cara mematikan alarm mobil

Cara Mematikan Alarm Mobil : 5 Cara Dan Ulasannya

Cara Mematikan Alarm Mobil – Terkadang pengemudi merasa terganggu dengan adanya alarm pada mobil. Hal ini yang menyebabkan pengemudi menginginkan alarm mobil dimatikan. Lantas bagaimana cara mematikan alarm mobil?

Alarm mobil dibikin sebagai sistem pengaman mobil yang bermanfaat untuk menahan perlakuan yang tidak diinginkan seperti perampokan, dan lain-lain. Alarm mobil akan hasilkan bunyi bunyian yang menahan bermacam perlakuan itu. Selainnya alarm mobil dipakai bertepatan dengan central lock untuk mengamankan kendaraan.

Tetapi kadang ada masalah pada sistem alarm mobil. Kadang alarm akan mengeluarkan bunyi tanpa ada alasan, tetapi disebabkan oleh ada kerusakan pada module alarm, sensor, atau remot alarm. Tentu saja ini akan mengusik sekitaran dan kita sendiri pemilik mobil.

Keadaan keadaan ini kadang membuat kita cemas. Yang terbanyak terjadi ialah memaksakan untuk buka pintu secara paksakan yang bakal mengakibatkan alarm akan mengeluarkan bunyi secara menerus tiada henti. Oleh karenanya harus dipahami cara mematikan alarm mobil yang bakal diulas selanjutnya pada artikel di bawah ini.

cara mematikan alarm mobil

Cara Mematikan Alarm Mobil

Ada banyak cara yang bisa dilaksanakan untuk mematikan alarm mobil diantaranya yaitu:

1. Menghidupkan Mesin Seperti Biasa

Salah satu cara mematikan alarm mobil yaitu dengan menghidupkan mesin seperti biasa. Jika alarm berpijar, karena itu cara pertama yang bisa dilaksanakan untuk menonaktifkan alarm dengan menghidupkan mesin mobil. Masukan kunci contact selanjutnya start mobil seperti umumnya. Pada beberapa type kendaraan, cara ini bisa dipakai untuk menonaktifkan alarm mobil.

Alarm akan mati karena mengetahui kunci orisinal yang dipakai untuk menstarter kendaraan. Tetapi pada beberapa kendaraan lain, cara ini tidak bisa dilaksanakan. Oleh karenanya perlu dilaksanakan cara yang yang lain.

Baca Juga  Ciri Ciri Koil Mobil Lemah : 8 Ciri Dan Ulasan

2. Menekan Tombol Silent

Apabila mobil dilengkapi dengan remote, maka cara mematikan alarm mobil paling mudah yaitu dengen menekan tombol silent.

Pada kendaraan yang diperlengkapi alarm umumnya mempunyai remote kontrol jarak jauh yang sekalian dipakai untuk mengamankan dan buka pintu. Pada remote itu ada tombol dengan lambang silent atau speaker dengan tanda-pertanda-tandanya silang atau coret. Tombol ini akan bawa alarm mobil pada kondisi silent atau diam.

Oleh karenanya dengan aktifkan tombol ini karena itu alarm mobil bisa mati. Cara menonaktifkan alarm mobil memakai tombol silent cukup memencet tombol itu sesaat sampai alarm mati. Dengan demikian alarm mobil yang mengeluarkan bunyi akan diam.

Tetapi dengan memencet tombol silent ini karena itu alarm mobil akan non aktif sampai diaktifkan kembali. Untuk aktifkan kembali alarm mobil cukup hanya memencet tombol silent sesaat sampai ada tanda-pertanda-tandanya bunyi dari alarm mobil. Dengan demikian alarm kembali aktif sebagai sistem pengaman mobil.

cara mematikan alarm mobil

3. Menekan Tombol Gabungan Tombol Remote

Pada tombol remote mobil tidak seluruhnya mempunyai tombol silent. Lantas bagaimana cara mematikan alarm mobil? Pada remote mobil yang tidak mempunyai tombol silent umumnya diperlengkapi dengan tombol lock dan unlock?

Untuk menonaktifkan alarm mobil bisa dilaksanakan dengan tekan gabungan dari tombol lock dan unlock. Tetapi awalnya yakinkan semua pintu pada keadaan tertutup rapat, kemudian tombol lock unlock lock lock secara periodik. Maknanya tombol itu didesak dengan cepat dengan waktu interval yang serupa.

Untuk remote yang diperlengkapi dengan tombol dengan logo speaker, karena itu ada gabungan yang sedikit berlainan. Yang pertama kalinya dilaksanakan yaitu memastikan pintu tertutup rapat. Kemudian pencet tombol speaker dan tombol lock. Jika ada suara karena itu alarm mobil telah pada keadaan silent.

Baca Juga  Penyebab Kopling Selip : Tanda, Penyebab, Dan Perbaikan

Tetapi cara ini peluang gagal pada kendaraan type lain. Untuk memperjelasnya bisa menyaksikan pada buku panduan kendaraan.

cara mematikan alarm mobil

4. Menempatkan Kunci Contact ACC ON Secara Periodik

Pada beberapa keadaan, kadang sopir lupa menyimpan remote mobil atau lenyap. Lantas bagaimana cara mematikan alarm mobil tanpa remote?

Triknya mematikan alarm mobil tanpa remote sebagai berikut ini:

  • Masukkan kunci pada kunci contact
  • Menempatkan kunci contact dalam ON
  • Menukar status kunci contact dari ON ke ACC secara berulang-ulang dan stabil sekitar 10 kali.

Hal di atas akan menyebabkan sistem alarm disarm. Sesudah usai lakukan hal di atas karena itu alarm mobil akan berpijar dengan cepat selanjutnya mati. Disamping itu lampu hazard yang turut berkedip lama-lama akan turut mati.

cara mematikan alarm mobil

5. Melepaskan Fuse atau Sekering Alarm

Jika pada keadaan genting dan alarm masih tetap mengeluarkan bunyi karena itu cara hanya satu untuk menonaktifkan alarm mobil dengan melepaskan sumber saluran arus listrik yang mengucur ke module alarm. Untuk memutuskan saluran arus itu bisa dengan melepaskan fuse atau sekering alarm mobil.

Cara lainnya yakni melepaskan terminal positif baterei. Tetapi berhati-hati, pada beberapa macam mobil jika melepaskan terminal positif baterei secara sembarangan akan mengakibatkan ecu re-start dan mengakibatkan mobil sulit dinyalakan.

Di atas sebagai beberapa cara mematikan alarm mobil yang bisa dicoba jika alarm mobil alami permasalahan. Mudah-mudahan menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion