Macam Macam Transmisi Manual: 3 Jenis & Ulasan

macam macam transmisi manual

Macam Macam Transmisi Manual – Terdapat berbagai macam atau jenis transmisi pada kendaraan, salah satunya transmisi manual. Namun terdapat juga macam macam transmisi manual. Lalu apa saja macam macam transmisi manual?

Transmisi manual sebagai salah satunya sisi dari power train sistem, yakni sisi dari mekanisme pengerak pada mobil. Transmisi manual berada sesudah elemen kopling dan kutub propeller. Bagian yang berperan untuk mengganti peristiwa dan kecepatan putar sesuai keperluan saat berkendaraan.

Berdasar langkah kerja peralihan giginya, transmisi manual terdiri jadi 3 macam, yakni Transmisi Sliding Mesh, Transmici Constant Mesh, dan Transmisi Synchromesh. Macam macam transmisi manual ini mempunyai ketidaksamaan-perbedaan yang paling menonjol hingga benar-benar memengaruhi tingkat kenyamanan saat dipakai. Berikut ulasannya:

Macam Macam Sistem Pelumasan

Pada artikel di bawah akan diulas mengenai macam macam atau jenis transmisi manual. Baca beritanya di bawah ini. Type-tipe atau jenis transmisi manual berdasar peralihan giginya (selektif gear) dipisah jadi tiga jenis yakni transmis tipe sliding mesh, transmisi tipe constant mesh dan transmisi tipe synchronmesh.

1. Transmisi tipe sliding mesh

Tipe transmisi berdasar selektif gearnya, yang pertama ialah transmisi tipe sliding mesh. Transmisi tipe sliding mesh sebagai transmisi manual yang langkah kerja peralihan giginya dengan geser langsung roda giginya.

Transmisi tipe sliding mesh mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya :

  • Untuk lakukan peralihan gigi tidak bisa dilaksanakan langsung atau memakan waktu untuk mengalihkan gigi.
  • Cuman memakai satu jenis roda gigi.
  • Saat peralihan gigi akan muncul suara kasar.
Baca Juga  Komponen Speedometer: 5 Bagian Dan Fungsinya

Transmisi tipe sliding mesh ini cuman memakai jenis roda gigi lempeng (spur), umumnya di saat ini, tipe sliding mesh digunakan pada peralihan gigi mundur. Saat peralihan gigi dari maju ingin ke mundur karena itu kendaraan harus pada status stop karena bila masih juga dalam kondisi bergerak, tipe sliding mesh ini akan sulit ditempatkan.

macam macam transmisi manual

2. Transmisi tipe constant mesh

Tipe transmisi berdasar selektif gearnya, yang ke-2 ialah transmisi tipe constant mesh. Transmisi tipe constant mesh sebagai transmisi manual yang langkah kerjanya yakni saat peralihan giginya membutuhkan kontribusi kopling geser karena pada tipe contant mesh ini status roda giginya masih tetap (tidak bisa berubah).

Status di antara main gear (roda gigi khusus) selalu terkait dengan konter gear (roda gigi musuh). Main gear ini tidak terkait dengan kutub output hingga jika kutub input berputar-putar dan kutub konter berputar-putar maka gerakkan roda gigi konter dan roda gigi khusus tetapi kutub output tidak berputar-putar.

Untuk menyambungkan perputaran roda gigi khusus dan kutub output karena itu membutuhkan kopling geser. Kopling geser ini tersambung dengan garpu pemindah (shift fork) dan pada kopling geser ini ada spline (jalur) untuk menyambungkan kopling geser dengan kutub output hingga bila kopling geser berputar-putar karena itu kutub output berputar-putar.

Saat tuas transmisi digeser karena itu garpu pemindah akan geser kopling geser hingga kopling geser akan tersambung dengan roda gigi khusus hingga jika roda gigi khusus berputar-putar akan memutarkan kopling geser dan seterusnya perputaran itu diteruskan pada kutub output.

Baca Juga  Pemeriksaan Tutup Radiator : 4 Cara Dan Ulasannya

macam macam transmisi manual

4. Transmisi tipe synchronmesh

Jenis ataut tipe transmisi manual berdasar selektif gearnya yang ke-3 ialah transmisi tipe synchronmesh. Transmisi tipe synchronmesh ini hampir serupa dengan transmisi tipe constant mesh yakni roda gigi khusus dan roda gigi konter selalu terkait dan roda gigi intinya tidak bisa berubah. Dan sama membutuhkan kopling geser untuk lakukan peralihan gigi.

Perbedaannya di antara transmisi tipe constant mesh dan synchronmesh ini ialah pada tipe synchronmesh ada unit synchronmesh pada kopling gesernya yang berperan untuk menyamai perputaran di antara kopling geser dan roda gigi khusus saat akan terkait dengan lakukan pengereman.

macam macam transmisi manual

Diatas adalah ulasan terkait macam macam transmisi manual pada kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.