cara mengetahui kompresor ac rusak

Cara Mengetahui Kompresor AC Rusak : 7 Ciri, Penyebab, & Perbaikan

Cara Mengetahui Kompresor AC Rusak – Kompresor AC merupakan salah satu bagian sistem AC yang sering terjadi kerusakan. Apabila kompresor AC rusak maka sistem AC tidak dapat bekerja. Lalu bagaimana cara mengetahui kompresor AC rusak?

Kompresor AC ini biasa dikatakan sebagai jantung AC, hingga bila alami kerusakan akan mengganggu semua performa AC. Komponen ini adalah alat mekanis yang mempunyai pekerjaan sebagai penyedot dan penggerak uap refrigeran dari evaporator. Disamping itu kompresor mempunyai pekerjaan sebagai alat yang menjaga ketidaksamaan penekanan dalam mekanisme pendinginan.

Cara kerja dari kompresor yaitu dengan menyalurkan gas-gas freon dari refrigeran ke semua mekanisme pendingin dan mengganti penekanan dari yang tinggi ke arah penekanan yang rendah. Jika suhu makin meninggi maka semakin besar penekanan yang akan dikeluarkan oleh kompresor. Untuk persoalan yang umum kita jumpai dalam kompresor AC ada banyak.

Seumpama kompresor yang tidak berperan optimal atau kurang kuat sampai kompressor yang telah mati keseluruhan dan tidak dapat dipakai kembali. Dalam bermacam keadaan kompresor tidak selamanya pada keadaan yang sempurna, hingga performa AC yang kurang terkadang disebabkan karena keadaan kompressor yang tidak berperan secara baik. Untuk lebih jelasnya terkait cara mengetahui kompresor AC rusak baik ciri ciri, penyebab, dan cara memperbaiki kompresor ac rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengetahui kompresor ac rusak

Cara Mengetahui Kompresor AC Rusak

Kompresor AC yang alami kerusakan dapat kita kenali lewat beberapa ciri. Ciri ciri kompresor rusak yaitu:

1. AC jadi kurang dingin

Ciri pertama kompresor yang mengalami kerusakan ialah dari kualitas AC yang turun. Bila kita rasakan AC jadi kurang dingin dari umumnya pada temperatur yang serupa dapat ditegaskan terjadi kerusakan. Ini muncul karena kompresor alami keadaan overload atau kepanasan, hingga membuat elemen ini jadi mati hidup. Kompresor akan mati bila begitu panas dan akan berpijar kalau sudah dingin kembali. Baiknya kompresor akan sanggup hidup sampai dingin yang kita set dalam penataan telah terwujud.

Bila temperatur ruang mulai berasa kurang dingin, selain kotor atau minimnya freon, bisa ini disebabkan karena kompresor yang mulai kurang kuat. Penekanan atau dorongan yang dibuat tidak kuat hingga membuat hasil dingin jadi menyusut, ini dapat disaksikan dengan cara sentuh sisi evaporator, umumnya evaporator dinginnya tidak rata.

Bila penekanan freon cukup tetapi ampere kompresor berlebihan, diikuti oleh kurang dinginnya ac, karena itu bisa ini disebabkan karena press kompresor yang mulai kurang kuat. Untuk tangani ini anda sebaiknya lakukan menguras freon. Gas freon di buang sampai habis untuk selanjutnya di vacum ulangi dan di isi freon kembali.

2. AC jadi tidak dingin benar-benar

Ciri kedua kompresor ac rusak yaitu AC yang tidak sanggup hasilkan udara dingin benar-benar, karena itu bisa ditegaskan bila kompresor telah mati keseluruhan atau mungkin tidak dapat berpijar sama sekalipun. Sisi motor kompresor yang tidak dapat berpijar umumnya akan mengeluarkan suara yang cukup berisik.

Baca Juga  Ciri Ciri Magnet Motor Rusak : 3 Ciri Beserta Ulasannya

3. Mesin kompresor jadi bising

Keadaan atau ciri kompresor yang rusak juga bisa disaksikan dari suara yang dibuat. Jika suara kompresor begitu bising karena itu ditegaskan kompresor alami kerusakan. Kompresor kurang kuat bisa juga disaksikan dari suara yang dibuat, bila bising peluang kompresor ac anda telah kurang kuat. Ini disebabkan karena piston yang aus atau mungkin kurang oli. Untuk mengatasi persoalan ini umumnya mekanik ac berusaha untuk menambah atau isi baru oli kompresor. Sementara untuk piston karena itu seharusnya tak perlu di benahi, seharusnya tukar saja kompresor sama yang baru, ingat menukar piston atau daleman kompresor memerlukan ongkos yang cukup banyak.

4. Kompresor jadi cepat panas

Ciri – ciri yang lain yang mengisyaratkan kompresor ac rusak ialah kompresor cepat panas, baru hidup sesaat tetapi sangat panas. Sama dengan keluh kesah kompresor bising, kompresor yang cepat panas bisa juga dikarenakan oleh minimnya oli dalam kompresor. Bila anda mendapati keluh kesah seperti berikut pada ac anda, kompresor cepat panas, peluang kompresor ac yang anda punyai mulai kurang kuat.

5. Amper kompresor begitu tinggi

Selain itu cara mengetahui kompresor yang rusak dapat dilihat dari ampere kompresor. Bila Amper kompresor tidak normal atau begitu tinggi karena itu ditegaskan ada kerusakan pada kompresor.

6. Mesin kompresor mendengung

Cara termudah untuk mengetahui kompresor ac rusak yaitu dengan mendengarkan suara kerja dari kompresor ac. Mesin ini akan mendengung karena kompresor susah untuk hidup dari keadaan mati karena begitu panas.

7. Kompresor mati keseluruhan

Bila kompresor telah mati keseluruhan sebaiknya perlu segera untuk melakukan perbaikan. Hal ini dapat dilihat dari freon yang tidak bersirkulasi.

Penyebab Kompresor AC Rusak

Selain cara mengetahui kompresor ac yang rusak maka perlu diketahui juga berbagai penyebab yang dapat menimbulkan kerusakan pada kompresor ac yaitu:

1. Besarnya Arus dan Tegangan Listrik yang Tidak Seperti Standard

Penyebab kompresor ac rusak yaitu besarnya arus atau tegangan yang tidak sesuai standar. Tiap pendingin ruang atau AC selalu diperlengkapi dengan info mengenai besaran arus dan tegangan listrik yang perlu dipakai. Bila arus dan tegangan listrik yang digunakan pada AC melewati yang tercantum pada name pelat di bagian outdoor AC karena itu dapat mengakibatkan motor pendorong kompresor rusak. Hal yang sama akan terjadi bila arus dan tegangan listrik yang dipakai lebih rendah dari standard yang semestinya.

Baca Juga  Cara Mematikan Alarm Mobil : 5 Cara Dan Ulasannya

2. Minimnya Oli Pada Kompresor

Sebagai elemen pendorong karena itu kompresor diperlengkapi dengan piston di mana supaya perannya berjalan baik diperlukan oli sebagai pelumasnya. Kekurangan oli pada piston kompresor AC akan membuat perputaran hasilkan panas yang terlalu berlebih. Ini dapat menghancurkan kumparan yang ada di motor kompresor AC. Hal ini dapat menyebabkan kompresor ac rusak.

3. Kompresor AC Telah Aus

Seperti elemen elektronika biasanya kompresor AC rusak karena umurnya yang telah tua itu ialah hal yang normal. Menjadi salah satu penyebab kompresor AC jadi kurang kuat ialah karena telah aus dikonsumsi umur pemakaian AC yang telah lumayan lama. Faktor umur menjadi salah satu penyebab kompresor ac rusak.

Cara Memperbaiki Kompresor AC Yang Rusak

Apabila timbul kerusakan pada kompresor ac maka perlu segera dilakukan perbaikan. Cara memperbaiki kompresor ac yang rusak yaitu:

1. Bila Terjadi Permasalahan Kecil Pada Kompresor AC

Cara memperbaiki Kompresor AC yang memiliki masalah harus jadi perhatian dan dilihat lebih dulu apa pemicunya. Jika rupanya kompresor AC cuman alami permasalahan kecil seperti kekurangan oli karena itu yang dilaksanakan cukup hanya menambah oli saja tak perlu ditukar sama yang baru. Cara pengisian oli kompresor harus juga jadi perhatian dengan cermat supaya tidak mengakibatkan masalah pada mekanisme lainnya.

2. Permasalahan Pada Salah Satu Elemen Kompresor

Apabila ciri kerusakan kompresor ac akibat oli yang kurang maka kerusakan kompresor AC dapat disebabkan karena salah satunya elemen didalamnya saja. Terbakarnya motor pada kumparan kompresor ac karena listrik yang tidak sesuai dengan standard atau karena kekurangan oli merupakan salah satu contoh kerusakan parsial atau perbagian. Bila hal ini yang terjadi karena itu cukup dilaksanakan pergantian pada unit atau elemen kompresor AC yang alami kerusakan saja.

3. Kompresor AC Rusak

Umumnya yang kerap terjadi ialah kompresor AC kurang kuat dan rusak karena telah dikonsumsi umur. Penggunaan kompresor AC pada kendaraan dalam jangka waktu yang lama akan membuat kompresor bisa menjadi aus yang mengakibatkan performnya makin menurun.

Bila yang mengakibatkan kompresor AC kurang kuat dan rusak karena keadaannya yang telah tua atau telah kelamaan digunakan karena itu harus memang Anda harus beli yang baru. Keadaan aus karena umur cuman ditangani dengan beli dan menukar kompresor AC yang baru.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengetahui kompresor ac rusak baik ciri ciri kompresor ac rusak, penyebab kompresor ac rusak, serta cara memperbaiki kompresor ac rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion