Fungsi Air Radiator Mobil : Peran, Jenis, Dan Cara Kerja

fungsi air radiator mobil

Fungsi Air Radiator Mobil – Fungsi air radiator mobil sebagai elemen mekanisme pendingin mesin mobil. Mekanisme pendingin berperan sebagai penstabil temperatur mesin mobil yang lakukan pembakaran supaya tidak overheat. Lalu apa saja fungsi air radiator mobil?

Radiator sendiri sebagai elemen khusus yang menggenggam peranan penting. Disini radiator mobil bekerja, yakni memantapkan temperatur dengan cara mempernyerap temperatur panas dari mesin. Hal ini sangat bergantung pada air radiator pada mobil

Untuk lebih jelasnya pada artikel berikut ini akan diulas terkait fungsi air radiator mobil. Berikut ulasannya.

fungsi air radiator mobil

Fungsi Air Radiator Mobil

Sesudah ketahui kenyataannya, Anda pun harus ketahui fungsi air radiator mobil baik secara general atau secara eksklusif. Air radiator pada mobil dipakai sebagai pendingin mesin supaya tidak mengalami overheat.

Perannya sebagai penjaga suhu atau temperatur mesin supaya masih tetap maksimal. Senyawa kimia yang ada di dalamnya berperan sebagai perlindungan di bagian mekanisme pendingin. Dibuat kombinasi dua bahan khusus, air radiator bisa menahan logam didalamnya terbebas dari korosi.

Air radiator pada mobil juga dipakai untuk jaga karet supaya masih tetap lentur dan tidak cepat alami pemuaian yang dapat mengakibatkan jadi kaku.

Memantapkan keadaan elemen kendaraan perlu dilaksanakan, apa lagi untuk tipe beroda 4.  Masalahnya mesin pada kendaraan ini sering mengalami overheating atau peningkatan temperatur bila dihidupkan terus-terusan.

Baca Juga  Counter Gear Berfungsi: Peran Dan Ulasan

Jenis Air Radiator Mobil

Dalam penggunaanya terdapat tiga jenis air radiator mobil atau water radiator coolant yang banyak digunakan pada fabrikasi.

Dari ketiga jenis tersebut yang banyak digunakan yaitu Inorganic Additive Technology (IAT), Organic Acid Technology (OAT), dan Hybrid Organic Acid Technology (HOAT). Perlu Anda kenali juga, jika ke-3 air radiator ini menyAndang fungsi yang lain keduanya.

1. IAT

Pertama, IAT yang disebut tipe radiator coolant yang bisa digunakan untuk kendaraan beroda 4 tua dan ditukar dua tahun atau optimal 24.000 mil.

2. OAT

Selain itu jenis air radiator mobil yang banyak digunakan yaitu OAT yang mempunyai fungsi air radiator dan waktu pergantiannya yakni sesudah 5 tahun sekali atau tiap 50.000 mil.

3. HOAT

Sementara tipe yang paling akhir yakni HOAT, sebagai peningkatan dari OAT. Hingga pemakaian dan waktu pergantiannya tidak berlainan.

Jika disaksikan dari perannya masing-masing, membuat Anda agar lebih cermat tentukan air radiator mana yang pas untuk kendaraan kecintaan. Ini tentu saja mempunyai tujuan supaya kerusakan pada mesin dapat dijauhi.

Cara Kerja Air Radiator

Dalam performanya, air radiator dipisah jadi bagian-bagian salah satunya radiator core, inlet tank, dan toko tank. Radiator core ialah sisi rongga aliran air dan mempunyai lurusan plat tipis. Sementara, inlet dan toko tank ialah penampungan air dan dipakai sebagai titik perputaran dari mesin.

Baca Juga  Drive Shaft Adalah: Fungsi Dan Komponennya

Peran air radiator mobil sebagai pendingin temperatur mobil diawali dari mengucurnya air (coolant) bersuhu netral ke aliran yang melingkari mesin untuk mempernyerap panas.

Sepanjang mengucur, air akan mempernyerap dan bawa temperatur panas untuk selanjutnya dibawa kembali ke arah radiator. Sesampai di radiator, air pembawa temperatur panas masuk ke upper tank. Di sini, proses pendinginan air bisa terjadi.

Air itu selanjutnya akan dilanjutkan masuk ke radiator core yang berperan buang temperatur panas ke udara. Untuk percepat proses pembuangan temperatur panas, radiator core ditolong kipas radiator dalam menghisap udara supaya terjadi saluran antara sirip-sirip udara pada radiator core.

Saat temperatur panas telah “dipindah” semuanya ke udara dan air kembali dingin, karena itu air itu akan disalurkan kembali mengelilingi mesin untuk mempernyerap panas.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi air radiator mobil. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.