Fungsi Water Separator: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Water Separator Dan Cara Kerja – Mesin diesel merupakan jenis motor bakar yang sangat sensitif terhadap kualitas bahan bakar, sehingga biasanya ditambahkan water separator. Lalu apa fungsi water separator?

Kendaraan yang memakai bahan bakar solar biasanya terdapat 2 buah filter. Di mana filter pertama berada di sisi bawah bersamaan dengan bagian fuel tank dan filter ke-2 ada di atas bersebalahan dengan engine.

Banyak yang tidak mengetahui mengapa pada kendaraan diesel dibutuhkan filter solar yang ganda. Pada bak kendaraan diesel berisi solar,j ika solar sendiri berkadar air yang tinggi sekali akan dapat mengganggu perfoma mesin.

Oleh karena itu ditambahkan filter ganda untuk mengatasi hal tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi dan cara kerja water separator akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi water separator

Fungsi Water Separator

Fungsi water separator adalah untuk memisahkan air. Namun ada yang berbeda bila memakai filter yang lebih rapat hingga selain untuk memisahkan air pada solar berfungsi juga untuk memfilter bahan bakar langsung dari bak.

Sesudah solar disaring di bagian bawah dengan water separator maka dari itu kerja dan fungsi fuel filter yang berada di dekat engine performanya akan enteng karena hanya memfiltrasi kotoran yang lembut. Kotoran kasar yang telah disaring pada water separator.

Untuk menjaga supaya engine masih tetap pada keadaan sempurna karena itu seharusnya melihat water separator dan fuel filter. Membersihkan secara periodik dan tukar bila keadaan filter sangat kotor sekali.

Baca Juga  Kopling Gesek Atau Friction Clutch: Pengertian Dan Jenis

Water separator terpasang sebagai filter tambahan yang juga berfungsi untuk memfilter kandungan air yang ada di bahan bakar. Sebetulnya filter solar berfungsi menyerap kandungan air selain memfilter kandungan sulfur, tetapi water separator ini membantu peresapan air yang berlebihan dan tidak terserap filter solar.

Biasanya water separator terpasang di kendaraan-kendaraan besar yang kerap memakai bahan bakar solar kualitas rendah. Dan kendaraan yang terbanyak memakai tipe bahan bakar solar ini adalah kendaraan besar seperti truk atau bis.

Cara Kerja Water Separator

Setelah mengetahui fungsi water separator maka perlu dipahami juga terkait cara kerjanya. Water separator adalah piranti untuk memisahkan air dari solar, supaya solar yang ke arah mesin bersih dari air. Selainnya untuk genset, water separator wajar digunakan untuk otomotif (permobilan), dan mesin kapal.

Berikut cara kerja water separator sebagai berikut :

  1. Solar yang tercemar akan masuk ke water separator dan ke arah sisi bawah (tempat penampungan).
  2. Karena massa tipe solar lebih enteng dari air, solar akan tergerak naik ke atas dan air mengendap di bawah. Ada sensor yang dapat berpijar jika tingkat air di telah capai batasan optimal.
  3. Bila air melewati batasan optimal, karena itu air bisa terikut kembali ke arah mesin. Air yang terjebak di bawah. bisa dibuang dengan buka katup dengan manual di bagian bawah.
  4. Setelah solar yang bersih dari air, akan keluar lewat lajur keluar (out) untuk kembali di saring oleh primary filter dari partikel lembut (debu dan kerak).
Baca Juga  Fungsi Ring Gear Adalah: Peran Dan Cara Kerja

Diatas adalah fungsi water separator dan cara kerja. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -