Ciri Ciri Per Kopling Lemah – 4 Efek Dan Perbaikan

Ciri Ciri Per Kopling Lemah – Gejala atau akibat per kopling motor yang mulai lemah kerap didiamkan oleh pemakainya. Walau sebenarnya dampak dari per kopling lemah selainnya buat motor jadi kurang memiliki tenaga, bisa juga buat kantong bobol.

Harus dipahami, bila per kopling motor yang telah lemah tidak selekasnya ditukar karena itu bisa membuat kerusakan pada elemen yang lain, salah satunya kampas dan pelat kopling.

Pemakaian dan umur dari per kopling, maka per kopling perannya dapat menurun. Sepeda motor yang umumnya alami keadaan per kopling lemah adalah sepeda motor yang umurnya telah lebih dari lima tahun.

Oleh karena itu per kopling yang lemah memiliki peranan yang penting. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri atau akibat per kopling lemah akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri per kopling lemah

Ciri Ciri Per Kopling Lemah

Terdapat beberapa akibat atau efek per kopling lemah dan harus diganti diantaranya yaitu:

1. Slip

Salah satu ciri atau efek per kopling sepeda motor mulai lemah adalah saat proses tukar gigi selanjutnya memutar tuas gas, waktu itu gejala slip bisa terjadi. Walau sebenarnya, bila motor masih baru, gejala slip ini tidak bisa terjadi.

2. Akselerasi Turun

Beberapa ciri lain yang hendak muncul saat per kopling harus diganti yaitu akselerasi motor juga akan berasa lebih berat atau kurang responsif. Per kopling yang lemah menyebabkan performa mesin jadi tidak maksimal.

Baca Juga  Stir Bunyi Gluduk: 6 Penyebab Dan Ulasannya

Bila keadaan ini terjadi pada motor punyamu, jalan salah satu untuk tangani permasalahannya adalah dengan cara menukar yang baru. Tetapi tenang saja, harga per kopling sepasangnya tidak mahal.

3. Tenaga Turun

Tanda atau efek per kopling harus diganti adalah tenaga motor sebagai turun. Hal itu karena per kopling aus membuat kopling bergerak lamban saat pedal kopling didesak.

Saat Anda tekan kopling untuk menukar gigi, umumnya per kopling yang aus akan membuat kesan seperti slip kopling.

4. Bisa Menghancurkan Sisi Lain

Per kopling yang didiamkan rupanya punyai dampak negatif yang dapat buat uang banyak keluar. Jika per didiamkan aus kelak yang kalah kampas dan plat koplingnya.

Sementara kampas dan plat itu dapat beberapa ratus ribu bergantung dari type motornya. Disamping itu jika tukar plat dan kampas dianjurkan tukar sekaligus per koplingnya dibanding kelak termakan jika per koplingnya aus.

Cara Memperbaiki Per Kopling Lemah

Setelah mengetahui efek atau akibat per kopling motor lemah maka perlu diketahui pula cara memperbaikinya. Per kopling yang mulai lemah atau rusak tentunya akan menyebabkan berbagai gejala diatas.

Cara memperbaiki per kopling lemah sebenarnya sangat sederhana. Apabila per kopling lemah yang salah satu proses perbaikannya yaitu penggantian.

Sebenarnya ada proses perbaikan lain seperti diganjal. Tapi hal ini tentu tidak disarankan untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga  Ukuran Celah Klep Vega ZR: Ukuran Dan Penyetelan

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri atau akibat per kopling lemah dan harus diganti serta cara memperbaikinya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -