Kick Starter Bunyi Krek: 5 Penyebab Dan Perbaikan

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kick Starter Bunyi Krek – Terdapat berbagai macam kerusakan pada mekanisme starter termasuk kick starter. Lalu apa saja penyebab kick starter bunyi krek? Dan bagaimana cara memperbaikinya?

Kick starter adalah suatu alat yang digunakan untuk memulai mesin motor dengan cara menendangnya. Kick starter terdiri dari sebuah roda gigi yang terhubung ke crankshaft (poros engkol) mesin motor, sebuah pedal yang terhubung ke roda gigi tersebut, dan sebuah sistem starter yang terhubung ke baterai.

Untuk menggunakan kick starter, Anda harus menendang pedalnya dengan kaki, sehingga roda gigi akan berputar dan memutar crankshaft. Crankshaft akan menggerakkan piston-piston di dalam silinder, sehingga mesin motor akan mulai bekerja.

Tanpa adanya kick starter tentu akan menjadi masalah pada kendaraan terutama yang mekanisme starter hanya menggunakan sistem ini. Untuk lebih jelasnya terkait kick starter bunyi krek baik penyebab dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kick starter bunyi krek

Kick Starter Bunyi Krek

Tentunya terdapat berbagai faktor penyebab kerusakan pada mekanisme kick starter. Kick starter muncul suara krek dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Kerusakan pada roda gigi kick starter

Roda gigi kick starter yang rusak dapat menyebabkan suara krek ketika digunakan.

2. Kekurangan pelumas

Jika tidak cukup pelumas pada roda gigi kick starter, maka akan terjadi gesekan yang menyebabkan suara krek.

Baca Juga  Cara Meluruskan Stir Mobil: 2 Prosedur Dan Ulasan

3. Karburator yang kotor

Karburator yang kotor dapat menyebabkan motor tidak berjalan dengan lancar, sehingga kick starter harus bekerja lebih keras untuk memulai mesin.

4. Sistem starter yang rusak

Jika terdapat kerusakan pada sistem starter, maka kick starter akan sulit untuk digunakan dan dapat menyebabkan suara krek.

5. Motor yang terlalu tua

Motor yang sudah terlalu tua dapat mengalami kerusakan pada bagian-bagiannya, termasuk pada sistem starter. Hal ini dapat menyebabkan kick starter sulit digunakan dan bunyi krek.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengecek dan memperbaiki kerusakan pada roda gigi kick starter, mengecek tingkat pelumas pada roda gigi, membersihkan karburator, memeriksa sistem starter, atau bahkan mempertimbangkan untuk mengganti motor yang sudah terlalu tua. Jika Anda tidak yakin tentang cara menangani masalah ini, sebaiknya Anda menghubungi mekanik yang berpengalaman untuk membantu Anda mengatasinya.

Cara Memperbaiki Kick Starter Bunyi Krek

Untuk memperbaiki kick starter muncul suara krek, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut ini:

  1. Bersihkan roda gigi kick starter. Anda dapat membersihkan roda gigi kick starter dengan menggunakan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sana. Kemudian, lap roda gigi tersebut dengan lap kering untuk menghilangkan sisa-sisa sabun.
  2. Tambahkan pelumas. Jika terdapat kekurangan pelumas pada roda gigi kick starter, maka Anda dapat menambahkan pelumas untuk mengurangi gesekan yang terjadi saat kick starter digunakan.
  3. Membersihkan karburator. Karburator yang kotor dapat menyebabkan suara krek pada saat kick starter digunakan. Sebaiknya membersihkan karburator dengan cara yang tepat agar dapat bekerja dengan lancar.
  4. Periksa sistem starter. Jika terdapat kerusakan pada sistem starter, maka Anda perlu memperbaikinya agar kick starter dapat bekerja dengan baik.
  5. Ganti motor yang terlalu tua: Jika motor sudah terlalu tua dan telah mengalami banyak kerusakan, maka Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggantinya dengan motor yang lebih baru.
Baca Juga  Rem Cakram Seret : 3 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jika Anda tidak yakin tentang cara memperbaiki masalah ini, sebaiknya Anda menghubungi mekanik yang berpengalaman untuk membantu Anda mengatasinya.

Diatas adalah ulasan terkait kick starter bunyi krek baik penyebab dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.