. Berkurangnya perform mesin bukan karena hanya ada kerusakan dari sisi khusus mesin seperti piston, ring piston atau busi saja.

Tapi turun dan lenyapnya kompresi pada mesin bisa juga karena ada kebocoran pada bagian mesin. Hal itu umumnya muncul karena keadaan silinder head melengkung atau melengkung. Karena itu yakinkan selekasnya bawa kendaraan ke bengkel.

Diatas adalah ulasan terkait tanda silinder head melengkung pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -