cara kerja wiper

Apa itu Wiper : Fungsi, Komponen, & Cara Kerja

Apa Itu Wiper – Dalam kendaraan mobil ada komponen kelistrikan yang penting untuk mendukung perform mobil itu, yakni sistem wiper. Lalu apa itu wiper? Apa saja komponennya? Dan Bagaimana cara kerjanya?

Wiper mobil memiliki komponen yang sama-sama terkait, salah satunya battery, fuse, relay, kabel penyambung, dan sakelar gabungan. Semua komponen itu jadi satu kesatuan Wiper yang memberikan dukungan fungsi mobil sebagai fasilitas transportasi.

Untuk lebih jelasnya terkait apa itu sistem wiper, baik pengertian, komponen, dan cara kerja akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Apa Itu Wiper ?

Apa itu wiper? Wiper atau Windshield sistem sebuah proses dalam kendaraan mobil yang memiliki fungsi untuk menyeka kaca depan dan membersihkanya dari air atau embun. Komponen ini penting khususnya saat mobil berkendaraan di tengah-tengah hujan. Ataupun waktu pagi hari dan masih berembun dan berkabut.

Wiper berperan untuk bersihkan kaca mobil pada bagian depan dan belakang, walau tidak seluruhnya mobil terpasang wiper ada di belakang. Pembersihan yang sudah dilakukan oleh wiper dapat hilangkan minyak, debu, air hujan dan kotoran yang melekat di bagian kaca mobil.

Jika tidak ada wiper, pasti air hujan yang membasahi kaca akan mengembun dan keadaan kaca jadi tidak terang. Tidak itu saja, kotoran yang melekat pada kaca mobil dalam waktu lama dan terendap, pasti benar-benar susah di hilangkan. Kotoran yang didiamkan, pasti membuat penglihatan sopir terhambat dan ini membuat resiko kecelakaan sangat besar.

Tidak cuman masalah wiper, tetapi ada pula washer yang paling menolong performa dari wiper. Washer akan menyemprot atau keluarkan cairan pencuci pada kaca mobil, hingga beragam kotoran yang melekat pada kaca mobil lebih gampang untuk di hilangkan. Sistem ini dapat terpasang pada bagian depan mobil atau pada bagian belakang.

Washer juga memudahkan kerja pemilik mobil, karena tak perlu bersihkan kaca mobil lewat cara manual. Sistem ini juga memudahkan performa dari wiper dan hasil pengusapan akan lebih bersih. Washer umumnya dibuat dari cairan khusus yang banyak dipasarkan di beberapa bengkel mobil. Tidak sekedar hanya bersihkan kotoran, washer bisa juga menahan hadirnya kembali kotoran di kaca mobil.

Karena ada wiper, pengendara dapat menyaksikan jalan secara jelas. Hingga memberinya kenyamanan sepanjang berkendaraan. Sekalian mempertingkat keamanan mobil dari keadaan jalan dan sekitaran yang mencelakakan. Wiper berguna juga untuk jaga penampilan mobil untuk selalu bersih, menarik dan siap dipakai.

apa itu wiper

Komponen Wiper Mobil

Wiper pada mobil memiliki lima komponen dengan perannya masing-masing, yakni:

Baca Juga  Fungsi, Bagian, Dan Cara Menggunakan Hydrometer

1. Wiper Blade

Wiper blade juga dikenal dengan pedang wiper karena memiliki bentuk yang serupa dengan pedang, komponen ini berperan untuk menebas air yang melekat pada kaca depan mobil. Hingga panorama pengendara dapat semakin terang dan aman.

Dalam wiper blade ini ada dua sisi yang penting yakni karet dan frame. Karet berperan untuk bersihkan embun dan air yang melekat pada kaca. Sedang frame berperan sebagai tempat menempelnya karet atau kerangka wiper. Saat menyeka air pada permukaan kaca, wiper akan bolak-balik dengan teratur dengan karet plastis pada frame itu.

komponen wiper

2. Wiper Arm

Wiper mobil terbaik tentu memiliki wiper arm yang disebut sisi yang ada di bawah wiper blade. Komponen ini berperan sebagai lengan atau arm yang menyambungkan sisi pendorong wiper dengan wiper blade. Hingga frame karet dapat bergerak secara aktif saat bersihkan air atau embun.

Wiper arm berperan untuk pastikan wiper blade melekat pada kaca secara baik. Dalam komponen ini ada pegas yang dipakai untuk memberinya penekanan pada wiper blade. Hingga proses pembersihan air lebih rata dan lengkap.

komponen wiper

3. Wiper Link Mechanism

Wiper memerlukan proses pendorong wiper untuk mengganti pergerakan bolak-balik. Dengan komponen ini, wiper dapat bekerja lebih optimal dan memberikan dukungan sisi di atasnya yakni wiper blade dan arm. Dalam komponen ini ada bagian-bagian yakni:

komponen wiper

a. Connecting rod

Sisi ini berperan untuk menyambungkan pergerakan ke lengan wiper yang dari crank rod.

b. Crank rod

Crank rod sebagai sisi dalam wiper yang berperan untuk mengganti pergerakan perputaran jadi bolak-balik.

c. Wiper short arm

Short arm sebagai sisi lengan wiper yang pendek dalam proses wiper. Di mana pada ujung lengan itu ada baut dan pada ujung satunya ada engsel.

d. Pivot arm

Sisi dalam proses wiper yakni pivot arm yang berperan sebagai kutub lengan wiper. Hingga komponen lain dapat bergerak secara bolak-balik dan teratur.

e. Wiper link

Seterusnya ada tangkai yang menyambungkan lengan pendek kanan dan kiri supaya wiper dapat bergerak bersama.

4. Wiper Motor

Wiper motor sebagai komponen yang berperan untuk mengganti energi listrik jadi energi putar. Hingga dari komponen ini sumber tenaga wiper ada dan bekerja dengan optimal. Wiper memakai motor listrik DC dengan proses reduksi perputaran motor yang sedikit berlainan.

Pada kutub wiper ada worm gear yang berperan untuk mereduksi perputaran motor supaya lebih lamban. Karena ada komponen itu, wiper masih tetap bergerak rileks walau kecepatan mobil tinggi. karena reduksi perputaran menggerakan lengan wiper secara teratur dan tidak dikuasai oleh kecepatan mobil.

Baca Juga  Sistem Pengisian : Pengertian, Komponen, & Cara Kerja

komponen wiper

5. Wiper Electricity Kontrol

Komponen paling akhir yang ada pada wiper ialah electricity kontrol atau sisi kelistrikannya. Tanpa rangkaian listrik, wiper tidak dapat bekerja yang baik bahkan juga mati. Karena energi yang dipakai mengganti energi listrik jadi gerak. Rangkaian listrik itu termasuk sulit karena memiliki satu sakelar dengan kecepatan yang lain

Beberapa komponen yang ada di bagian pengatur kelistrikan wiper ialah ;

  • Battery, untuk sumber listrik untuk menggerakan motor wiper.
  • Sakelar gabungan, berperan untuk aktifkan sistem wiper sesuai model kecepatan yang diinginkan.
  • Fuse, berperan sebagai pengaman komponen kelistrikan dari kenaikan arus besar.
  • Relay, berperan untuk memperantai listrik dari battery supaya bisa masuk langsung ke motor tanpa berputar lebih jauh.
  • Kabel penyambung, berperan sebagai penyalur listrik ditiap komponen.

Cara Kerja Sistem Wiper

Cara kerja sistem wiper hanya seperti sapu. Untuk menyeka atau sapu atau bersihkan air pada kaca depan (glass windshield) saat hujan, sistem wiper diperlengkapi dengan komponen yang disebutkan blade yang mempunyai bahan seperti karet yang sanggup menyeka atau sapu air hujan pada permukaan kaca. Untuk memberikan dukungan kerja gerakan wiper blade yang bolak-balik karena itu sebuah sistem wiper diperlengkapi dengan sebuah proses wiper yang memiliki cara kerja menggunakan motor listrik.

Proses itu manfaatkan sumber tenaga putar dari sebuah motor listrik, motor listrik atau motor wiper ini akan mengganti energi listrik dari battery jadi energi gerak berbentuk gerak putar. Supaya pergerakan ini bisa diganti jadi gerak bolak-balik wiper blade, karena itu diaplikasikanlah sebuah proses wiper.

Proses wiper memakai sebuah crank rod yang bakal mengganti pergerakan putar motor wiper jadi pergerakan mundur-maju atau bolak-balik pada wiper blade. Untuk membagikan pergerakan mundur-maju ini karena itu dibuatlah rangkaian wiper link yang bakal menyambungkan crank rod dengan ke-2 wiper arm.

Cara kerja sistem wiper pada mobil umumnya ada 3 model pada sakelarnya yakni model intermitten, model low speed, dan model high speed, berikut keterangan ke-3 model itu:

cara kerja wiper

1. Model low speed

Pada model ini wiper akan bergerak dengan kecepatan rendah.

2. Model high speed

Di saat ini wiper bergerak dalam kecepatan tinggi.

3. Model intermitten

Pada model ini wiper cuman bergerak satu barangkali dengan jeda waktu tertentu (umumnya intermitten ini dipakai saat hujan gerimis).

Diatas adalah ulasan terkait apa itu wiper, fungsi sistem wiper, komponen, dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion