Jalur Kiprok RX King : 4 Kabel Dan Ulasannya

jalur kiprok rx king

Jalur Kiprok RX King – Kiprok RX king jadi penting untuk di kenali supaya bisa melakukan bermacam modifikasi. Namun sebelum melakukan modifikasi perlu diketahui terlebih dahulu terkait soket kiprok RX King. Lalu apa saja jalur atau soket kiprok RX king?

Kiprok berperan sebagai rectifier atau penyearah, terbagi dalam serangkaian dioda yang tersusun sekitar 4 biji. Disamping itu, kiprok berperan sebagai geprekabil saluran arus listik untuk mengirim ke arah CDI atau pengapian sepeda motor, hal itu untuk jaga perform motor supaya masih baik tentu saja.

Posisi kiprok dari motor RX king ada di bawah tepat bak bensin dan dibaut pada kerangka motor, untuk warna kiproknya sendiri yakni hijau dan ada seperti pelat alumunium yang berperan sebagai heat transfer saat kiprok bekerja. Didalamnya terdapat soket yang terdiri dari beberapa jalur. Setiap jalur memiliki warna kabel yang berbeda dengan fungsi yang berbeda juga. Untuk lebih jelasnya terkait jalur kiprok RX King akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

jalur kiprok rx king

Jalur Kiprok RX King

Apabila dicermati, dalam gambar di atas secara simpel menerangkan jalur kiprok RX king, dengan jaringan langsung ke arah aki 12 volt dan spul motornya. Berkenaan keterangan warna dari kiprok rx king akan kami ulas sebagai ini.

1. Kabel Warna Hitam

Kabel warna hitam pada soket kiprok rx king memberikan indikasi sebagai terminal kabel massa atau ground.

Baca Juga  Cara Menyetel Lampu Depan Mobil: 9 Prosedur & Ulasan

2. Kabel Warna Putih

Sementara label warna putih pada soket kiprok rx king memberikan indikasi sebagai terminal kabel charging aki 12 volt.

3. Kabel Warna Merah Kuning

Selain itu pada soket kiprok rx king terdapat kabel warna merah campur kuning memberikan indikasi sebagai penyetel atau penyetabil arus ke pengapian motor.

4. Kabel Warna Merah

Kabel warna merah memberikan indikasi jalur ke arah instrument motor, seperti lampu, klakson, dan sebagainya.

Biasanya beberapa teknisi motor sering kali tidak memakai kiprok pada motor rx king, arah nya supaya mereka bisa menunggangi motor rx king dengan pergerakan cepat.

Sebagai info tambahan, saat Anda melepaskan elemen kiprok dari motor rx king, karena itu tanggapan tarikan motor akan bisa lebih cepat, karena tidak lagi ada batas atau penyearah kembali ke arah CDI motor rx king, tetapi ini cukup beresiko dan benar-benar bersiko. Saat terjadi over current, pengapian ke motor rx king bisa stop dan motor akan berhenti pada tempat.

Dampak lain saat kita melepaskan elemen kiprok dari motor rx king ialah head lamp, dan instrument minor pada motor pun tidak bisa bekerja secara baik, karena tidak ada limitasi arus kembali dari peranan elemen kiprok, jadi tidaklah aneh bila menjumpai head lamp yang putus karena over current.

Baca Juga  Ukuran Celah Klep Vixion: Ukuran Dan Penyetelan

Diatas adalah ulasan terkait jalur kiprok rx king. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.