Fungsi Sepatu Rem: Peran Dan Cara Kerja

Fungsi Sepatu Rem – Setiap tipe rem ada elemen yang namanya sepatu rem. Lalu apa fungsi sepatu rem pada sistem rem kendaraan?

Ada dua tipe rem yang kerap dipakai pada kendaraan, yakni rem tromol (rem drum) dan rem cakram. Rem cakram mempunyai keunggulan dari sisi pengereman yang optimal.

Dan rem tromol sanggup meredam beban lebih berat karena mempunyai sepatu rem yang lebih lebar dari kampas pada rem cakram. Untuk lebih jelasnya terkait peran sepatu rem pada kendaraan akan diulas pada artikel berikut ini.

fungsi sepatu rem

Fungsi Sepatu Rem Pada Sistem Rem Kendaraan

Elemen pengereman di mobil sebagai satu mekanisme yang penting. Fungsi dari mekanisme pengereman barusan tentu saja untuk kurangi kecepatan kendaraan saat bergerak. Salah satunya elemen yang ada di mekanisme pengereman adalah brake shoe atau sepatu rem.

Fungsi sepatu rem adalah sebagai sisi di mana kampas rem untuk tromol melekat. Harus diingat jika brake shoe dan brake pad itu berlainan. Brake pad adalah sepatu rem yang digunakan untuk rem cakram. Sementara itu brake shoe adalah seaptu rem untuk mode tromol. Perannya sama, untuk pengereman.

Cara Kerja Kampas Rem

Baik brake pad maupun brake shoe, kedua benda ini mempunyai fungsi yang serupa, tetapi langkah kerjanya berlainan. Jika brake pad, kampas menjepit piringan cakram supaya pergerakan mobil dapat menyusut. Dan brake shoe, ia akan tekan ke segi luar dari tromol. Mangkok tromol sendiri turut berputar-putar dengan roda, hingga saat rem diinjak, brake shoe akan tekan ke segi luar, bersinggungan dengan mangkok tromol dan kecepatan kendaraan jadi menyusut.

Baca Juga  Kepala Silinder Terletak Di Atas Apa: Lokasi Dan Ulasan

Pada rem tromol, sepatu rem berperan sebagai dudukan kampas rem. Pada mekanisme rem tromol, ada sepasang sepatu rem yang berupa 1/2 lingkaran. Bila dipadukan, sepasang sepatu ini akan hasilkan sebuah lingkaran prima yang terletak pada bagian dalam tromol (drum) rem.

Di dekat sepatu rem, ada brake lining yang berperan sebagai sektor pengereman. Saat pedal rem diinjak, karena itu perputaran roda akan melamban. Gesekan brake lining dengan tromol selanjutnya diganti jadi energi panas yang diserap oleh tromol.

Diatas adalah fungsi sepatu rem pada sistem rem kendaraan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.