Heater Pada Sistem AC Berfungsi Sebagai: Peran & Cara Kerja

Heater Pada Sistem AC Berfungsi Sebagai – Dalam penggunaan sistem ac memiliki dua fungsi, salah satunya sebagai heater atau pemanas. Lalu heater pada sistem ac berfungsi sebagai?

Sistem AC sebagai sistem tambahan yang ada pada kendaraan mobil. Mekanisme ini dipakai untuk menambahkan kenyamanan pengendara saat ada dalam mobil. Sistem AC sendiri kepanjangan dari Air Conditioner yang maknanya sistem yang atur keadaan udara.

Sistem AC mempunyai fungsi untuk atur suhu udara, atur kelembapan udara, mensirkulasikan udara dalam ruang kendaraan dan untuk bersihkan udara.

Kebalikannya, jika suhu dalam kabin kendaraan benar-benar rendah maka membuat pengendara jadi kedinginan dan tidak nyaman. Oleh karenanya suhu udara harus dinaikkan supaya udara jadi hangat. Untuk lebih jelasnya terkait heater pada sistem ac berfungsi sebagai apa, dan cara kerja heater akan diulas pada artikel berikut ini.

heater pada sistem ac berfungsi sebagai

Heater Pada Sistem AC Berfungsi Sebagai?

Selainnya untuk mendinginkan udara, di dalam elemen AC mobil ada Heater. Heater pada sistem ac berfungsi sebagai pemanas udara saat angin yang diembuskan oleh blower melalui heater. Heater memperoleh panas yang dari aliran radiator pada mesin mobil.

Elemen Heater pada AC mobil kerap diketemukan pada mobil dari Negara yang mempunyai temperatur udara dingin hingga berfungsi sebagai penghangat dalam kabin mobil.

Heater pada sistem ac berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menghangatkan udara dalam mobil. Ada banyak type heater yang dipakai pada kendaraan, diantaranya ialah heater dengan manfaatkan air panas radiator mobil (hot water heater), heater dengan manfaatkan panas dari pembakaran (combustion heater) dan heater yang manfaatkan panas dari gas buang hasil pembakaran (exhaust heater).

Baca Juga  Keuntungan Dan Kerugian Kopling Tipe Coil Dan Diafragma Spring

Pada ke-3 type heater itu, type heater yang sering dipakai ialah heater type hot water heater. Pada type ini, panas dari air pendingin akan disebarkan lewat heater core supaya heater core jadi panas. Panas ini selanjutnya akan diembuskan ke ruangan kabin kendaraan dengan memakai blower.

Jenis Tipe Heater

Ada banyak type heater yang dipakai pada kendaraan, diantaranya ialah heater dengan manfaatkan air panas radiator mobil (hot water heater), heater dengan manfaatkan panas dari pembakaran (combustion heater) dan heater yang manfaatkan panas dari gas buang hasil pembakaran (exhaust heater).

Pada ke-3 type heater itu, type heater yang sering dipakai ialah heater type hot water heater. Hingga pada makalah di sini akan kami terangkan berkenaan heater dengan manfaatkan air panas pada radiator mobil. Pada type ini, panas dari air pendingin akan disebarkan lewat heater core supaya heater core jadi panas. Panas ini selanjutnya akan diembuskan ke ruangan kabin kendaraan dengan memakai blower.

Cara Kerja Heater Sistem AC

Setelah mengetahui heater pada sistem ac berfungsi sebagai apa maka perlu diketahui juga cara kerja heater. Cara kerja Pemanas Ruangan (Car Heater) sebetulnya benar-benar simpel. Sebuah pemanas mobil direncanakan untuk menghangatkan kabin penumpang mobil, sistem ini manfaatkan kelebihan panas proses dari pembakaran intern mesin.

cara kerja heater

Sebuah mesin mobil, pada realitanya, saat bekerja hasilkan panas berlebihan hingga bila panas berlebihan tidak ditiadakan, akan menghancurkan mesin. pemanas telah dipasang dalam mobil dan udara ditiupkan lewat sirip pokok. Selang pendingin mesin pemanas transfer ke pokok pemanas, ini memungkinkannya panas dari pendingin mesin yang hendak dipakai dan hangat udara kompartemen penumpang.

Baca Juga  Jenis Mur dan Baut (Nut and Bolt) : 23 Jenis & Ulasannya

Panas ditransfer turunkan temperatur pendingin cair, yang selanjutnya disebarkan kembali lagi ke mesin mempernyerap panas berlebihan kembali, sistem kontinu. Dan radiator berada di grill depan mobil anda, unit yang transfer panas ke kabin penumpang (pokok pemanas) berada dalam dasbor. Unit, suatu hal dari radiator mini, disebutkan sebagai pokok pemanas.

Dipanaskan pendingin cair bersirkulasi lewat tabung dalam pokok pemanas, dan kipas pemanas tabung yang bertiup di semua, dan lewat sirip kecil membuntel tabung, arahkan kehangatan lewat sirkulasi pemanas ke kabin penumpang mobil Anda.

Diatas adalah ulasan terkait heater pada sistem ac berfungsi sebagai apa dan cara kerja heater akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.