Cara Setel Rack Steer: 5 Cara, & Ciri Penyebab Kerusakan

Cara Setel Rack Steer – Persoalan di bagian kontrol setir atau rack steer secara umum terjadi karena usia penggunaan atau sikap berkendara yang kasar. Lantas apa ciri rack steer rusak? Bagaimana cara setel rack steer?

Umumnya kerusakan yang terjadi berawal dari sobeknya karet boot roda, masuknya kotoran di luar akan melekat di bagian gigi penyambung yang telah diolesi dengan grease. Pada akhirnya pergerakan gigi yang bergesekan saat berputar-putar jadi berat dan mempunyai potensi menghancurkan gigi rack dan pinion-nya.

Atau bisa saja karena roda sering menerobos lubang dengan kecepatan yang relatif tinggi. Pada akhirnya semua komponen setir yang terkait dengan roda jadi bertabrakan.

Jika sudah semacam itu, melakukan perbaikan juga lumayan mahal karena umumnya pabrikasi cuma merilis onderdil alternatif secara utuh atau assy. Oleh karena itu cara setel rack steer ini perlu dilakukan. Untuk memperjelas berkaitan cara setel rack steer, dan ciri dan penyebab kerusakan rack steer akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

cara setel rack steer

Ciri Ciri Rack Steer Rusak

Sebelum mengetahui cara setel rack steer maka perlu diketahui beberapa ciri ciri rack steer rusak. Dari komponen di atas, boot steer adalah sisi yang gampang rusak bila sopir kerap menerobos lubang.

Saat rack steer rusak, kamu dapat mengenalnya dengan beberapa tanda. Dengan mengenali beberapa ciri rack steer rusak lebih cepat, kamu dapat menghindar beragam permasalahan kronis yang lain. Berikut beberapa gejala rack steer rusak yang dapat diamati pemilik kendaraan:

1. Ada bunyi melengking

Ciri rack steer rusak yang pertama kali yang jadi tanda adalah mobilmu memiliki masalah yakni ada bunyi melengking atau mendengung. Umumnya bunyi ini akan mengusik. Bunyi-bunyian mengusik ini biasanya terjadi saat mobil dikemudikan dalam kecepatan yang melamban.

Bunyi umumnya terjadi pada tempat roda depan. Pemicu timbulnya bunyi ini karena bushing rack steer yang telah robek. Ini dikarenakan oleh ada kotoran atau masuknya air ke sisi rack steer.

Untuk tersebut, bila kamu membeli mobil sudah bekas, minta untuk lakukan tes drive untuk ketahui ini.

2. Kemudi setir berasa bergetar

Seterusnya kamu akan rasakan getaran pada kemudi setir di jalanan yang rata. Umumnya ini terjadi karena rack steer telah alami keausan.

Disamping itu, ini mengisyaratkan power steering belt rusak. Kemudi setir yang bergetar dan berasa berat sebagai gejala power steering telah kendor.

Bila keadaan ini tidak langsung diperbaiki, akan beresiko. Sopir akan susah berjalan lancar saat ada di jalanan lempeng seperti jalan tol.

3. Kemudi berasa berat saat dibelokkan

Masih terkait dengan kemudi tapi ini terjadi saat kamu berasa berat saat dibelokkan sekalinya telah menggunakan power steering. Bila rack steer rusak, kemudi yang dirasa berat saat berbelokkan kemudi atau memutarnya sampai metok.

Baca Juga  Penyebab Radiator Panas : 10 Faktor & Cara Memperbaiki

Hal ini memacu kamu tidak dapat berkendaraan di jalanan lempeng. Bahkan juga, roda akan jalan sendiri ke kanan ke kiri meskipun telah melempengkan lingkaran setir. Makin lama ini dapat beresiko sebab bisa memacu kecelakaan jalan raya.

4. Ada serapan oli di seal

Pada mobil yang belum adopsi mekanisme Elektronik Power Steering (EPS) akan ada rembesan oli di bagian seal. Tapi bila memang tanda ini yang ada, kamu perlu menukar seal sama yang baru.

Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Bila kamu telah merasakan seal ada serapan oli, karena itu selekasnya ke arah bengkel untuk menukar seal.

5. Gigi pinion

Ciri paling akhir rack steer rusak adalah saat kamu merasakan gigi pinion. Komponen ini gampang rusak saat terjadi gesekan tapi tidak ditolong dengan pelumasan yang ideal. Pemicunya tidak lain karena kotoran dan debu yang melekat dan menimbun di kemudi setir. Keadaan ini bisa juga dipacu karena ada sela yang karena robekan pada bagian rack steer.

Saat gigi pinion dan harmonika telah pijakl, kamu harus mengecor gigi itu hingga membuat gerigi-gerigi baru yang pasti lebih tajam.

Penyebab Rack Steer Rusak

Selain harus mengetahui cara setel rack steer maka perlu diketahui pula penyebab rack steer rusak. Rutinitas berkendaraan yang berkesan kasar menjadi satu diantara penyebab khusus rack steering rusak. Untuk memperjelasnya, berikut penyebab rack steer rusak:

1. Sering bawa mobil di jalanan rusak

Memaksa mobil untuk berkendaraan melalui jalanan rusak rupanya bisa memacu rack steermu rusak. Saat ban melalui jalanan yang rusak atau berlubang dapat membuat bushing rack steer jadi robek. Akhirnya, kotoran juga gampang masuk hingga memacu bunyi memekik di tempat roda depan.

Tidak cuma rack steering saja yang rusak, suspensi mobil akan rusak sebab bisa memunculkan guncangan yang besar pada kaki-kaki mobil.

2. Tidak meluruskan ban mobil saat parkir

Cukup banyak sopir yang lakukan ini karena terlihat remeh. Memarkir mobil dalam status ban yang tidak lempeng akan mengakibatkan komponen rack steer robek.

Sama dengan membawa di jalannya rusak, ini akan membuat kotoran masuk hingga performa rack steering jadi terusik.

3. Kerap memutar kemudi mentok kelamaan

Memutar kemudi sampai mentok, seperti saat putar balik, dan biarkan kelamaan memacu kerusakan rack steer. Sayang, sebagian besar sopir pernah lakukan kekeliruan satu ini. Walau sebenarnya, jika sering dilaksanakan, karet rack pinion bisa menjadi rusak.

Pemicunya karena saat kemudi diputar sampai mentok, karena itu temperatur di rack pinion kemudi bertambah panas. Seterusnya dapat mengakibatkan karetnya robek.

4. Power steering sudah rusak

Penyebab yang paling akhir rack steer rusak dirasakan jika mobilmu menggunakan power steering mekanisme hidrolik. Saat rusak seperti ada serapan oli, ini akan berpengaruh padai rack steer.

Baca Juga  Penyebab Motor Matic Cepat Panas : 4 Faktor & Ulasannya

Disamping itu, saat pelumas power steering yang kurang atau bahkan juga karena tabungnya bocor rupanya bisa kurangi tenaga. Akhirnya kemudi berasa berat.

Cara Setel Rack Steer

Yang hendak saya ulas di sini adalah cara setel rack steer eps sesudah pembaruan atau sesudah di tukar pada bagian bushing rack nya. Apabila belum di tukar pada bagian bushing rack nya yang oblak tidak direkomendasikan cara setel rack steer ini karena tidak hilangkan permasalahan bunyi pada bagian rack steer eps, yang ada justru menghancurkan sisi as rack dan pinion nya.

Saat sebelum berlanjut ke penyetelan lihat dahulu pembuatan bushing rack nya, tidak boleh terlampau geret dan tidak boleh terlampau kendur, bahan yang dipakai harus juga yang akurat. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan ketika cara setel rack steer ini dilakukan.

Di tahapan penyetelan yang pertama saya kerjakan adalah memutar kuat setel rack sampai mentok / kuat maksudnya supaya ngeplak dahulu, lalu memutar balik atau di kendorkan kembali secara perlahan-lahan sekalian rasakan tingkat berkeberatan rack steer dengan memutar pinion nya. Tingkat kekencangan atau kelenturan tiap mobil tentu berlainan, bila terlampau berat hasilnya juga steer mobil akan berat atau kaku saat belok, apabila terlampau lentur peluang rack steer tetap oblak dan masih tetap bunyi.

Cara setel rack steer ini sangat penting, memerlukan montir yang telah pakar di sektornya, bila asal setel walau bushing rack nya bagus hasilnya tidak optimal. Oleh karena itu bengkel kami jarang-jarang sekali jual bushing rack steer eps bila penyetelan dilakukan oleh seseorang ataulah bukan montir bengkel kami terkecuali sang konsumen sudah mengetahui keterangan tertentu.

Cara Mengecek Rack Steer

Untuk lebih jelasnya berikut cara setel rack steer:

  1. Pada rack steer yang belum Electric Power Steering (EPS) atau yang tanpa motor dan sensor, check apa ada serapan oli dan kebocoran pada seal? Bila iya karena itu rack steer telah rusak.
  2. Jika mobilmu telah EPS, coba belokkan kemudi. Jika berasa berat, karena itu rack steermu telah rusak.
  3. Check bushing rack steer, apa robek atau mungkin tidak? Karena, bushing rack steer yang sobek akan mengakibatkan masuknya kotoran dan air hingga memacu bunyi-bunyian pada tempat roda depan.
  4. Putar atau belokkan kemudi sampai mentok sekalian menggoyahkan kemudi. Jika kamu mendapati kemudi berasa getar dan oblak, karena itu ini bisa saja rack steer telah alami keausan.
  5. Coba kendarai, jika kemudi bergerak ini mengisyaratkan jika memang rack kemudi mulai rusak. Saat dikemudikan, rack steer yang rusak tidak ingin lempeng saat dikemudikan. Mobil akan berasa oleng ke kiri atau ke kanan.

Diatas adalah ulasan terkait cara setel rack steer, serta ciri dan penyebab rack steer rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.