Cara Jumper Bendik Starter Vario 110: 2 Cara & Ulasan

Cara Jumper Bendik Starter Vario 110 – Terkadang bendik atau relay starter pada motor mengalami permasalahan. Oleh karena itu dalam keadaan darurat perlu dilakukan cara untuk menghidupkan dinamo starter dengan teknik jumper bendik starter pada motor termasuk vario 110?

Cara kerja mekanisme elektrik starter diawali dari tombol starter yang didesak. Selanjutnya arus 12 volt akan mengucur ke segi relay dengan kabel kecil. Hal ini diikuti dengan bunyi cetik sebagai pertanda tombol starter sudah menyalurkan arus listrik ke bendik starter. Selain itu juga membuka arus listrik yang dari accu. Maka arus listrik dari accu akan masuk ke bendik melalui kabel besar warna merah. Sementara output menggunakna kabel besar yang ke arah dinamo starter.

Sekarang ini ada 3 mode bendik starter yang dipakai oleh pabrikasi sepeda motor. Diawali dengan bendik starter mode bundar, mode kotak dan relay starter kecil kaki 5. Untuk bendik starter / relay starter mode kotak dan bundar umumnya dipakai untuk motor – motor karburator dan injeksi keluaran lama. Selain itu terdapat pula relay starter kecil kaki 5 yang sering ditemukan pada motor injeksi yang memakai ACG starter atau mungkin tidak memakai dinamo starter.

Disamping itu, terkadang mekanisme stater elektrik ini alami masalah. Sebagai contoh tidak ingin berpijar sampai cuman mengeluarkan bunyi cetek-cetek. Hal ini mengisyaratkan jika bendik stater alami permasalahan. Berikut ulasan terkait cara jumper bendik starter motor secara umum termasuk vario 110.

cara jumper bendik starter vario 110

Cara Jumper Bendik Starter Vario 110

1. Jumper Bendik Starter Motor Umum

Sebelum kita mengaplikasikan cara jumper bendik starter vario 110 maka perlu diketahui lajur kabel dari switch starter atau tombol starter dan lajur dari accu ke arah dinamo starter. Untuk mengetahui lajur kabel itu sebetulnya sangat gampang.

Baca Juga  Kapan Kipas Radiator Mobil Berputar: Waktu Dan Ulasannya

Kita dapat ketahui lajur kabel dari tombol starter bila kabel itu berupa kecil dan umumnya ada 2 buat kabel. Sementara kabel dari accu yang ke arah dinamo starter akan berupa semakin besar dan keras. Yang hendak kita jumper ialah kabel dari accu yang ke arah dinamo starter, dan kabel dari tombol starter kita diamkan saja tak perlu diotak atik dan dirubah.

Cara menjumper bendik starter yang berupa bundar dapat memakai obeng atau tang. Cara ini dapat dilaksanakan tanpa melepaskan kabel dan kunci contact tak perlu status On untuk memeriksanya. Ingat yang jumper sisi bendik starter yang ada mur dan kebel. Saat sebelum menjumper bendik starter yakinkan lebih dulu tidak ada bensin di sekitar tempat itu, untuk menghindar kebakaran.

Sementara untuk bendik starter yang berupa kotak, harus memakai cara yang lebih sulit bila dibanding dengan bendik starter mode bundar. Kita harus melepaskan relay starter itu dari socketan kabel. Untuk melepaskan relay starter berupa kotak pada sepeda motor.

Kita harus melepaskan pengunci relay yang tempatnya ada di ke-2 segi relay, kerap kali pada pengunci relay alami kerusakan / patah saat kita coba melepaskan relay itu. Tetapi ini sebetulnya bukan jadi permasalahan yang besar, karena relay starter umumnya tetap dapat terpasang pada socketan kabel relay. Bila relay starter bisa ditarik karena itu cara seterusnya jumper socket relay yang ukuran besar, karena socketan yang memiliki ukuran besar datang dari accu dan dinamo starter.

Baca Juga  Soket Kiprok Motor Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki : Warna Kabel & Ulasan

2. Cara Jumper Bendik Starter Vario 110

Nach untuk kamu yang ingin tahu mengenai bagaimana cara jumper bendik stater dari Vario 110, silahkan kita ulas bersama dalam artikel ini.

a. Membuka Tempat Tameng Depan

Langkah awal dengan buka tameng sisi depan. Di mana pada tempat itu ada accu atau aki dan bendik stater.

b. Mengeluarkan Bendik Stater

Seterusnya mengeluarkan bendik stater dari tempatnya supaya kita menjadi lebih bebas dalam menggenggam bendik staternya. Cara paling mudah untuk jumper bendik stater pada motor vario 110 dengan menyambungkan kutub positif dan negatif pada bendik.

Kita bisa kerjakan secara memakai tang seperti gambar berikut ini:

Harus diingat jika menjumper bendik stater sebagai salah satunya langkah pertama dalam
mengetahui perform dari bendik tersebut. Bila bendik stater rupanya sanggup menghidupkan mesin saat dijumper atau dikorsletkan, karena itu peluang bendik ini telah kurang kuat dan harus ditukar.

Selainnya dengan menukar bendik, kita dapat membenarkan mekanisme stater motor Vario 110 yang bendiknya kurang kuat dengan cara mengganti lajur perkabelan dari bendik ke CDI.

Diatas adalah ulasan terkait cara jumper bendik starter motor secara umum termasuk vario 110. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Ayo Cilacap - - - -