Fungsi Oil Jet (Sistem Pelumasan) Dan Letaknya

fungsi oil jet

Fungsi Oil Jet – Performa berat karena itu sistem pelumasan pada mesin dibutuhkan perhatian khusus terhitung elemen paling kecil seperti oil jet. Lantas apa peran oil jet pada sistem pelumasan mesin?

Tentunya sistem pelumasan harus jadi perhatian supaya panas mesin dapat diredam dan mesin dapat bekerja dengan normal. Dengan demikian mesin akan lebih tahan lama dan bisa dipakai dalam periode waktu lama.

Berikut keterangan berkaitan fungsi oil jet pada sistem pelumasan mesin yang hendak dibahas lebih terang pada artikel di bawah ini. Berikut penjelasannya:

fungsi oil jet

Fungsi Oil Jet

Salah satunya elemen yang bekerja penting adalah oil jet atau penyemprot oli yang ada di bawah piston. Peran oil jet ini penting untuk pelumasan piston sisi bawah dan liner silinder.

Pada bagian mesin pada sisi bawah, fungsi oil jet ini akan menyemprot oli bertekanan tinggi ke sisi bawah piston. Komponen ini seperti setang piston, pin piston dan liner silinder.

Agar bisa salurkan oli mesin secara baik pada mesin ini, salah satunya sisi keutamaan adalah oil jet atau penyemprot oli. Elemen memiliki ukuran kecil ini teletak pas di bagian bawah silinder seperti terlihat pada gambar. Oil jet akan bekerja memulasi piston dan silinder dari bawah.

Oil jet mempunyai penekanan tinggi hingga dia bahkan juga akan sanggup menyemprot oli sampai connecting rod, piston pin, dan keseluruhnya silinder walau piston ada di titik mati atas.

Baca Juga  Jenis Axle Shaft : 12 Jenis Dan Ulasannya

Untuk tiap silinder umumnya akan ada sebuah oil jet. Oil jet mulai akan bekerja saat mesin mulai berputar-putar – atau hidup. Hingga sepanjang mesin hidup, oli akan terpancar satu diantaranya lewat oil jet itu.

Letak Oil Jet

Oil jet tempatnya ada di crankcase sisi bawah, persisnya dekat sama kruk as. Tetapi beberapa kendaraan mempunyai letak oil jet yang lain . Maka tiap silinder mempunyai sebuah oil jet untuk menyemprot oli mesin.

Penekanan oli mesin ini dibuat dari pompa oli yang saat mesin hidup akan turut berputar-putar . Maka elemen ini berperan penting untuk memberikan dukungan pendinginan dan pelumasan mesin.

Di atas adalah pembahasan berkaitan fungsi oil jet dan letak nya pada sistem pelumasan kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.