Tombol Wiper Mobil: 5 Saklar Dan Fungsinya

Tombol Pada Wiper Mobil – Tombol wiper mobil merupakan bagian penting dari sistem penghapus kaca mobil. Saklar ini digunakan untuk mengontrol pengoperasian wiper atau penghapus kaca depan mobil, sehingga pengemudi dapat membersihkan kaca depan dari kotoran, debu, atau air hujan.

Setiap mobil umumnya dilengkapi dengan saklar wiper yang terletak di sekitar setir mobil atau pada dashboard mobil. Saklar wiper mobil dapat memiliki beberapa fungsi, seperti mengatur kecepatan gerakan wiper, menghidupkan mode intermiten, menyemprotkan air ke kaca depan, dan mengontrol wiper belakang.

Fungsi saklar wiper yang ada dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengemudi untuk memahami fungsi dan cara mengoperasikan saklar wiper pada mobil mereka agar dapat menggunakannya dengan baik dan efektif.

tombol wiper mobil

Tombol Wiper Mobil

Saklar wiper mobil adalah tombol yang terdapat pada mobil untuk mengontrol pengoperasian wiper atau penghapus kaca depan mobil. Berikut adalah beberapa jenis tombol wiper yang umumnya terdapat pada mobil:

1. Tombol On/Off

Saklar On/Off pada wiper mobil merupakan mekanisme yang sangat penting untuk menghidupkan dan mematikan wiper pada mobil. Saklar ini biasanya terletak pada tuas atau switch di sekitar setir mobil. Dengan menekan tombol ini, pengemudi dapat menghidupkan atau mematikan wiper mobil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca.

Baca Juga  Cushion Plate Pada Plat Kopling Berfungsi Untuk: Peran & Ulasan

2. Tombol Speed

Saklar Speed pada wiper mobil berguna untuk mengatur kecepatan gerakan wiper sesuai dengan kebutuhan. Pilihan kecepatan yang tersedia bervariasi dari mobil ke mobil, biasanya terdiri dari pilihan kecepatan rendah, sedang, dan tinggi. Beberapa mobil juga memiliki pilihan kecepatan lainnya, seperti super cepat atau ultra lambat. Dengan tombol ini, pengemudi dapat mengatur kecepatan gerakan wiper sesuai dengan intensitas hujan yang ada.

3. Tombol Intermitten

Saklar Intermitten pada wiper mobil digunakan untuk mengaktifkan mode intermiten pada wiper. Mode intermiten memungkinkan wiper untuk bergerak dengan jeda-jeda tertentu, sehingga pengemudi dapat menyesuaikan kecepatan wiper dengan intensitas hujan yang berbeda-beda. Mode ini sangat berguna dalam kondisi hujan yang tidak terlalu deras atau pada saat hujan mulai reda.

4. Tombol Washer

Saklar Washer pada wiper mobil digunakan untuk menyemprotkan air ke kaca depan mobil agar dapat membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada kaca. Saklar ini biasanya terletak pada ujung tuas yang digunakan untuk mengoperasikan wiper. Saat tombol ini ditekan, air akan keluar dari jet yang terletak pada bagian bawah wiper dan menyemprot ke kaca depan.

5. Tombol Rear Wiper

Saklar Rear Wiper digunakan untuk mengontrol wiper belakang atau penghapus kaca belakang pada mobil yang dilengkapi dengan wiper belakang. Saklar ini biasanya terletak pada dashboard atau console tengah mobil. Dengan menekan tombol ini, pengemudi dapat mengaktifkan atau mematikan wiper belakang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca.

Baca Juga  Fungsi Field Coil Pada Motor Starter: Peran & Ulasan

Diatas adalah ulasan terkait tombol wiper mobil baik fungsi dan cara penggunaannya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -