penyebab koil mati

Penyebab Koil Mati : 5 Faktor Dan Cara Memperbaiki

Penyebab Koil Mati – Koil pengapian dapat mati atau rusak selama jangka pemakaian tertentu. Koil pengapian yang mati dapat disebabkan oleh beberapa faktor atau penyebab. Lantas apa penyebab koil mati?

Koil adalah komponen pada proses pengapian mobil yang peranannya hidupkan tegangan tinggi sampai tercipta percikan bunga api pada busi.

Percikan ini betul-betul dibutuhkan mesin untuk memulai proses pembakaran bahan bakar. Biasanya, bila koil mati atau remuk, mobil akan brebet atau bahkan mati keseluruhnya.

Umumnya, penyebab koil mati adalah gulungan koil primer dan sekundernya putus. Bisa juga igniter-nya remuk. Untuk memperjelasnya berkaitan penyebab koil mati dan cara memperbaiki koil mati akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

penyebab koil mati

Penyebab Koil Mati

Dibawah ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab koil pengapian pada kendaraan mati yaitu:

1. Busi sudah remuk dan mati

Hal pertama sebagai penyebab koil mobil hancur atau mati adalah businya telah mati. Bukan diganti, busi mati ini justru masih tetap dipakai.

Pada akhirnya, koil akan ikut mati dan remuk. Walaupun sebetulnya, bila busi sudah mati, aliran tegangan tinggi yang seharusnya keluar komponen itu akan terhambat dan tertahan dalam koil sekunder.

Beberapa efek yang disebabkan dari kondisi itu adalah arus listrik akan mencari titik terlemah dari pelindungan koil sampai membuat bocor.

Kebocoran ini selalu akan menjalar sampai ke kabel busi dan penutupnya. Lalu, tegangan tinggi yang tertahan dalam gulungan koil sekunder akan munculkan panas di dalamnya dan menyebabkan koil mati.

penyebab koil mati

2. Kabel busi bocor

Pada kabel busi, ada insulator mempunyai bahan karet yang lama-lama akan rapuh atau getas karena umumnya terserang panas mesin terus menerus.

Bagian yang sudah rapuh ini, arus dan tegangan tinggi yang seharusnya memercik malah keluar badan kabel busi.

Pada akhirnya, terjadi kebocoran sebagai penyebab koil mobil mati. Anda harus memperhatikan perawatan mobil agar ini tidak mudah terjadi.

penyebab koil mati

3. Penggunaan busi yang tidak sesuai detil kendaraan

Berbeda mesin kendaraan, karenanya berbeda detil busi yang dibutuhkan. Terkadang mesin pada kendaraan membutuhkan busi dengan resistan di dalamnya (kode R pada busi), mesin dengan busi tanpa resistan, dan ada juga mesin dengan kepentingan busi type platinum atau iridium.

Baca Juga  Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek : 4 Ulasan

Saat Anda mengganti busi mobil, seharusnya memperhatikan detilnya agar komponen yang dimasukkan ke mesin sesuai sama kepentingan.

Karena, jika tidak sesuai, karenanya percikan api yang dibikin akan terlalu kecil atau bahkan tidak dapat memercikkan api. Ujungnya, kerja koil akan semakin berat sampai berefek remuk.

4. Usia pakai koil sudah lama

Penyebab koil mobil remuk bisa jadi karena usia menggunakannya sudah lewat. Hal ini dikarenakan koil merupakan salah satu komponen elektrikal mobil yang punya usia pakai hanya sampai 5 tahun.

Selanjutnya, koil akan mulai menunjukkan pertanda pengurangan peran seperti koil menjadi membesar, insulator penutup mulai rapuh, dan ada kebocoran.

Kerusakan-kerusakan ‘kecil’ seperti inilah yang menjadi penyebab koil makin cepat rusak atau mati. Karena itu, seharusnya Anda cek mobil kesayangan jika sudah lewat 5 tahun pemakaian.

penyebab koil mati

5. Kualitas koil jelek

Saat Anda memutuskan untuk mengganti koil yang sudah remuk dengan komponen baru, optimis mutunya benar-benar terbaik. Hal ini dapat menjadi penyebab koil mobil mati.

Karena, bila kualitas komponen alternative koil lama tidak sebagus yang awalannya (asli bawaan mobil dari pabrik), karenanya hal tersebut akan munculkan persoalan.

Koil yang kurang berkualitas biasanya akan gampang remuk dan mati. Barang KW yang usia menggunakannya lebih pendek dibandingkan barang asli.

Oleh karena itu, jika Anda mengganti koil, optimis hanya menggunakan Original Equipment Manufacturer (OEM) atau suku cadang asli pabrikan mobil.

Cara Memperbaiki Koil Mati

Cara memperbaiki koil mobil yang hancur memang tidak mudah dan bisa berpengaruh. Jika koil mobil sudah hancur, karenanya proses pengapian mobil tidak bisa jalan sempurna. Cara memperbaiki koil mobil yang hancur yakni:

Sebagai satu diantaranya segi dari proses kerja pengapian mesin, terhitung dengan busi dan tensioner, koil mempunyai peranan penting. Kalaupun ada kerusakan, tidak cuma bisa dikarenakan oleh satu hal saja, tapi ada beberapa faktor. Untuk lebih jelasnya, berikut cara memperbaiki koil mobil yang mati atau rusak:

cara memperbaiki koil mati

1. Koil Hancur Karena Panas

Koil yang ada di proses kerja pengapian mesin akan sering diserang panas. Itu adalah satu perihal wajar. Tapi saat koil sudah kerap diserang panas yang terlalu tinggi, karenanya tinggal menunggu waktu saja jadi remuk. Bunga api tidak ada dari busi atau koil jadi mati saat mesin sudah panas.

Baca Juga  Rem Cakram Seret : 3 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Apabila sudah ini, karenanya harus Anda harus mengkompres koil menggunakan lap basah. Cara ini bisa disebutkan paling mudah untuk dikerjakan dan terhitung sebagai penanganan sesaat. Tapi selanjutnya, semestinya sesegera cek mobil dengan kerjakan servis.

2. Koil Hancur Karena Listrik Bocor

Dalam koil ada aliran listrik yang disebut hal wajar. Tapi saat listrik jadi bocor, karenanya Anda harus cari info darimanakah sumbernya. Mobil bensin yang memiliki proses karburator dengan kabel busi panjang bisa mengalami persoalan ini.

Kabel busi bisa terputus sampai membuat api loncat dari koil ke body koil. Mengapa bisa begitu? Argument pokoknya adalah listrik tegangan tinggi yang dari koil mencari jalan singkat ke massa.

Cara lain untuk memperbaiki persoalan ini adalah tutup segi yang bocor dengan kerjakan isolasi menggunakan lem. Tentu lem ini harus yang kuat. Anda bisa pakai lem besi atau plastic steel.

Dengan menggunakan lem itu, karenanya mampu menghadang listrik tegangan tinggi naik ke koil. Anda juga bisa mengganti koil atau kabel cup businya jika kerusakannya sudah terhitung akut. Optimis cek busi mobil Anda terlebih dahulu dan optimis tidak ada persoalan dengan busi.

​​​​​​​3. Koil Hancur Karena Tidak Keluar Api di Busi

Koil yang hancur atau mati karena tidak api di busi biasa terjadi. Persoalan ini karena kontak penghubung antara kabel busi dengan koil memiliki kerak. Dengan timbulnya kerak ini, karena itu menghadang aliran listrik koil ke busi. Pada akhirannya api tidak keluar pada busi.

Apabila sudah ini, semestinya Anda sesegera mengganti koil sesegera. Apalagi jika kondisinya rengat. Lebih baik hindari pemakaian koil yang sudah rengat sampai tidak mampu bekerja dengan optimal. Dibandingkan Anda mendapat persoalan pada mobil saat digunakan.

Di atas ialah pembahasan berkaitan penyebab koil mati atau hancur dan cara memperbaiki koil mati. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Join the discussion