valve spring compressor

Fungsi Valve Spring Compressor Dan Cara Menggunakan

Valve Spring Compressor – Dalam dunia perawatan dan perbaikan kendaraan terdapat alat khusus atau special service tool (SST), salah satunya valve spring compressor. Lalu apa fungsi valve spring compressor? Bagaimana cara menggunakan valve spring compressor?

Berikut penjelasan mengenai fungsi dan cara menggunakan valve spring compressor yang banyak ditemukan di workshop otomotif. Berikut ulasannya:

valve spring compressor

Fungsi Valve Spring Compressor

Anda telah mengenali jika valve spring compressor adalah alat servis khusus atau special service tools. Fungsi valve spring compressor atau alat ini bermanfaat dalam menolong proses tekan pegas (spring) saat ingin memasangkan atau melepaskan cotter valve.

Didalam mekanisme katup mobil terdapat komponen atau bagian namanya cotter valve atau umum juga dikenal dengan panggilan kuku macan, kancingan klep, dan kuku klep. Penempatan atau pelepasan elemen ini dikenali susah untuk ditangani. Letak dari cotter valve ini sendiri ada pada bagian kepala silinder. Perannya adalah mengamankan valve dengan spring lewat elemen namanya tappet.

Dalam penempatannya, cotter valve selalu terpasang secara bertepatan dengan spring dan tappet. Ke-3 nya sanggup mengamankan posisi valve dengan spring valve. Tetapi saat ingin melepas dan memasangkan cotter valve secara mudah tanpa menghancurkan elemen yang lain, perlu kontribusi dari alat sst ini.

Alat ini sendiri mempunyai beragam jenis wujud dan mode. Ini sebetulnya ikut mempengaruhi bagaimana cara memakainya juga. Pada prinsipnya kerja atau fungsi valve spring compressor sendiri, konsentrasinya untuk tekan pegas pada valve.

Baca Juga  Alat Ukur Elektrik : 13 Jenis Dan Ulasan

Gambar Valve Spring Compressor

Oleh karenanya, agar bisa melepaskan dan memasangkan cotter valve ini secara mudah dan tidak menghancurkan elemen yang lain, karena itu dipakailah alat khusus ini. Berikut gambar contoh valve spring compressor

gambar valve spring compressor

Selainnya sama dalam gambar contoh di atas, alat ini memiliki bentuk benar-benar bermacam. Ada berbagai macam mode hingga ikut memengaruhi bagaimana cara memakainya. Tetapi, pada prinsipnya penggunaan alat ini adalah untuk tekan pegas pada valve.

Cara Menggunakan Valve Spring Compressor

Anda sudah mengenali bagaimana fungsi dari valve spring compressor. Saat ini saat masuk ke ulasan cara pemakaiannya. Dengan singkat, cara menggunakan alat valve spring compressor ini bisa diterangkan dalam empat point.

Harus dipahami jika wujud alat sst ini sendiri seperti persegi dengan tiadanya sisi atasnya. Ada sisi batang yang diam dan bergerak dalam sini. Untuk proses pemakaiannya, sisi batang yang diam dipakai untuk meredam posisi valve supaya tidak bergerak saat spring atau pegas didesak.

Kebalikannya, sisi batang yang sanggup bergerak akan disetel sama sesuai keperluan menggunakan ulir atau drat. Dengan begitu, status alat ini bisa duduk secara cocok pada pegas klep.

Saat semuanya sudah dalam status yang pas, alat sst ini akan didesak hingga sanggup tekan pegas. Ketika penekanan pegas berikut, cotter valve dapat terlepas dari elemen lain disekelilingnya. Disana, Anda dapat melepaskan elemen itu dari tappet.

Baca Juga  Jenis Sensor Mobil EFI : 20 Macam Dan Ulasannya

cara menggunakan valve spring compressor

Berikut deskripsi singkat mengenai cara menggunakan valve spring compressor

  • Sisi batang yang diam, dipakai untuk meredam posisi valve supaya tidak bergerak saat pegas (spring) didesak.
  • Komponen yang dapat bergerak biasanya bisa distel, ada yang menggunakan ulir dan drat agar dapat disesuaikan dengan posisi pada pegas klep.
  • Alat ini selanjutnya didesak hingga bisa tekan pegas.
  • Saat pegas ketekan, karena itu cotter valve akan terlepas dan kita dapat melepaskan cotter valve itu dari tappet. Cara ini bisa juga dipakai saat lakukan penempatan cotter valve.

Cara penggunaan alat valve spring compressor yang diberi di atas bisa juga dipakai saat lakukan penempatan cotter valve . Maka, cara penempatan dan pelepasan cotter valve lebih kurang sama juga.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi dan cara menggunakan valve spring compressor. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Join the discussion