Pindah Gigi Bunyi Krek Pada Motor: 3 Penyebab & Perbaikan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Pindah Gigi Bunyi Krek Pada Motor – Dalam penggunannya terkadang akan timbul suara atau bunyi terutama ketika pindah gigi. Saat ganti gigi percepatan terkadang timbul bunyi krek pada motor.

Hal ini umum terjadi jika saat mengganti gigi persneling perputaran mesin masih tingg. Selain itu tuas belum full diambil tetapi kaki telah lebih dulu menginjak persneling.

Suara kasar itu ada karena saat operkan gigi pada gear persneling dalam bak mesin masih juga dalam keadaan berputar-putar ikuti gear yang lain, hingga pada saat gigi beralih cukup di paksakan dan memunculkan bunyi kasar.

Untuk lebih jelasnya terkait pindah gigi bunyi krek pada motor baik penyebab dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

pindah gigi bunyi krek pada motor

Pindah Gigi Bunyi Krek Pada Motor

Terdapat beberapa penyebab munculnya bunyi krek pada motor saat ganti gigi percepatan. Penyebabnya diantaranya yaitu:

1. Setelan kopling

Penyebab pindah gigi bunyi yang pertama yaitu setelan kopling. Berasa cukup sulit saat beralih gigi dapat disebabkan oleh tanda-tanda mekanisme kopling memiliki masalah. Ini biasa dicoba dengan lakukan geprekelan gerak bebas pedal kopling. Tapi terkadang harus dilaksanakan pergantian pelat penekan, pelat kopling dan release bearing sekalian. check keadaan kabel kopling.

2. Synchromesh aus

Penyebab sulit masuk gigi atau ada suara yang ada saat gigi masuk, terbanyak terjadi karena kerusakan pada hub assy, syncrome, atau pada ring syncromesh-nya.

Baca Juga  Efek Setelan Angin Kegedean: 3 Akibat Dan Penyetelan

3. Kerusakan proses kopling

Semua elemen berada di dalam transmisi, nach jika sulit masuk atau bunyi krek saat pindah gigi, memiliki arti kerusakannya ada pada sisi gigi. Jalan keluar salah satu transmisi harus di-overhaul. Sekaligus check keadaan disk clutch, cover assy clutch dan bearing clutch releasenya.

Cara Mengatasi Bunyi Krek Saat Ganti Gigi

Cara mengatasi bunyi saat pindah gigi sebenarnya disesuaikan dengan penyebabnya. Proses perbaikan bunyi saat pindah gigi yang paling mudah yaitu memperbaiki setelan kopling motor.

Sementara itu apabila sudah dilakukan penyetelan kopling tapi tetap sama saja maka perlu dilakukan pembongkaran dan pengecekan lebih lanjut. Hal ini termasuk pengecekan pada mekanisme transmisi dan kopling motor.

Diatas adalah ulasan terkait pindah gigi bunyi krek pada motor baik penyebab dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -