Fungsi Tutup Kepala Silinder: 2 Peran Dan Ulasan

Fungsi Tutup Kepala Silinder Pada Mobil – Didalam mekanisme mesin kendaraan terdapat berbagai bagian yang memiliki peran penting, salah satunya tutup kepala silinder atau head cylinder cover. Lalu apa fungsi tutup kepala silinder?

Pada mesin pembakaran dalam, kepala silinder menjadi komponen penting karena block ini berada di atas block khusus yang didalamnya terdapat ruang bakar. Di dalam block kepala silinder ada beberapa komponen yangh tertempel, hingga fungsional cylinder head itu cukup penting.

Dengan pentingnya peran dari kepala silinder ini maka diperlu bagian lain yang digunakan untuk melindungi bagian tersebut. Oleh karena itu dibuat tutup kepala silinder. Untuk lebih jelasnya terkait fungsi tutup kepala silinder atau head cylinder cover akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

fungsi tutup kepala silinder

Fungsi Tutup Kepala Silinder (Cylinder Head Cover)

Sesuai dengan ulasan sebelumnya bahwasanya dibagian head cylinder atau kepala silinder terdapat berbagai bagian yang sangat penting. Oleh karena itu diperlukan pelindung dengan menempatkan sebuah tutup dibagian atasnya. Berikut fungsi dari tutup kepala silinder atau head cylinder cover yaitu:

  1. Membuat perlindungan proses katup yang selalu bergerak
  2. Membuat perlindungan minyak pelumas supaya tidak menyiprat keluar saat memulasi proses katup

Untuk dapat melaksanakan peran tersebut maka tutup kepala silinder dibuat dari bahan gabungan besi dan alumunium. Hal ini memiliki tujuan agar bagian ini dapat menyerap dan menyebarkan panas dengan baik.

Baca Juga  Fungsi Pegas, Dan Jenis - Jenisnya Pada Sistem Suspensi

Apabila ingin mengetahui letak dari tutup kepala silinder maka komponen ini berada di atas cylinder head atau kepala cilinder. Tempatnya bagian teratas dari engine terpisah dari kepala silinder (cylinder head).

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada Cylinder Head Cover

Setelah mengetahui peran dari tutup kepala silinder atau head cylinder cover maka perlu diketahui pula kerusakan kerusakan yang sering terjadi. Permasalahan yang ada dari head cylinder cover adalah oli mesin yang rembes atau justru meler dan menetes dari ikatan di antara cover dan head-nya. Penyebab kerusakan pada cylinder head cover atau tutup kepala silinder yaitu:

  1. Mur kurang kuat putarannya
  2. Drat/ulir baut tanam (tusuk sate/cylinder stud) telah aus/dol
  3. Salah memasang ring tembaga/alumunium (logam lunak) pada baut yang lubangnya sekalibus jadi aliran oli.
  4. Seal karet telah keras/kaku/getas, hingga tidak sanggup mengusapt dengan baik.
  5. Seal karet terjepit (tidak dipasang prima) hingga tersisa sela, dan oli mesin keluar sela itu.

Cara mengatasi kerusakan pada cylinder head cover adalah dengan melakukan penempatan secara normal (pas/tidak salah memasang). Bila kurang kuat yang ditambahkan putarannya sedikit (disarankan memakai kunci torsi), drat aus ya ditukar. Untuk seal karet yang getas, bila tidak dapat menukar sama yang baru, dapat pakai sealer tahan panas untuk mencegah kebocoran.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi tutup kepala silinder atau head cylinder cover. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Baca Juga  Jumlah Gigi Rasio Vespa Excel: Rasio Dan Fungsi

Ayo Cilacap - - - -