Penyebab Stang Motor Berat Sebelah: 8 Faktor Dan Perbaikan

Penyebab Stang Motor Berat Sebelah Dan Cara Memperbaiki – Stang motor berat sebelah kerap jadi pertanyaan karena menyebabkan ketaknyamanan dalam berkendaraan. Banyak yang kebingungan saat stang motor mendadak jadi berat dan susah untuk bergerak. Lalu apa penyebab stang motor berat sebelah? Bagaimana cara memperbaikinya?

Stang motor sebagai komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai alat kemudi pada sepeda motor. Stang motor sebagai bagian dari sepeda motor yang bermanfaat sebagai pengarah roda atau juga bisa dikatakan sebagai pemegang kendalian dari kendaraan sepeda motor.

Oleh kerana itu apabila timbul permasalah pada stang motor tentu dapat mempengaruhi pengemudian. Hal ini termasuk stang motor berat sebelah. Hal ini berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab stang motor berat sebelah. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab stang motor berat sebelah dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab stang motor berat sebelah

Penyebab Stang Motor Berat Sebelah

Proses perawatan sepeda motor adalah hal paling penting yang perlu selalu anda kerjakan. Sepeda motor yang terurus dapat menghindari dari beragam permasalahan tehnis, hal ini bergantung cara pemakaian kendaraan.

Kendaraan yang terurus secara benar akan jadikan umur gunakan motor semakin lama dan optimal dalam dukungan beragam kegiatan. Baik pemakaian secara individu atau untuk usaha dan fasilitas transportasi khalayak yang sekarang ini sudah berkembang.

Salah satunya komponen paling penting yang terlihat secara fisik adalah stir atau stang motor. Tiap kendaraan sudah pasti mempunyai kemudi menjadi penyebab ke mana kita akan pergi. Tetapi pada praktiknya sebagian orang menjumpai persoalan yang terjadi pada setang kendaraan mereka.

Biasanya persoalan ini terjadi pada bagian komponen motor dengan stang berat atau kaku saat anda pakai. Umumnya penyebab stang motor berat sebelah muncul karena beberapa hal, misalkan saja sebagai berikut.

1. Status Shockbreaker Tidak Akurat

Keadaan sebagai penyebab stang motor berat sebelah yang pertama adalah status shockbreaker yang tidak akurat. Kondisi ini muncul karena bentrokan keras atau kerap melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, atau bahkan juga motor yang sempat jatuh. Untuk menangani persoalan ini anda lakukan penyetelan atau atur ulang shockbreaker supaya ke-2 nya imbang.

penyebab stang motor berat sebelah

2. Komstir Memiliki masalah

Komponen yang lain terkait dengan stang dan menjadi penyebab stang motor berat sebalah adalah komstir. Komstir adalah bagian dari kemudi pada sepeda motor yang berperanan penting pada proses pengaturan.

Komponen ini berada pada sumbu di antara segitiga garpu depan dengan kerangka dari sepeda motor. Faktor umur penggunaan komponen ini bisa menyebabkan komstir oblak, aus, kasar dan sulit bergerak.

penyebab stang motor berat sebelah

3. Keadaan Ban

Ada tonjolan pada permukaan ban juga bisa jadi penyebab stang motor berat sebelah. Persoalan ini bisa jadi muncul karena sisa tambalan, pernah menghajar lubang jalanan, atau karena keadaan ban yang sudah tipis.

Baca Juga  Letak Bendik Starter Beat FI: Posisi Dan Ulasan

Anda juga bisa mengecek penekanan anginnya. Ban yang kurang angin akan membuat motor jadi sempoyong hingga memberikan kesan-kesan goyang pada stang.

4. Kekeliruan Dalam Penyetelan Stang

Penyebab stang motor berat sebelah yang selanjutnya yaitu penyetelan stang yang keliru. Keadaan Penyetelan yang kurang betul akan memunculkan stang motor tidak imbang. Hingga bisa berasa lebih berat pada salah satunya segi, kiri atau kanan saja saat anda memakai motor.

5. Bearing Roda Bobol

Bearing berada di tengah-tengah roda dengan fungsi untuk menjaga poros ban. Hal tersebut bermanfaat supaya tidak bertabrakan langsung dengan rumah roda. Komponen bagian roda atau swing arm yang hancur akan memberi dampak tidak nyaman saat berkendaraan. Bila anda diamkan kelamaan, akan memberikan dampak jelek pada pengendara.

Untuk mengecek keadaan ini, anda dapat menggoyahkan roda ke segi kanan dan kiri. Bila laher hancur, akan ada bantalan peluru yang peyang atau pecah. Bila ini terjadi, karena itu anda harus selekasnya menukarnya dengan sparepart bearing yang baru.

6. Penggunaan Motor Tidak Betul

Penggunaan motor yang asal-asalan dan ngawur bisa menjadi satu diantara penyebab dari keadaan stang yang berat sebelah pada sepeda motor. Sebenarnya tidak terlampau memiliki masalah pada stang saat perawatan sepeda motor dilaksanakan secara baik.

Penggunaan sepeda motor yang asal-asalan seharusnya dijauhi sebagai cara penangkalan keadaan mesin yang alami persoal tehnis seperti mesin motor bunyi klotok klotok atau bising dan kasar dan keadaan komponen yang lain berubah atau alami kerusakan seperti stang motor.

7. Ketidaksejajaran Di antara Garpu Kanan dan Kiri Pada Segitiga Dudukan Stang Sepeda Motor

Persoalan yang lain yang bisa menyebabkan stang jadi berat sebelah adalah ada ketidaksejajaran di antara garpu kanan dan kiri pada segitiga tempat dudukan dari stang sepeda motor. Dudukan segitiga stang sebagai bagian yang menyambungkan di antara shockbreaker dengan stang sepeda motor.

Untuk kembalikan keadaan memiliki masalah itu ke kondisi yang normal, karena itu kerjakan pengepresan segitiga duduk stang supaya status garpu kanan dan kiri sejajar. Segitiga dudukan pada sepeda motor sebenarnya bukan sparepart sepeda motor yang kerap hancur tetapi sekalipun memiliki masalah bisa menyebabkan motor jadi tidak nyaman untuk dipakai.

8. Permukaan ban benjol

Penyebab terakhir stang motor yang berat sebelah berasal dari benjolan pada ban. Persoalan kemungkinan muncul karena sisa tambalan, pernah menghajar lubang jalanan, atau karena keadaan ban yang telah tipis. Kamu juga bisa mengecek penekanan anginnya. Ban yang kurang angin akan membuat setang motor jadi berat bahkan juga goyang.

Baca Juga  Pemeriksaan Rem Cakram : 5 Cara Dan Ulasannya

Cara Memperbaiki Stang Motor Yang Berat Sebelah

Sesudah kalian ketahui penyebab dari stang motor yang berat sebelah, kalian dapat memperbaiki permasalahan stang yang berat pada motor kalian. Tak perlu kalian membawa ke bengkel, sering saat kalian bawa ke bengkel belum pasti motor kalian dapat diperbarui dan dapat dipakai dengan aman.

Namun lebih bagus kalian memperbaiki dengan cara sendiri. Untuk cara memperbaiki stang motor yang berat sebelah benar-benar gampang. Berikut cara memperbaiki stang motor yang berat sebelah diantaranya yaitu:

  1. Mengendorkan stang pada leher sepeda motor kalian itu.
  2. Selanjutnya kalian harus mencoba untuk lakukan gerakan pada stang seperti berbelokan ke kanan dan ke kiri. Karena saat memperbaiki stang, yakinkan lebih dulu selang atau kabel tidak merintangi saat mekanisme kerja pada stang.
  3. Dan kalian harus bedah stang dan kalian harus saksikan bagian dari pelor komstirnya. Karena pelor komstir yang telah usang, seharusnya kalian harus memberi pelumas kembali atau ini kemungkinan telah saatnya untuk tukar. Namun kalian harus juga waspada saat proses untuk melepas stang. Karena saat tidak waspada, pelor-pelor komstir akan jatuh apa lagi sampai lenyap.
  4. Saat kalian telah melakukan dan stang pada motor kalian tidak kembali dengan normal atau mungkin tidak konstan. Ini kemungkinan memiliki masalah dengan komstirnya yang telah hancur. Disamping itu komstir yang memiliki masalah bisa menjadi penyebab stang motor bergetar.

Cara Mengganti Komstir Motor

Untuk hal tersebut kami anjurkan untuk mengganti kembali komstirnya sama yang baru “ingat sama yang baru atau original, bukan yang KW atau palsu”. Untuk cara gantikan komstirnya juga sederhana atau gampang, kalian cuma ikuti beberapa langkah yang ada di bawah berikut:

  1. Hal pertama bebaskan stang lebih dulu dari tempatnya atau tempatnya.
  2. Selanjutnya mengeluarkan pelor mangkok komstir pada bagian atas dan bagian bawah dengan cara memukulnya keluar dengan cara pelan-pelan.
  3. Selanjutnya bebaskan pelor mangkok komstir secara pelan-pelan dari kutub stang, berhati-hati saat ingin melepasnya supaya seal tidak hancur dan permukaan dari kutub stang.
  4. Saat telah melepasnya, membersihkan pelor mangkok komstir yang kotor dan beri pelumas.
  5. Gunakanlah komstir baru secara posisi datang dari pelepasan barusan.
  6. Jika sudah dipasang kalian bisa lakukan Penyetelan di stang hingga performa stang mulai maksimal.

Catatan: Jika stang motor memiliki masalah lebih bagus kalian tidak boleh mengendari motornya, ini karena stang yang terjadi permasalahan, ini kemungkinan akan memperoleh bencana yang tidak diharapkan kita besama, seperti kecelakaan yang besar atau kecelakaan yang umum saja.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab stang motor berat sebelah dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.