Penyebab Blower AC Mobil Mati: 7 Faktor Dan Perbaikan

Penyebab Blower AC Mobil Mati – Terdapat berbagai permasalahan yang muncul pada sistem ac, salah satunya yaitu blower ac mobil mati. Hal ini tentu akan membuat jengkel, apalagi ketika cuaca panas dan macet namun sistem ac tidak dapat dinyalakan. Lalu apa saja penyebab blower ac mobil mati? Bagaimana cara memperbaiki blower ac mobil mati?

Blower AC adalah elemen yang bermanfaat untuk mengembuskan udara dari evaporator ke kabin, hingga mobil berasa lebih sejuk. Angin yang keluar lewat lubang horizontal AC mobil datang dari blower, jadi dapat disebutkan jika elemen ini penting dan dipandang sebagai yang paling penting.

Perputaran udara jadi tidak lancar jika blower AC mati, hingga harus membuka jendela supaya ada angin yang masuk. Tentu saja, tidak nyaman jika udara di luar mobil panas, kan? Untuk lebih jelasnya terkait penyebab blower ac mobil mati dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab blower ac mobil mati

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Seperti yang sudah disebut, blower sebagai salah satunya elemen paling penting pada mobil. Jika blower mati, pasti kondisi dalam kabin akan sangat terasa panas bila kaca jendela tidak dibuka. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab blower ac mobil mati yaitu:

1. Resistor Blower Terputus

Penyebab blower ac mobil mati yang pertama adalah putusnya resistor. Perlu Anda kenali juga jika resistor sebagai formasi tahanan listrik. Kecil besarnya resistor benar-benar memengaruhi kecepatan pemutaran blower.

Bila listrik yang ke arah blower melalui resistor itu besar, karena itu perputaran blower akan menjadi kecil dan saat listrik yang mengucur melalui resistor itu kecil, blower malah akan berputar-putar makin cepat.

Nach jika resistor itu terputus, pasti arus listrik yang ke arah blower ikut juga putus. Hal tersebut muncul karena listrik yang ke arah blower awalnya harus melalui resistor . Maka saat resistor terputus, blower tidak bisa berputar-putar.

2. Relay Blower Rusak

Penyebab blower ac mobil mati bisa juga dikarenakan oleh kerusakan relay. Relay sebagai elemen yang pisahkan penggunaan listrik memiliki daya besar dan kecil.

Maksudnya adalah untuk memperhitungkan kerusakan sakelar karena dilalui oleh arus listrik memiliki daya besar. Jika relay rusak saat sakelar diaktifkan, arus listrik yang mengucur ke sisi motor blower akan terputus. Dengan begitu, blower tidak kemungkinan berputar-putar karena tidak ada saluran listrik.

3. Motor Blower Rusak

Penyebab blower AC mobil mati yang seterusnya adalah motor blower alami kerusakan. Blower sebenarnya sebagai kipas elektrik. Kipas itu akan bekerja bila dilakukan oleh elemen dinamo. Dinamo tersebut berperan mengganti energi listrik ke energi putar.

Baca Juga  Penyebab Asap Knalpot Pedih di Mata: 8 Faktor & Ulasan

Dengan begitu, jika dinamo atau motor blower itu alami kerusakan, blower automatis akan mati dan tidak ingin berputar-putar. Dalam motor blower itu ada tiga sisi, yaitu carbon brush, kumparan dan magnet.

Kumparan dan carbon crush sebagai sisi motor yang paling dicemaskan alami kerusakan. Bila ke-2 sisi itu rusak, blower AC juga turut rusak. Beberapa blower kemungkinan perlu ditukar brushnya saja, tetapi beberapa blower yang lain perlu ditukar keseluruhannya.

4. Sakelar Blower Rusak

Sakelar sebagai alat yang dipakai untuk aktifkan dan menonaktifkan AC. Komponen ini biasanya terbagi dalam tingkatan-tingkatan atau speed . Maka, sakelar blower berlainan dengan sakelar secara umum yang cuma ada tombol ON dan OFF saja.

Sakelar blower umumnya berada di sisi tengah kabin mobil. Tombol itu dilambangkan dengan wujud kipas. Nach, bila Anda merasakan blower mobil rusak, bisa saja karena ada kerusakan yang terjadi di bagian sakelarnya.

Kerusakan pada sakelar sebetulnya jarang terjadi, tetapi tidak berarti tidak mungkin. Jika blower tidak ingin berputar-putar, coba periksa lebih dulu di bagian sakelar. Siapa tahu tidak berputar-putarnya blower karena sakelarnya rusak. Hal ini dapat juga menjadi faktor penyebab blower ac mobil mati.

5. Sekring Blower Terputus

Penyebab blower ac mobil mendadak mati yang paling biasa terjadi adalah karena sekringnya terputus. Sekring umumnya berada pada bagian kotak sekring yang ada dalam mesin. Peranan khusus dari sekring itu adalah amankan arus listrik yang mengucur ke blower supaya tidak alami konslet.

Walau sering jadi penyebab umum matinya blower, terputusnya sekring tidak dapat disepelekan. Sekring benar-benar berperanan penting dalam memblok saluran listrik yang dipandang terlampau besar . Maka, jika sekring terputus bisa saja karena ada kenaikan arus yang terlalu berlebih.

Bila hal itu terjadi jangan sampai didiamkan dalam waktu yang lama. Bila Anda dapat mengatasinya sendiri, selekasnya tukar sekring itu sama yang baru. Namun, bila selanjutnya blower tetap tidak ingin berputar-putar, kemungkinan ada korsleting pada listrik yang mengucur ke blower.

Lebih bagus Anda membawa ke bengkel paling dekat supaya selekasnya memperoleh pengatasan dari tenaga professional. Jangan memaksakan mengatasinya sendiri agar tidak memunculkan kerusakan yang makin kronis.

Baca Juga  Ciri MAP Sensor Rusak : 10 Gejala Dan Ulasannya

6. Kelistrikan Putus

Disamping itu kelistrikan blower yang putus bisa menjadi salah satunya faktor penyebab blower ac mobil mati. Kabel yang putus atau connector yang tidak terhubung secara baik, karena itu saluran listrik tidaklah sampai ke unit blower hingga blower tidak ingin berputar-putar.

7. Konsleting listrik

Penyebab paling akhir blower ac mobil mati adalah konsleting listrik. Berlangsungnya konsleting terjadi karena arus listrik plus berjumpa dengan ground langsung tanpa lewat beban. Mengakibatkan saluran listrik ke blower terputus.

Cara Memperbaiki Blower AC Mobil Mati

Setelah mengetahui berbagai penyebab blower ac mobil mati juga perlu diketahui pula bagaimana cara memperbaikinya. Agar keadaan mobil masih tetap pada kondisi sempurna, pemilik harus lakukan perawatan dengan teratur. Namun, ada rutinitas kurang pas yang sudah dilakukan oleh pemilik mobil sampai membuat kendaraannya berkesan tidak terurus.

Rutinitas itu adalah sering lupa jika AC perlu dirawat. Umumnya perawatan cuma dilaksanakan pada mesin saja tanpa memerhatikan sisi AC. Walau sebenarnya, AC sebagai elemen paling penting pada mobil. Cara memperbaiki blower ac mobil mati yaitu:

  1. Dengan tidak terurusnya AC, seiring waktu berjalan akan memengaruhi performa elemen lain. Satu diantaranya berkaitan blower AC mobil yang mendadak tidak ingin berputar-putar. Permasalahan yang umum terjadi pada bagian blower salah satunya kipas dan motor dinamo kotor.
  2. Debu-debu atau kotoran yang melekat di bagian dinamo dan kipas itu menyebabkan motor dinamo bekerja lebih berat.
  3. AC juga akan keluarkan wewangian yang kurang lezat. Jika hal itu terjadi, Anda harus selekasnya membawa ke bengkel untuk diservis.
  4. Tetapi jika kondisi terlampau menekan dan yang kotor adalah sisi kipasnya, Anda dapat menyemprotkan sisi itu memakai angin bertekanan tinggi. Kemudian, bersihkan daun kipas sampai debu atau kotoran yang melekat lenyap.
  5. Pasang lagi daun kipas seperti yang lalu dan coba nyalakan blower AC Anda. Bila rupanya blower tetap saja tidak ingin berpijar, kerusakan memiliki arti berada di sisi dalam dengan jenjang yang cukup serius.
  6. Pada kondisi semacam itu, Anda wajib melakukan pergantian blower sama yang baru.
  7. Berlainan dengan mobil keluaran lama yang perlu menukar sisi yang memiliki masalah saja, mobil keluaran terkini harus ditukar keseluruhannya atau satu set.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab blower ac mobil mati dan cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.