Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor: 6 Prosedur & Ulasan

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor – Salah satunya permasalahan yang sering menerpa pemilik motor adalah starter yang rusak atau mati. Oleh karena itu perlu dilakukan proses perbaikan. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo starter motor?

Tapi, ada juga sepeda motor yang tidak diperlengkapi dengan kick starter alias engkol. Cara yang lain dapat diaplikasikan yaitu mendorongnya. Benar-benar menyusahkan kan? Karena itu, cara paling arif supaya tidak menyusahkan saat berkendaraan adalah memperbaiki dinamo starter sepeda motor Anda.

Untuk memperbaiki starter motor, pasti Anda harus ketahui tanda-tanda awal dari kerusakan pada starter motor itu. Periksalah tanda awal matinya starter motor seperti suaranya yang kasar, atau bahkan juga tidak ada suara benar-benar saat tombol starter didesak.

Saat sebelum memperbaiki starter motor mati, kita harus lebih dulu ketahui pemicunya hingga dapat lakukan pembaruan dengan tepat. Untuk lebih jelasnya terkait cara memperbaiki dinamo starter motor dan penyebab nya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbaiki dinamo starter motor

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor

Terdapat beberapa prosedur atau cara untuk memperbaiki dinamo starter motor diantaranya yaitu:

1. Accu Ngedrop atau Rusak

Cara memperbaiki dinamo starter motor yang pertama yaitu memeriksa aki. Accu atau battery salah satunya bagian utama dalam kendaraan motor. Ke-2 nya sebagai sumber arus listrik motor untuk sistem starter. Jika saat tombol starter didesak tetapi motor atau dinamo starter tidak memberi respon, karena itu perlu dilaksanakan pengujian di sumbernya, yaitu accu.

Untuk mengeceknya tegangan accu, kamu dapat memakai alat multimeter atau ovo mtr.. Tegangan accu yang bagus kurang dari 12 volt. Jikamana tegangan tidaklah sampai angka itu, kemungkinan besar umur accu cukup kedaluwarsa atau telah alami kerusakan.

Baca Juga  Proses Bisnis Bidang Otomotif: 4 Tahapan Dan Ulasan

Silakan tukar accu sama yang baru, tetapi bila ongkos belum memenuhi accu sisa juga tidak jadi permasalahan, asal keadaannya baik dan normal.

2. Kabel Kelistrikan Putus / Terbakar

Jika tegangan accu pada keadaan normal, karena itu coba untuk mengecek rangkaiannya. Check dengan detil pada serangkaian starter, dimulai dari kebel yang putus, soket-socket dan pada tombol starter yang peluang terlampau kotor.

Untuk menanganinya triknya lumayan gampang. Pakai alat multimeter, check apa arus listrik mengucur secara baik atau mungkin tidak. Bila ada kabel yang putus seharusnya ditukar dengan kabel baru, tetapi jika masih mungkin dihubung kembali, silakan dihubung yang rapi. Bila tombol starter terlampau kotor, membersihkan dengan amplas lembut.

3. Relay Starter Rusak

Cara memperbaiki dinamo starter motor yang selanjutnya yaitu cek bagian bendik atau relay starter. Elemen yang ini berperan sebagai sakelar elektromagnetik untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik yang lumayan tinggi dari battery ke arah motor starter. Cara memeriksanya, ikat dua kabel (umumnya ada socketnya) ke battery (+ dan -).

Bila kedengar suara “getaran” memiliki arti masih bagus. Bila tidak kemungkinan bendik telah mati dan salah satu cara menukarnya sama yang baru.

4. Dynamo Starter Rusak

Dynamo starter jarang-jarang sekali mangalami kerusakan terkecuali pada keadaan terbakar atau ada konslet. Cara memperbaiki dinamo starter motor yang efisien yakni dengan cara menyambungkan langsung kutub ( + ) pada dynamo ke arah kutub ( + ) dengan kabel yang besar.

Sambungkan kutub ( + ) pada dynamo dengan body motor yang memiliki kandungan logam. Jika dynamo pada keadaan baik, karena itu dynamo bisa berputar-putar saat arus listrik sudah disambungkan.

Baca Juga  Refrigerant Yang Berada Di Kondensor Berbentuk & Ulasan

Kerusakan pada dynamo starter biasanya terjadi di bahian spull (gulungan) yang putus. Tetapi juga bisa disebabkan karena kotoran yang terendap kelamaan, hingga rotor tidak bisa berputar-putar. Untuk mendapati sumber kerusakan pada starter dibutuhkan kecermatan dalam memeriksa jalur kelistrikan, dimulai dari accu sakelar starter sampai ke dynamo.

Menukar kabel yang telah lama atau kabel yang tidak pantas, dengan kakel baru pasti lebih bagus. Ini untuk memperhitungkan kerusakan di masa datang dalam jangka waktu pendek.

5. Fuse Atau Sekring Putus

Semua sepeda motor diperlengkapi Sekring yang berperan sebagai pengaman arus litrik. Sekring itu dapat putus jika terjadi korselting pada instalasi listrik, hingga mengakibatkan arus litrik tidak dapat masuk ke serangkaian starter motor.

Untuk mengatasi ini, kita harus beli Sekring yang baru. Tetapi sebelumnya kita harus lebih dulu ketahui apa yang mengakibatkan Sekring putus, selanjutnya melakukan perbaikan. Kemudian baru kita memasangkan sekring yang baru.

6. Coil Starter Rusak

Cara memperbaiki dinamo starter motor yang terakhir yaitu dengan mengecek coil starter. Tetapi jika ada salah satunya elemen yang rusak atau mati, karena itu performa starter akan terusik dan membuat starter jadi mati. Nach salah satunya elemen yang kerap alami kerusakan adalah Coil Starter.

Coil Starter ada dalam dynamo starter dan kerap dikatakan sebagai kumparan. Kerusakan coil starter dapat muncul karena dynamo starter terlampau panas. Untuk mengetasi hal itu, kita dapat tiba ke tukang dinamo atau menukarnya sama yang baru.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki dinamo starter motor tergantung dari penyebab kerusakan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.