Perbedaan Timing Belt Dan Fan Belt & Ulasan

Perbedaan Timing Belt Dan Fan Belt – Ada dua tipe belt yang dipakai pada kendaraan yakni timing belt dan fan belt. Ada banyak keragaman di antara timing belt dan fan belt walau secara fisik sebetulnya sama. Lantas apa perbedaan timing belt dan fan belt pada mesin kendaraan?

Belt ini mempunyai peran penting untuk menyambungkan beragam elemen mesin hingga dapat berputar-putar bertepatan. Dengan demikian fungsi lain mesin dapat bekerja dengan optimal. Untuk memperjelasnya berkaitan perbedaan timing belt dan fan belt akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

perbedaan timing belt dan fan belt

Perbedaan Timing Belt Dan Fan Belt

Saat sebelum membahas berkaitan perbedaan di antara ke-2 nya karena itu perlu dibahas lebih dulu berkaitan pengertian timing belt dan fan belt yakni:

1. Timing Belt

Timing belt adalah salah satunya elemen khusus dari mobil yang menggenggam beberapa fungsi penting untuk performa mobil. Elemen khusus mobil ini biasa disebutkan dengan timing chain dari mobil. Timing chain pada dasarnya masuk ke elemen klep mesin mobil.

Sama seperti yang Anda kenali, klep mobil adalah katup untuk buka dan tutup mesin mobil. Di bagian ini, ada katup hisap dan buang yang dapat ditata kapan mengkatupnya sesuai mekanisme sistem oleh timing chain mobil. Untuk memperjelasnya mengenai elemen satu ini, ini penuturannya.

Baca Juga  Fungsi Resonator Knalpot Mobil: 3 Peran Dan Ulasannya

Fungsi Timing Belt Pada Mobil

Beberapa pencinta mobil tentunya tidak asing dengan istilah timing chain ini. Menjadi rahasia bila elemen satu ini penting untuk masalah memutar camshaft. Fungsi ini jadikan elemen itu demikian penting dan benar-benar mencemaskan bila tidak ada.

Pada umumnya, fungsi timing belt memang merujuk pada asal pemberian namaya. Sama dengan namanya, timing adalah penataan waktu, jadi elemen ini bermanfaat memanajemen waktu kerja mesin. Selainnya fungsi khusus itu, elemen ini masih menggenggam beberapa fungsi yang lain. Berikut salah satunya:

  • Jadi Alat Pembuka Dan Penutup Automatis Mesin Mobil

Fungsi pertama dari elemen mobil ini adalah jadikan katup mesin dapat buka dan tutup secara automatis. Elemen ini dapat bekerja automatis karena tersambung langsung dengan ke-2 katup masuk dan pembuangan dengan camshaft.

Otomatis, ada timing chain akan mempermudah camshaft bergerak dengan tempo normal selanjutnya gerakkan katup secara normal dan stabil juga.

  • Gerakkan Camshaft

Fungsi ke-2 dari timing chain adalah gerakkan camshaft. Sama seperti yang telah disentil pada awal, fungsi timing chain adalah mengatur proses mesin terhitung camshaft yang akan bergerak melingkar sama sesuai perputaran mobil. Alat ini akan automatis bergerak saat mobil dinyalakan.

2. Fan Belt

Tali kipas atau fan belt adalah sebuah elemen seperti tali lingkaran dan dibuat berbahan karet khusus dan dilapis berbahan kampas pada sisi bagian seginya.

Baca Juga  Fungsi Timing Chain: 2 Peran & Komponen

Fungsi tali kipas atau Van belt

Fungsi khusus dari fan belt ini adalah untuk mengalihkan tenaga, gerakkan kutub dari elemen seperti kompressor AC, kutub alternator, waterpump dan lain-lain pada jalan menyambungkan kutub poros itu dengan sebuah tali khusus yang umum disebutkan V-belt.

Perbedaan Timing Belt Dan Fan Belt

Sesudah membahas antara dua elemen di atas karena itu bisa dijumpai karena itu bisa diketehui perbedaan antara ke-2 nya yakni:

Timing belt adalah salah satunya tipe belt yang dipakai untuk atur timing atau waktu pengapian dan pembukaan katup pada mesin. Sementara fan belt sebagai belt yang dipakai untuk gerakkan elemen simpatisan mesin seperti compressor, alternator, kipas, dan lain-lain.

Di atas adalah pembahasan berkaitan perbedaan timing belt dan fan belt pada kendaraan. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.