Cara Mengetahui Kaki Kaki Mobil Rusak: 10 Ciri & Ulasan

cara mengetahui kaki kaki mobil rusak

Cara Mengetahui Kaki Kaki Mobil Rusak – Kaki-kaki mobil ialah sisi paling rawan rusak dari sebuah kendaraan. Sisi ini berperan memantapkan pengaturan hingga akan terus bergerak sepanjang kendaraan digerakkan. Lalu bagaimana cara mengetahui kaki kaki mobil rusak?

Apabila kaki kaki mobil rusak akan memberikan berbagai tanda atau gejala. Ciri kaki kaki mobil rusak ini akan muncul ketika kendaraan berjalan seperti tidak stabil, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, agar tidak mengganggu kenyamanan diperlukan cara untuk mengetahui kaki kaki mobil rusak. Berikut ulasan cara mengetahui kaki kaki mobil yang rusak yang akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara mengetahui kaki kaki mobil rusak

Cara Mengetahui Kaki Kaki Mobil Rusak

Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk mengetahui gejala atau ciri kaki kaki mobil rusak diantaranya yaitu:

1. Arah roda berbeda

Salah satunya cara untuk mengetahui kaki-kaki mobil rusak yaitu dengan menyaksikan arah gerakan roda. Jika saat berkendaraan Anda rasakan roda tidak konstan, mengarah ke kiri dan kanan, dan mobil berasa melayang-layang dituruti kemudi yang dirasa liar, karena itu maknanya peranan tie rod mobil telah rusak.

Harus dipahami, pada mobil dengan mekanisme setir rak and pinion, sisi tie rod end dan long tie rod ialah elemen yang paling mudah terusik . Maka, jika AutoFamily rasakan arah roda berbeda saat memakai mobil, itu maknanya perlu lakukan pengujian pada tie rod.

​​​2. Tapak ban tergerus

Tapak ban tergerus dapat menjadi salah satunya tanda atau cara mengetahui jika kaki-kaki mobil Anda rusak. Biasanya, permukaan tapak ban tergerus tidak rata (bergelombang sejalan dengan perputaran roda) disebabkan karena rusaknya shockbreaker. Selainnya punya pengaruh pada peranan ban, kerusakan shockbreaker mengakibatkan serapan oli menetes ke luar dari elemen itu.

Cara mengetahui kaki-kaki mobil rusak pada bagian shockbreaker dengan memacu ujung kap mesin atau bagasi mobil seringkali memakai tangan. Jika mobil cuman berayun sekali sesudah penekanan tangan dilepaskan dari kap, itu pertanda shockbreaker Anda baik. Tetapi, jika mobil sampai berayun seringkali, karena itu sudah tentu shockbreaker rusak dan perlu ditukar.

3. Muncul bunyi dan roda bergoyang

Apabila roda mobil kurang konstan dan bergoyang saat melewati jalan bergelombang dan berlubang dapat menjadi salah satu cara atau gejala untuk mengetahui kaki kaki mobil rusak. Kemungkinan dapat terjadi permasalahan pada kaki kaki mobil, yakni di bagian ball joint.

Baca Juga  Efek Tidak Ganti Busi Motor : 7 Dampak Dan Ulasan

Saat ball joint telah mengalami kerusakan, karena itu tanda-tanda awalan yang teridentifikasi ialah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek dan roda bergoyang saat di jalanan tidak rata. Getaran pada roda ini bisa juga merambat ke sisi lingkar kemudi yang turut tidak konstan.

4. Ada suara dengung

Cara mengetahui kaki-kaki mobil yang alami kerusakan yang selanjutnya dengan dengarkan munculnya bunyi dengung. Berlainan dari kerusakan yang lain mengakibatkan suara keras dan mengusik, permasalahan pada kaki-kaki mobil, khususnya pada bagian bearing, akan munculkan bunyi dengung. Tanda yang lain bisa juga berbentuk bunyi serupa logam terkikis saat Anda memakai mobil dalam kecepatan relatif rendah.

Untuk menentukannya, Anda dapat berbelokkan roda saat mobil jalan. Jika saat mobil diarahkan ke kiri, suara dengung lenyap, itu pertanda bearing segi kiri yang rusak. Kebalikannya, jika mobil digerakkan ke kanan dan suara dengung lenyap, pertanda bearing segi kanan yang rusak.

5. Mobil sempoyong saat di kelokan

Jika mobil berasa sempoyong saat ada di kelokan, itu dapat digunakan sebagai tanda atau cara mengetahui kaki-kaki mobil yang rusak. Elemen simpatisan yang diartikan ialah bushing, seperti stabilizer dan swing arm.

Komponen tersebut fungsinya untuk memantapkan pergerakan kendaraan saat di kelokan. Jika bushing ini rusak, maka ada suara kletek-kletek, mobil berasa melayang-layang, dan sempoyong saat harus membelok.

6. Per memiliki masalah

Per mobil sebetulnya terhitung elemen yang jarang-jarang sekali alami permasalahan. Namun, tidak tutup peluang ada kerusakan pada elemen ini. Seharusnya, tidak meremehkan sisi per karena jika sudah rusak, tanda-tandanya condong sulit diketahui sampai mengakibatkan per daun dan per keong patah.

Jika sampai per daun dan per keong patah, karena itu secara automatis sisi kaki-kaki mobil akan turut memiliki masalah. Cara mengetahui kaki-kaki mobil memiliki masalah atau rusak pada bagian per ialah suara berderit dan dampak bunyi seperti menggerus. Umumnya, tanda-tanda ini akan ada pada per daun. Dan, jika permasalahannya di per keong, jadi tidak ada pertanda yang diakibatkan sampai mendadak per itu patah.

7. Ban aus

Keadaan ban aus sebetulnya terkait dengan rusaknya sisi kaki-kaki mobil. Tetapi, hal itu jarang-jarang dimengerti oleh pemilik kendaraan karena menduga pemicunya ialah salah menempatkan ban.

Apabila mendapati ban kendaraan aus, dengan ciri ausnya tidak rata dan terjadi sampai ke telapak sisi dalam, selekasnya tangani permasalahan itu dengan menukar ban. Jika sudah ditukar, yakinkan untuk jaga penekanan angin seperti yang direferensikan untuk setiap bannya. ​​​​​​

Baca Juga  Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk: 11 Faktor & Perbaikan

8. Spooring berbeda

Spooring mobil ialah setel pojok kesesuaian roda dengan permukaan jalan. Tiap mobil umumnya akan jalani service spooring teratur untuk menyesuaikan roda dengan jalanan. Namun, jika arah pojok kesesuaian roda kelihatan berbeda saat service spooring walau beberapa kali sudah dilaksanakan sinkronisasi, itu pertanda kaki-kaki mobil Anda memiliki masalah.

Cara mengetahui kaki-kaki mobil rusak lewat spooring dengan tempatkan kemudi pada keadaan lempeng. Selanjutnya, coba lakukan mobil pada kecepatan sedang, 40-60 km/jam. Jika saat meluncur teridentifikasi arah mobil meleset atau cenderung ke segi kiri dan kanan, karena itu Anda dapat lakukan spooring. Tetapi jika sudah usai spooring dan mobil masih tetap cenderung berat ke kiri atau kanan, karena itu dapat ditegaskan kaki-kaki mobil memiliki masalah.

9. Velg peyok atau rengat

Seterusnya, tanda kaki-kaki mobil yang rusak dapat Anda check dengan menyaksikan keadaan velg kendaraan. Jika di luar keadaan fisiknya alami kerusakan, seakan ada pertanda rengat, penyok, dan seakan beberapa luka, karena itu sudah tentu terjadi permasalahan.

Anda sebagai pemilik mobil harus melakukan tindakan cepat dengan lakukan pergantian velg ke elemen baru atau melakukan perbaikan di bengkel yang layani repair velg. Jika tidak segera diperbarui, velg penyok akan membuat kendalian mobil tidak konstan dan mencelakakan sopir didalamnya.

10. Rem berasa tidak nikmat

Untuk mengetahui kaki-kaki mobil rusak yang paling akhir ialah lewat rem. Jika rem berasa kurang nyaman saat diinjak, karenanya pertanda ada permasalahan. AutoFamily dapat coba dua cara baik menguji keadaan kaki-kaki mobil lewat peranan rem. Pertama, pencet dengan teratur pedal rem saat mobil pada keadaan stop. Bila berasa cukup memantul, karenanya pertanda sedikit ada udara dalam alirannya.

Ke-2 , lakukan mobil dalam kecepatan sedang di antara 40-60 km/jam, selanjutnya pijak rem. Jika perlu tenaga semakin banyak untuk mencapai pedal rem untuk hentikan mobil, karena itu peluang booster rem rusak. Tetapi, juga bisa pemicunya ialah minyak rem kurang dengan tanda pijakan pedal rem ke-2 lebih berat dibanding yang pertama.

Diatas adalah ulasan terkait ciri atau cara mengetahui kaki kaki mobil rusak. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.