Mobil Susah Masuk Gigi Mundur: 4 Penyebab & Perbaikan

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Mobil Susah Masuk Gigi Mundur – Terkadang melakukan proses perpindahan gigi pada transmisi terutama mundur membutuhkan effort tersendiri. Hal ini dikarenakan beberapa pengendara mobil susah untuk masuk gigi mundur.

Salah satu masalah yang sering ada saat menyetir mobil manual adalah sulit untuk masuk pada percepatan gigi mundur. Sering saat sopir akan geser tuas ke status R, kerap berasa ada yang menjejal dan membuat gigi tidak dapat masuk.

Gigi mundur mobil sebagai salah satu tehnik yang perlu dikuasai untuk kalian pemula dalam berkendara mobil manual. Baik gigi mundur mobil matic dan gigi mundur mobil manual kalian harus harus menempatkan tuas persneling ke R (Reverse).

Reverse adalah nama gigi mundur mobil dalam lambang persneling. Untuk lebih jelasnya terkait mobil susah masuk gigi mundur baik penyebab maupun cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

mobil susah masuk gigi mundur

Mobil Susah Masuk Gigi Mundur

Mengalihkan gigi pada mobil termasuk gampang-gampang susah. Tetapi untuk kamu yang terlatih dengan kendaraan bertransmisi manual, hal itu bukan sebuah masalah.

Saat gigi mundur tidak dapat masuk, umumnya sopir akan cemas. Apa lagi jika keadaan itu terjadi di tengah-tengah jalan ramai. Berikut beberapa penyebab mobil susah masuk gigi mundur diantaranya yaitu:

1. Permasalahan oli transmisi

Umumnya penyebab pertama dari gigi mundur mobil susah masuk adalah oli transmisi yang lama tidak ditukar. Selain itu, salah pilih oli juga bisa mengakibatkan gigi mundur mobil susah masuk.

Kualitas oli transmisi yang buruk dapat membuat gigi mundur mobil susah masuk, geret, macet atau keras.

2. Master kopling masuk angin

Tidak cuma oli yang mengakibatkan macetnya gigi mundur mobil. Kadang gigi mobil susah masuk karena master kopling yang mengalami masuk angin. Tetapi, biasanya masalah ini dijumpai pada type hidrolik.

Dari konstruksinya, transmisi mobil manual tidak mempunyai elemen synchromesh, tetapi langsung di antara dua gigi yang bergesekan.

Karenanya perlu tindakan khusus saat proses peralihan transmisi gigi mundur mobil manual, bila masukkan gigi ke perseneling 1,2,3,4,5. Maka saat pengoperan perseneling tidak pas karena itu ditegaskan gigi mundur mobil tidak dapat masuk ke status R.

3. Oli transmisi telah lama tidak ditukar (pada mobil manual)

Penyebab lain gigi mundur susah masuk adalah oli transmisi yang telah lama tidak ditukar atau bisa saja karena salah tentukan oli. Oli transmisi pada mobil manual memang intern pergantiannya semakin lama dibanding mobil matic.

Baca Juga  Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi: 5 Faktor & Gejala

Tetapi bila kwalitasnya telah buruk, karena itu hal tersebut menjadi penyebab gigi mundur mobil susah masuk, keras, geret atau macet.

4. Kampas mobil habis

Penyebab terakhir dari mobil susah masuk gigi mundur adalah kampas kopling yang mulai habis. Keadaan kampas yang habis memengaruhi performa mesin yang tetap berputar-putar tanpa berhenti. Mengakibatkan, transmisi sulit tersambung hingga mobil susah masuk gigi mundur.

Cara Mengatasi Mobil Susah Masuk Gigi Mundur

Setelah mengetahui penyebabnya maka perlu diketahui pula cara mengatasinya. Cara awal yang termudah untuk mengatasi susah masuk gigi mundur adalah dengan tekan pedal kopling kembali. Cara mengatasinya sebagai berikut:

  1. Statuskan tuas transmisi pada posisi netral
  2. Pijak kembali pedal kopling sampai full (penuh)
  3. Geser tuas kembali lagi ke gigi mundur sampai kedengar klek bertanda gigi mundur telah masuk.
  4. Ulang satu kali lagi di cara no 1 bila tuas masih susah masuk gigi mundur.

Langkah awal ini biasanya cukup efisien untuk mengatasi mobil sulit masuk gigi mundur, tetapi bila cara di atas tetap tidak dapat melakukan proses seperti berikut:

  1. Pijak pedal kopling sampai penuh dan masukan transmisi ke gigi 1, diamkan mobil sedikit bekerja maju, stop mobil,
  2. Lalu balikkan tuas ke status netral
  3. Pijak pedal rem kuat-kuat supaya mobil betul-betul dalam status stop
  4. Kembali Pijak pedal kopling sampai full (penuh)
  5. Geser tuas masuk ke status gigi mundur.

Biasanya, dua cara di atas dapat mengatasi mobil sulit masuk gigi mundur. Tetapi, jika masalah ini selalu berulang-ulang dan anda selalu kesusahan untuk masuk gigi mundur, ada peluang mekanisme kopling dan transmisi mobil anda memiliki masalah.

Mobil Dengan Gigi Mundur Yang Berbeda

Harus dipahami , pada beberapa mobil pabrikasi Eropa mode transmisi gigi mundur ke depan memang menjadi ciri-ciri uniknya.

Berlainan dengan customer otomotif yang sejauh ini memakai mode MPV khususnya produk jepang, status gigi mundur umumnya ada pada segi kanan bawah, pas pada status bersimpangan gigi lima.

Baca Juga  Cara Meluruskan Stir Mobil: 2 Prosedur Dan Ulasan

Tetapi sekarang, mobil Jepang juga telah menggunakan mode cincin untuk masukkan gigi mundurnya. Tentu saja bukan Avanza, karena penyebab gigi mundur avanza susah masuk dapat kalian dapatkan artikelnya di atas. Lalu mobil apa yang mempunyai transmisi manual yang lain?

1. Toyota Sienta

Toyota Sienta yang ditawarkan di Indonesia punyai opsi transmisi manual dengan 6 pemercepatan dan CVT (continuously variable transmission) 7-speed sport sequential shiftmatic.

Nach, biasanya transmisi manual cuma mempunyai lima pemercepatan dengan gigi mundur (R) ke sudut kanan bawah pas di bawah gigi ke-5, dengan opsi kanan bawah jadi gigi enam.

Lantas bagaimanakah dengan gigi mundur? Cara gigi mundur mobil manual Sienta yaitu, status transmisi R di sudut atas kiri, samping gigi kesatu. Di bagian tuas transmisi, ada ring atau seperti cincin warna seirama. Kemudian, ambil cincin ke atas. Selanjutnya geser tuas arah ke kiri sampai mentok dan tujukan ke ujung atas. Dan mobil itu dapat mundur.

2. Chevrolet Spin

Seterusnya ada mobil pabrikasi Amerika yang memakai tuas gigi ala-ala mobil Eropa. Transmisi mundur pada mobil Chevrolet Spin LTZ manual ada di samping kiri depan, bukan samping kanan belakang.

Hampir serupa dengan mobil Toyota Sienta, saat ingin mengundurkan mobil, harus menarik cincin pengaman di tuas transmisi lebih dulu sekalian dipindah ke gigi mundur.

3. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander mempunyai status gigi mundur atau reverse di atas kiri. Hingga untuk masukkan gigi mundur itu, sopir harus menarik cincin yang ada di bawah knob transmisi ke atas lalu tujukan tuas ke status paling kiri untuk selanjutnya tujukan maju di depan.

4. Kia Rio

Mobil ini juga sama, cara memakai gigi mundurnya dengan ambil cincin ke atas, selanjutnya geser tuas arah ke kiri sampai mentok dan tujukan ke ujung atas kiri.

Cincin pengaman itu sebetulnya berperan membuat perlindungan sopir supaya tidak canggung saat harus mengoperkan ke gigi rendah, hingga tuas gigi akan berpindah ke gigi mundur cuma bila cincin pengamannya diambil.

Diatas adalah ulasan terkait mobil susah masuk gigi mundur baik penyebab maupun cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -