Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi: Ciri Dan 4 Penyebab

Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi – Keadaan rem tangan mobil yang kurang pakem, pasti dapat memunculkan permasalahan yang fatal. Lalu apa saja penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi?

Rem tangan sebagai salah satunya mekanisme pengereman pada mobil yang berfungsi sebagai penahan pergerakan mobil di medan miring, naik sampai jalan turun. Itu penyebabnya rem tangan perlu perhatian lebih untuk keselamatan dalam berkendaraan.

Ada beragam penyebab rem tangan mobil kurang pakem yang penting kenali. Apa lagi rem tangan jadi sisi penting dari mekanisme kerja mobil yang perlu selalu pada keadaan sempurna.

Janganlah sampai ada kerusakan atau permasalahan yang muncul saat sedang berkendaraan. Untuk lebih jelasnya terkait rem tangan mobil tidak berfungsi baik penyebab maupun ciri cirinya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

rem tangan mobil tidak berfungsi

Ciri Ciri Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Sebelum berkendara, sebaiknya jika memeriksa kondisi rem tangan masih dalam keadaan prima atau tidak. Sebenarnya cukup mudah mengenali tanda rem tangan kurang pakem tidak perlu membedahnya. Berikut sejumlah ciri rem tangan mobil yang kurang pakem:

1. Saksikan suara klik saat tuas diambil

Sahabat perlu memerhatikan jumlah klik yang keluar setelah tuas diambil. Cara ini dapat digunakan pada rem tangan tipe stik. Settingan rem tangan type ini pada umumnya punya standar dengan keluaran lima sampai tujuh klik saat tuas diambil. Jika lebih dari itu, karenanya sesegera kunjungi bengkel terdekat untuk memeriksa kondisi rem tangan.

Baca Juga  Efek Thermostat Radiator Dilepas: 4 Akibat Dan Ulasan

2. Tarikan dan lepasan tuas terlalu keras

Kemungkinan kondisi itu dikarenakan oleh kampas rem yang sudah aus atau tipis. Penyebab lain rem tangan mobil tidak pakem adalah kondisi tuas, kabel atau slim rem yang tersumbat. Tidak cuman saat diambil, kondisi rem yang kotor atau tersumbat juga bisa membuat tuas terasa berat saat dilepaskan.

Sesegera bawa mobil untuk dikerjakan pengujian seterusnya. Karena bila didiamkan dampaknya fatal karena rem tangan tidak bisa bekerja maksimal untuk amankan gerakan mobil di jalan tanjakan. Menyebabkan, mobil bisa terjun bebas dan menabrak mobil lainnya berdi belakang.

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Keseluruhan ada empat penyebab rem tangan mobil tidak bisa berfungsi secara normal. Masing-masing permasalahan ini perlu Anda kenali agar bila ada permasalahan pada rem tangan, karena itu bisa coba pahami persoalan awalannya.

1. Tidak Dapat Dikembalikan Sesudah Ditarik

Pemakaian rem tangan mobil sangat gampang. Anda perlu menariknya ke bawah untuk melepas peranan rem tangan. Untuk peranan kebalikannya, yakni memakai peranan rem tangan, karena itu perlu menariknya ke atas.

Tetapi bagaimana bila mendadak rem tangan tidak berfungsi berbentuk tidak dapat dibalikkan sesudah diambil? Karenanya adalah salah satunya permasalahan dari rem tangan yang bisa ada. Hal ini bisa membuat tiap pengendara cemas. Tetapi Anda tetap harus tenang.

2. Terlampau Kuat Menarik Rem Tangan

Saat Anda terlampau kuat menarik rem tangan secara terus-terusan dalam tiap peluang pemakaian elemen ini, karena itu bisa mengakibatkan permasalahan pada masa datang. Ini muncul karena tuas rem tangan bisa melewati tingkat batasan gerigi didalamnya.

Baca Juga  Cara Mengeluarkan Air Wiper Depan: 5 Prosedur

Anda benar-benar dianjurkan untuk menarik rem tangan dengan perlahan-lahan supaya penyebab kerusakan ini tidak terjadi seiring waktu berjalan. Lebih bagus terhindar dari awalnya dibanding menanti elemen ini hancur, kan?

3. Lupa Turunkan Rem Tangan

Dalam berkendaraan, tentu ada-ada saja beberapa hal yang Anda lupakan. Terhitung lupa turunkan rem tangan. Jelas sudah ini benar-benar dilarang. Saat rem tangan aktif tetapi mobil dipaksakan bekerja maju karena lupa turunkan rem tangan, karena itu bisa menghancurkan performa elemen ini. Itu kenapa bisa jadi rem tangan mobil Anda kurang pakem saat ini Anda kerjakan.

Janganlah sampai Anda lupa turunkan rem tangan dibanding muncul permasalahan pada mobil kecintaan.

4. Menarik Rem Tangan Saat Mobil Masih Jalan

Pernah menyaksikan tindakan rider yang lakukan pertunjukan drift dengan mobilnya? Untuk dapat lakukan pertunjukan itu, karena itu si rider memicu mobilnya, lalu menarik rem tangan supaya ban terkunci dalam beberapa menit. Tetapi tindakan ini benar-benar tidak disarankan untuk Anda yang memakai mobil dengan detail standard.

Selainnya bisa menghancurkan keadaan mobil, terhitung rem tangan hancur, sudah pasti benar-benar mencelakakan keselamatan Anda. Maka dari itu, jangan sampai menarik rem tangan saat mobil sedang berjalan

Diatas adalah ulasan terkait rem tangan mobil tidak berfungsi baik ciri maupun penyebab. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -