Jenis Klakson Mobil : 5 Macam Dan Merk

Jenis Jenis Klakson Mobil – Klakson merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan. Dalam penggunaannya terdapat beberapa macam atau jenis klakson yang digunakan terutama pada mobil.

Ada dua cara yang umum dan kerap dilaksanakan oleh sopir mobil di Indonesia, yaitu memberikan lampu dim atau memberikan klakson. Ini mempunyai tujuan supaya kendaraan di muka kamu ketahui jika mobil kamu ingin menyusulnya.

Klakson dipandang lebih efisien daripada lampu dim, apalagi saat siang hari. Klakson sendiri sebagai elemen yang jelas ada di tiap kendaraan baik motor, mobil, bis, sampai kereta.

Nach, apa kamu ketahui darimanakah bunyi klakson itu? Bunyi klakson datang dari sebuah getaran yang dibuat dari beberapa komponen penyusun klakson tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait jenis jenis klakson mobil dan merk merk klakson akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

jenis klakson mobil

Jenis Klakson Mobil

Terdapat beberapa macam atau jenis klakson yang sering digunakan pada mobil diantaranya yaitu:

1. Klakson Arus Bolak-Balik (AC)

Jenis klakson pertama yang digunakan pada mobil yaitu klakson arus bolak balik. Klakson yang memakai tenaga listrik satu ini lebih banyak dipakai pada kendaraan-kendaraan kecil seperti motor.

Nach, klakson listrik sendiri memakai magnet listrik yang nanti magnet listrik itu akan dipakai untuk hasilkan suara. Triknya, pada magnet listrik ada kutub-kutub nach nanti kutub-kutub itu akan berganti-gantian, dari utara jadi selatan dan demikian sebaliknya.

Hal itu disebabkan karena peralihan frekwensi arus listrik atau arus bolak-balik. Peubahan frekwensi yang terjadi secara terus-terusan ini akan mengahasilkan getaran pada membran, hasilnya adalah suara.

Klakson dengan arus bolak-balik atau klakson AC memiliki beberapa kekurangan, satu diantaranya adalah klakson ini ikuti perputaran pada mesin. Tujuannya, jika perputaran mesin turun karena itu frekwensi getaran yang dibuat oleh klakson akan turun.

jenis klakson mobil

2. Klakson Arus Sama arah (DC)

Selain itu jenis klakson mobil lain yaitu adalah klason listrik dengan arus searah. Klakson DC ini sebagai jenis klakson yang paling berlainan dengan klakson AC yang telah diterangkan di atas. Pada klakson dengan arus sama arah tidak ada peralihan frekwensi arus, ini karena arus pada klakson DC adalah sama arah.

Baca Juga  Cara Kerja Shock Depan: Prinsip & 3 Jenis

Beberapa macam jenis klakson mobil ini mempunyai suara yang lebih kompak. Tetapi dibutuhkan contact pemutus pada membrane hingga klakson tidak terus mengeluarkan bunyi.

Cara kerjanya adalah saat contact pemutus tertutup, karena itu arus listrik mengucur ke magnet listrik hingga elemen yang dikenali dengan panggilan plunger dan membrane akan tertarik kea rah magnet listrik. Saat plunger ini tertarik, contact pemutus akan turut buka mengakibatkan style magnet lenyap.

Pada keadaan semacam ini plunger dan membrane akan balik dan contact pemutus akan tersambung kembali. Ini bisa terjadi terus-terusan hingga hasilkan getaran dan bunyi. Ada dua type atau dua jenis dari klakson DC ini yaitu mode piringan dan mode rumah siput.

3. Klakson Udara

Selainnya klakson yang dilakukan oleh tenaga listrik, ada pula jenis klakson mobil yang dilakukan oleh tenaga udara. Untuk klakson udara atau klakson angin, lebih ditujukan untuk kendaraan besar seperti truk.

Karena klakson jenis ini hasilkan suara keras karena mempunyai tabung angin, dan tidak makan arus listrik yang besar. Nach klakson udara dipisah jadi dua jenis, yaitu klakson compressor listrik dan klakson katup elektro pneumatis.

Untuk ketidaksamaanya klakson compressor listrik hasilkan udara dengan manfaatkan compressor listrik. Compressor ini sendiri dilakukan oleh sebuah motor listrik. Udara yang dibuat compressor listrik mempunyai penekanan yang selanjutnya hasilkan bunyi.

Supaya klakson compressor listrik bisa bekerja bisa lebih cepat, karena itu letak compressor harus dekat sama klakson. Compressor dan klakson ini sendiri disambungkan oleh sebuah selang atau pipa.

Semakin panjang selangnya, karena itu semakin panjang juga saat yang diperlukan untuk hasilkan bunyi. Dan jenis klakson katup elektro pneumatis bekerja dengan manfaatkan tenaga. Perbedaannya dari klakson compressor listrik, klakson ini hasilkan udara dengan compressor rem angin.

Compressor dilakukan oleh tenaga dari mesin kendaraan sampai hasilkan udara bertekanan. Udara selanjutnya bergerak ke arah katup elektro pneumatis yang buka. Kemudian, udara gerakkan pelat sampai klakson keluarkan bunyi.

Baca Juga  Cara Kerja ABS: Fungsi, Komponen, & Prinsip

4. Klakson Rumah Siput Atau Keong

Dan klakson rumah siput atau keong memakai corong resonansi. Klakson keong mempunyai watak bunyi cukup ngebas dan berasa lebih eksklusif dan berwibawa.

Klakson tipe ini lebih banyak dipakai untuk mobil – mobil premium atau kendaraan Eropa seperti beberapa mobil keluaran Mercedes-Benz, BMW atau mobil eksklusif yang lain.

jenis klakson mobil

5. Klakson Piringan

Jenis klakson mobil yang terakhir yaitu klaksong piringan. Klakson piringan memakai pelat resonansi supaya suara lebih serasi, biasanya diketemukan pada mobil individu.

Disc horn atau klakson piringan hasilkan bunyi dengan manfaatkan resonasnsi pelat atau piringan. Type klakson ini yang tersering dipakai untuk kendaraan individu. Adapaun beberapa contoh mobil yang memakai klakson jenis piringan adalah seperti Avanza, Xpander, atau Honda Brio.

jenis klakson mobil

Merk Klakson Mobil yang Berada di Pasaran

Setelah mengetahui jenis jenis klakson mobil maka perlu diketahui pula merk klakson mobil yang terbaik. Ada berbagai merk untuk klakson untuk mobil, dengan detailnya yang lain, dan pemakaiannya yang lain juga. Apa merk referensi untuk klakson pada mobil?

1. MPC B1

Klakson mobil merk ini sebagai salah satunya klakson jenis klakson udara. Klakson ini memakai udara yang terkompresi, dan manfaatkan penekanan udara untuk hasilkan suara keras.

2. HELLA Twin Horn

Sama dengan namanya, HELLA twin horn dibuat seperangkatan kit klakson, dan Anda akan memperoleh dua klakson kembar sekalian, satu klakson dibuat untuk suara yang tinggi, dan yang satu kembali untuk dipakai suara rendah.

3. Stebel Nautilus Kompak Horn

Salah satunya jenis klakson mobil individu yang terbanyak dipakai di dunia, dan jadi opsi untuk beberapa pemakai mobil individu yang ingin melakukan modifikasi klakson mereka.

Diatas adalah ulasan terkait jenis jenis klakson mobil dan merk merk klakson. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -